Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Media 3 Dimensi di SMPN 4 Sutera Kab Pesisir Selatan

Authors

  • Waza Karia Akbar Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Jaenam Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Erita Universitas PGRISumatera Barat
  • Intan Safnil Hadipa Universitas PGRISumatera Barat
  • Maisya Mariska Universitas PGRISumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i1.1201

Keywords:

Media, Pembelajaran, 3D

Abstract

Dengan menggunakan media sebuah proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan lancar. Media 3 dimensi adalah media yang disajikan secara visual dalam bentuk tiga dimensi, tanpa menggunakan proyeksi. Media 3 dimensi bisa berbentuk benda asli atau tiruan dari benda asli, dan memiliki dimensi panjang, lebar, dan tinggi. Media 3 dimensi dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk menyampaikan informasi kepada siswa. Media 3 dimensi dapat membantu siswa untuk menangkap apa yang disampaikan oleh guru di kelas, sehingga siswa dapat menuangkan ide dari apa yang mereka lihat. Beberapa contoh media 3 dimensi yang sering digunakan dalam pengajaran adalah model dan boneka. Model merupakan tiruan tiga dimensi dari objek nyata yang terlalu besar, terlalu jauh, terlalu kecil, terlalu mahal, terlalu jarang, atau terlalu ruwet untuk dibawa ke dalam kelas. Media 3 dimensi memiliki beberapa kelebihan, namun juga memiliki kekurangan, yaitu: Tidak ada fitur tambahan seperti video. Tidak ada informasi atau penjelasan konsep-konsep materi pembelajaran.

References

Afrizal (2014) Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Akbar, W. K., & Rahayu, S. (2021). Pengabdian Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Elearning Di Sd Muhammadiyah 05 Ketaping Kecamatan Kuranji Kota Padang: Google Classroom. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(1), 12-18.

Erita, E., & Jaenam, J. (2023). Assistance For The Use Of Local Wisdom-Based Learning Media. Human: Journal of Community and Public Service, 2(2).

Rostina, M., Wahyuni, Y. S., & Akbar, W. K. (2021). Dampak Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Perubahan Sikap Dan Prilaku Siswa Pada Pembelajaran Daring Pada Saat Pandemi Covid-19: Studi Khasus Pada Mata Pembelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 1 Sutera. Science And Research Journal Of Mai Wandeu, 1(1), 97-105.

Utami, R., Harisnawati, H., & Akbar, W. K. (2022). Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah Di Desa Sukadamai Kecamatan Rimbo Ulu Kabupaten Tebo Provinsi Jambi. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 5387-5397.

Yuhelna, Sri Rahmadani, dan W. K. A. (2021) „Penguatan Peran Perempuan Dalam Pengelolaan Harta Pusaka Tinggi Di Minangkabau?, Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian (EJPP), 1(2), pp. 292–294.

Downloads

Published

2024-12-10

How to Cite

Karia Akbar, W., Jaenam, Erita, Safnil Hadipa, I., & Mariska, M. (2024). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Dengan Media 3 Dimensi di SMPN 4 Sutera Kab Pesisir Selatan. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 5(1), 18–22. https://doi.org/10.31933/ejpp.v5i1.1201