PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE NUMBER HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IX.2 MTsN KURANJI KOTA PADANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Gusmalinda MTsN 5 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.877

Keywords:

Aktivitas, Hasil Belajar, Number Head Together

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah Apakah pembelajaran Metode Numbered Head Together dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Pada pembelajaran IPA Di Kelas IX.2 MTsN Kuranji Kota Padang Tahun Pembelajaran 2014/2015. Alternatif pemecahan masalah adalah pemanfaatan pembelajaran dengan menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together. Berdasarkan analisis tes observasi siklus I pertemuan pertama dapat diberikan gambaran bahwa siswa yang memperoleh ketuntasan belajar berjumlah 33 siswa, sedangkan yang belum tuntas berjumlah 4 siswa. Pada pertemuan kedua ketuntasan belajar siswa yang tuntas berjumlah 37 siswa dari 37 siswa. Pelaksanaan tindakan siklus II jika ditinjau dari segi proses pembelajaran semakin meningkat bila dibandingkan dengan pelaksanaan sebelumnaya hal ini membawa pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

References

Herma Hudojo, Strategi Belajar Mengajar, (Malang: IKIP 1990)

Trianto. Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan
Implementasinya pada KTSP (+CD) Tahun 2009 halaman 390 Penerbit Prenada
Media Grup

Dierch (dalam Hamalik, 2001:172) Proses Belajar Mengajar.Jakarta .Bumi Aksara

Lundgren dalam Ibrahim (2000: 18), Kumpulan Tesis

Downloads

Published

2021-07-31

How to Cite

Gusmalinda. (2021). PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI METODE NUMBER HEAD TOGETHER DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IX.2 MTsN KURANJI KOTA PADANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Ekasakti Educational Journal, 1(2), 365–371. https://doi.org/10.31933/eej.v1i2.877