MODEL PEMBELAJARAN IPA (STAD, TGT, JIGSAW)

Authors

  • Gusmalinda MTsN 5 Kota Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.863

Keywords:

STAND, TGT, JIGSAW, Model, Pembelajaran

Abstract

Dalam upaya memotivasi dan meningkatkan keaktifan siswa maka ada tiga model pembelajaran yang dapat di terapkan dalam proses pengajaran yaitu STAND (Student Team Achievement Division), TGT (Team Games Tournament), JIGSAW yaitu teknik pembelajaran kooperatif di mana siswa, bukan guru, yang memiliki tanggung jawab lebih besar dalam melaksanakan pembelajaran. Penelitian penulis adalah model pembelajaran STAND, TGT dan JIGSAW. Metode penelitian yang diguanakan adalah library research yaitu penelitian yang obyek kajiannya menggunakan data pustaka berupa buku-buku sebagai sumber datanya dan Internet searching yaitu proses pencarian data melalui media internet untuk memperoleh informasi berdasarkan referensi, jurnal, artikel ataupun perundang-undangan secara online yang berkaitan objek penelitian. Penelitian ini bersifat deskriptif yaitu suatu usaha untuk menggambarkan tentang model pembelajaran STAND, TGT dan JIGSAW.

References

Dierch (dalam Hamalik, 2001:172) Proses Belajar Mengajar, Jakarta, Bumi Aksara

Herma Hudojo, Strategi Belajar Mengajar, (Malang: IKIP 1990)

Lundgren Dalam Ibrahim (2009:18) Kumpulan Tesis

Trianto, Model Pembelajaran Inovasi-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada KTSP (+CD) Tahun 2009 halaman 390 penerbit Prenada Media Grup

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Gusmalinda. (2022). MODEL PEMBELAJARAN IPA (STAD, TGT, JIGSAW). Ekasakti Educational Journal, 2(2), 277–288. https://doi.org/10.31933/eej.v2i2.863