JANDA DALAM PERSPEKTIF PATRIARKI DAN KAUM MISOGINI DALAM TIKTOK
Analisis Semiotika Roland Barthes
Keywords:
Janda, Patriarki Dan Misogini, Semiotika Roland BarthesAbstract
Budaya Patriarki Dan Kaum Misogini mempengaruhi pandangan dan perlakuan terhadap janda di indonesia. Budaya patriarki di indonesia menyebabkan perempuan sering mengalami kekerasan dalam rumah tangga, pelecehan seksual, angka pernikahan dini, dan stigma mengenai perceraian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan analisis semiotika Roland Barthes. Dalam analisis semiotika Roland Barthes ini peneliti menganalisis tiga tanda yaitu visual, verbal, serta audio, yang kemudian akan dihubungkan sehingga nantinya akan didapatkan makna denotatif,konotatif dan mitos. Oleh karena itu penulis akan menganalisis deskripsi pengungkapan Perspektif Budaya Patriarki Dan Kaum Misogini yang digambarkan yang ada dalam pandangan masyarakat terhadap Budaya Patriarki Dan Kuam Misogini ini melalui makna denotasi, konotasi, dan mitos. Penulis melakukan analisis per video yang menampilkan unsur-unsur Perspektif Budaya Patriarki Dan Kaum Misogini dan akan menjabarkan pembahasan secara mendalam mengenai analisis semiotika Perspektif Budaya Patriarki Dan Kaum Misogini Dalam Platform TikTok dengan menggunakan teori analisis Roland Barthes.
References
Ade Irma Sakina dan Dessy Hasanah Siti A.2. Mahasiswa Program Studi Ilmu Kesejahteraan Sosial Universitas Padjadjaran , Departemen Kesejahteraan Sosial Universitas Padjadjaran.
Alex, S. (2003). Semiotika komunikasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Barthes, R. (2012). Elemen-elemen semiologi. Basabasi.
Anggraini Karina. 2017, Analisis Semiotika Logo SUNMORE. Skripsi Mahasiswa Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Pasundan. Bandung.
Diharjo, S. M. (2019). Dinamika Perubahan Sosial dalam Teori Konflik. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 5(1), 1-17.
Diharjo, S. M. (2019). Politisi Dan Pemanfaatan Media Sosial. Jurnal Ilmu Komunikasi danBisnis, 5(1), 77-95.
Diharjo, S. M., & Sepnafahendry, R. (2021). ANALISIS WACANA KRITIS FILM DOKUMENTER“SEXY KILLERS” KARYA SUTRADARA DANDHY DWI LAKSONO. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 6(2), 269-278.
Febriani, E., & Syas, M. (2020). Nilai Kemanusiaan dalam Foto Jurnalistik tentang ErupsiGunung Agung, Bali di kompas. com. Jurnal ISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.
Gita Rama Mahardhika , Mahasiswa S-1 Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Angkatan 2018 Reporter ITS Online.
Gultom, S. D. A. (2018). Resistensi Janda Batak Terhadap Dominasi Sistem Patriaki BudayaBatak Di Surabaya (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS AIRLANGGA).
https://id.wikipedia.org/wiki/Misogini https://chat.openai.com/share/9a34d9f1-a483-4cf4-86ed-865b75270ca5
Moleong, L. J. (2006). Metodologi penelitian kualitatif. Bandung: Rosdakarya. Nugraha, F., & Hum, M (2014). Metode penelitian kualitatif. Solo: Cakra Books.Nazir, Muhammad. 19998. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Mudjiono, Y. (2020). Kajian Semiotika dalam Musik Video. Jurnal Ilmu Komunikasi. Nurdiansyah, C. (2018). Analisa Semiotik Makna Motivasi Berkarya Lirik Lagu Zona Nyaman Karya Fourtwenty. Jurnal Komunikasi.
Pratista, H. (2008). Memahami MV. Homerian Pustaka.
Qurratul Ainiyah, “Urgensi Pendidikan Perempuan dalam Menghadapi Masyarakat Modern”, Halaqa: Islamic Education Journal, 1(2) 2017.
Rokhmansyah alfian, Pengantar Gender dan Feminisme, (Yogyakarta, Penerbit Garudhawaca:2013)
Roza, Novriani. 2018. Padang. Analisis Iklan Extra Joss Versi Ceplas Ceplos. Fakultas IlmuSosial dan Ilmu Politik, Universitas Ekasakti.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sobur, A. (2017). Semiotika komunikasi. Remaja Karya.
Sumartono, S. (2018). Budaya Politik Dalam Masyarakat Pragmatis. LUGAS Jurnal Komunikasi, 2(1), 20-26.
Sumartono, S., & Megawati, M. (2022). Komunikasi Antarpersona Hubungan Jarak Jauh. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 7(2), 233-242.
Sumartono, S., Ferdinal, F., Takdir, M., & Weriza, J. (2023). Analisis Semiotika Lirik LaguTanah Pusako. Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, 8(2), 165-171.
Usman, Husaini dan Purnomo Setiady Akbar. 2004. Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Vera, N. (2014). Semiotika dalam riset komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zumiarti, Fetri Reni, Riswanto Bakhtiar, Wahyu fitri, Rajwa Nu’ma Nabilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).