PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DI SMPN 5 KUBUNG

Authors

  • Waza Karia Akbar Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Jaenam Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Erita Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Harisnawati Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rifaldo Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v4i2.1073

Keywords:

Media, Pembelajaran, Literasi

Abstract

Meskipun beragam definisi tentang literasi media telah dikemukakan oleh banyak pihak, namun secara garis besar menyebutkan bahwa literasi media berhubungan dengan bagaimana khalayak dapat mengambil kontrol atas media. Literasi media merupakan skill untuk menilai makna dalam setiap jenis pesan, mengorganisasikan makna itu sehingga berguna, dan kemudian membangun pesan untuk disampaikan kepada orang lain. Intinya adalah literasi media berusaha memberikan kesadaran kritis bagi khalayak ketika berhadapan dengan media. Kesadaran kritis menjadi kata kunci bagi gerakan literasi media. Literasi media sendiri bertujuan untuk, terutama, memberikan kesadaran kritis terhadap khalayak sehingga lebih berdaya di hadapan media. Sementara produser juga mengkonstruksikan isi media. Media memengaruhi khalayak dalam level sosial dan individual. Meski demikian, khalayak memiliki kemampuan untuk meng-handle media. Kemampuan tersebut berkaitan dengan bagaimana memilih media yang tepat, mengatur penggunaan media, kemampuan untuk memobilisasi media, serta bagaimana menginterpretasikan isi media. Literasi media bergerak dalam keempat hubungan di atas.

References

Afrizal (2014) Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Akbar, W. K., & Rahayu, S. (2021). Pengabdian Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Elearning Di Sd Muhammadiyah 05 Ketaping Kecamatan Kuranji Kota Padang: Google Classroom. Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian, 2(1), 12-18.

Rostina, M., Wahyuni, Y. S., & Akbar, W. K. (2021). Dampak Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Perubahan Sikap Dan Prilaku Siswa Pada Pembelajaran Daring Pada Saat Pandemi Covid-19: Studi Khasus Pada Mata Pembelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 1 Sutera. Science And Research Journal Of Mai Wandeu, 1(1), 97-105.

Yuhelna, Sri Rahmadani, dan W. K. A. (2021) „Penguatan Peran Perempuan Dalam Pengelolaan Harta Pusaka Tinggi Di Minangkabau?, Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian (EJPP), 1(2), pp. 292–294.

Downloads

Published

2024-05-20

How to Cite

Waza Karia Akbar, Jaenam, Erita, Harisnawati, & Rifaldo. (2024). PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS LITERASI DI SMPN 5 KUBUNG. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 4(2), 172–176. https://doi.org/10.31933/ejpp.v4i2.1073