EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE CARD SORT GUNA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IX 4 MTsN 5 KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/eej.v3i1.861Keywords:
Efektivitas, Card Sort, Minat Belajar, Hasil BelajarAbstract
Siswa yang memiliki minat belajar tinggi akan melakukan kegiatan lebih banyak dan lebih cepat, dibandingkan dengan siswa yang kurang termotivasi dalam belajar. Minat belajar yang menjadikan siswa meraih prestasinya bukan hanya berasala dari dalam diri siswa tersebut tetapi juga disebabkan oleh segala hal yang memengaruhi kegiatan belajar mereka seperti guru yang mengajar, kurikulum mata pelajaran, sarana dan prasarana, latar belakang keluarga, lingkungan masyarakat, lingkungan sekolah, fisik dan rohani siswa, strategi dan serta metode yang diterapkan untuk melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran aktif model Card Short merupakan pembelajaran yang menekankan keaktifan siswa, dimana dalam pembelajaran ini setiap siswa diberi kartu indeks yang berisi informasi tentang materi yang akan dibahas, kemudian siswa mengelompok sesuai dengan kartu indeks yang dimilikinya. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian akan dilakukan dalam dua siklus, dan dalam tiap siklusnya terdiri atas empat tindakan yaitu perencana, tindakan observasi dan refleksi.
References
Ahmad Shabri (2005) . Strategi Belajar Mengajar dan Micro Teaching, Jakarta: Quantum Teaching
Dimyati, Mudjiono, (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Harjanto. (2008). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kemmis, S dan R. Mc Taggart. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Nasution. (2002). Metode Research Penelitian Ilmiah, Jakarta: Bumi Aksara
Sardiman A. M (2007) Interaksi dan Motivasi Belajar Cetakan ke19. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : PT Rineka Cipta
Suharmini Arikunto (2006) Prosedur Suatu Penelitian: Pendekatan Praktek, Edisi Revisi Kelima.
Yamin, Martinis. 2007. Profesionalisasi Guru & Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung. Persada Press.Agus. Suprijono (2009). Cooperative Learning. Surabaya: Pustaka Pelajar. Al Rasyid
Zaini. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Agama. Islam Negeri Sunan Kalijaga.