Pengabdian PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEARNING DI SD MUHAMMADIYAH 05 KETAPING KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG

Google Classroom

Authors

  • Waza Karia Akbar Program Studi Pendidikan IPS, STKIP PGRI, Sumatera Barat
  • Harisnawati Program Studi Pendidikan IPS, STKIP PGRI, Sumatera Barat
  • Sri Rahayu Program Studi Pendidikan IPS, STKIP PGRI, Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.397

Keywords:

Media Pembelajaran, elearning, Google Class Room, Media Pembelajaran, elearning, Google Class Room

Abstract

Dewasa ini perkembangan teknologi dan informasi yang terjadi di negara ini banyak memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan. Khususnya teknologi komputer dan internet, baik dari segi hardware maupun software, memberikan banyak tawaran dan pilihan bagi dunia pendidikan untuk menunjang proses pembelajaran. Keunggulannya tidak hanya terletak pada faktor kecepatan mendapatkan informasi tetapi juga fasilitas multimedia yang dapat membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif. Perkembangan teknologi informasi banyak digunakan untuk menunjang aktivitas manusia. Penguasaan seorang guru dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan tujuan agar setiap proses pembelajaran dapat terlaksana dengan baik di masa pandemi covid 19. Selain itu, guru dapat menguasai teknologi komunikasi khususnya dalam penggunaan e-learning google class room. Apalagi bagi semua guru saat ini yang merasa sangat membutuhkan kemampuan tersebut untuk berbagai kegiatan dalam proses pembelajaran. Sehingga tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pelatihan penguasaan guru dalam menggunakan media e-learning google class room yang digunakan dalam proses pembelajaran.

References

Afrizal (2014) Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Ambiyar, dkk (2020) Pembelajaran luring. Jawa Barat: Adanu Wiyata.

Mila Rostina, Yanti Sri Wahyuni, W. K. A. (2021) ‘Dampak Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Perubahan Sikap Dan Prilaku Siswa Pada Pembelajaran Daring Pada Saat Pandemi Covid-19 (Studi Khasus Pada Mata Pembelajaran Sosiologi Di SMA Negeri 1 Sutera)’, Science And Research Journal Of Mai Wandeu, 1(1), pp. 10–17.

Yuhelna, Sri Rahmadani, dan W. K. A. (2021) ‘PENGUATAN PERAN PEREMPUAN DALAM PENGELOLAAN HARTA PUSAKA TINGGI DI MINANGKABAU’, Ekasakti Jurnal Penelitian & Pengabdian (EJPP), 1(2), pp. 292–294.

Downloads

Published

2021-11-01

How to Cite

Waza Karia Akbar, Harisnawati, & Rahayu, S. . (2021). Pengabdian PENDAMPINGAN PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN ELEARNING DI SD MUHAMMADIYAH 05 KETAPING KECAMATAN KURANJI KOTA PADANG: Google Classroom. Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 2(1), 12–18. https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.397