PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI SMK NEGERI KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.414Keywords:
Kompetensi, Pelatihan, SMK, Tenaga AdministrasiAbstract
Dibalik keberaturan tata kelola sekolah yang menghasilkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajara selalu ada Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) yang bekerja dengan professional. Begitu pentingnya keberadaan TAS sehingga kualifikasi dan kompetensinya di atur melalui peraturan pemerintah (Permendiknas nomor 24 tahun 2008). Berbeda dengan guru, urgensi ruang lingkup kerja TAS dianggap masih berada di bawah tugas-tugas guru. Maka perhatian terhadap peningkatan kompetensi dan profesionalitas TAS baik dari pusat, pemerintah daerah, maupun pada unit terbawah yaitu sekolah masih sangat kurang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi TAS khususnya di SMK dalam mengelola, mengembangkan, dan memberikan layanan berbasis mutu di sekolah. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada TAS dalam melaksanakan layanan administrasi sekolah di masa pandemic COVID-19. Pelatihan ini mengadaptasi protocol kesehatan selama pandemic COVID-19 sehingga dilaksanakan secara daring menggunakan layanan zoom cloud meeting. Pelatihan ini terdiri dari dua segmentasi: (1) penyampaian materi dengan akumulasi 20 jam pelajaran dan (2) penugasan terbimbing dengan akumulasi 12 jam pelajaran. Efektivitas pelatihan diukur dari tanggapan peserta pelatihan terhadap angket efektivitas pelatihan dan penilaian pada hasil kerja peserta pada segmen penugasan terbimbing. Hasil evaluasi akhir dapat disimpulkan terdapatnya peningkatan pemahaman, keterampilan, dan produktivitas TAS dalam melaksanakan tugas masa pandemic COVID-19.
References
Achmadwati, W., Meirawan, D., & Rahyasih, Y. (2018). Pemanfaatan Sarana Prasarana Kerja, Self Capacity Building , Dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://Doi.Org/10.17509/Jap.V25i1.11566
Amanchukwu, R. N., Stanley, G. J., & Ololube, N. P. (2015). A Review Of Leadership Theories, Principles And Styles And Their Relevance To Educational Management. Management.
Bellei, C., Vanni, X., Valenzuela, J. P., & Contreras, D. (2016). School Improvement Trajectories: An Empirical Typology. School Effectiveness And School Improvement. Https://Doi.Org/10.1080/09243453.2015.1083038
Blau, I., & Presser, O. (2013). E-Leadership Of School Principals: Increasing School Effectiveness By A School Data Management System. British Journal Of Educational Technology. Https://Doi.Org/10.1111/Bjet.12088
Center, N. H. S. (2012). High School Improvement: Indicators Of Effectiveness And School-Level Benchmarks. National High School Center.
Cheng, Y. C. (1996). A School-Based Management Mechanism For School Effectiveness And Development. School Effectiveness And School Improvement. Https://Doi.Org/10.1080/0924345960070102
Ditjen Gtk. (2019). Modul Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Educational Leadership And Management : Theory, Policy, And Practice. (2007). South African Journal Of Education.
Faujiah, A. (2018). Service Excellence. Ekosiana: Jurnal Ekonomi Syari’ah. https://Doi.Org/10.30957/Ekosiana.V4i02.30
Ibrahim, A. (2014). Konsep Dasar Manajemen Perpustakaan Dalam Mewujudkan Mutu Layanan Prima Dengan Sistem Temu Kembali Informasi Berbasis Digital. Desember.
Kartiwi, A., & Sa’ud, U. (2015). Kualitas Layanan Akademik Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan Upi. Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V22i2.5387
Liana, N. A. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Peserta Didik Terhadap Layanan Pendidikan. Manajemen Pendidikan.
Nisa, H. (2016). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum. Https://Doi.Org/10.30762/Universum.V10i1.223
Nurlia. (2018). Strategi Pelayanan Dengan Konsep Service Excellent. Meraja Journal.
P3GTK. (2020). Tenaga Administrasi Sekolah (Tas) Merupakan Ujung Tombak Pelayanan Di Sekolah. https://P3gtk.Kemdikbud.Go.Id/Konten/Tenaga-Administrasi-Sekolah-Tas-Merupakan-Ujung-Tombak-Pelayanan-Di-Sekolah-71eaiptt
Rokhmah, N. A., & Anggorowati, A. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Praktek Kolaborasi Interprofesi Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Journal Of Health Studies. Https://Doi.Org/10.31101/Jhes.186
Samsirin. (2015). Konsep Mutu Dan Kepuasan Pelanggan Dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Ta’dib.
Shaylide, I. S. (2014). Pengaruh Mutu Layanan Akademik Dan Biaya Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Pendidikan Upi. Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V21i2.6671
Sumarsono, R. B. (2015). Profesionalitas Kepala Sekolah & Jaminan Mutu Pendidikan. In Tersedia Secara Online Di: http://Ap. Fip. Um. Ac. Id
Tjiptono, F. (2004). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. In Book.
Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah Xi Kalimantan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).