PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI SMK NEGERI KOTA PADANG

Authors

  • Susi Yuliastanty Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti
  • Hazlif Nazif Fakultas Teknik Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.414

Keywords:

Kompetensi, Pelatihan, SMK, Tenaga Administrasi

Abstract

Dibalik keberaturan tata kelola sekolah yang menghasilkan efektivitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajara selalu ada Tenaga Administrasi Sekolah (TAS) yang bekerja dengan professional. Begitu pentingnya keberadaan TAS sehingga kualifikasi dan kompetensinya di atur melalui peraturan pemerintah (Permendiknas nomor 24 tahun 2008). Berbeda dengan guru, urgensi ruang lingkup kerja TAS dianggap masih berada di bawah tugas-tugas guru. Maka perhatian terhadap peningkatan kompetensi dan profesionalitas TAS baik dari pusat, pemerintah daerah, maupun pada unit terbawah yaitu sekolah masih sangat kurang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi TAS khususnya di SMK dalam mengelola, mengembangkan, dan memberikan layanan berbasis mutu di sekolah. Kegiatan ini juga dimaksudkan untuk memberikan pelatihan kepada TAS dalam melaksanakan layanan administrasi sekolah di masa pandemic COVID-19. Pelatihan ini mengadaptasi protocol kesehatan selama pandemic COVID-19 sehingga dilaksanakan secara daring menggunakan layanan zoom cloud meeting. Pelatihan ini terdiri dari dua segmentasi: (1) penyampaian materi dengan akumulasi 20 jam pelajaran dan (2) penugasan terbimbing dengan akumulasi 12 jam pelajaran. Efektivitas pelatihan diukur dari tanggapan peserta pelatihan terhadap angket efektivitas pelatihan dan penilaian pada hasil kerja peserta pada segmen penugasan terbimbing. Hasil evaluasi akhir dapat disimpulkan terdapatnya peningkatan pemahaman, keterampilan, dan produktivitas TAS dalam melaksanakan tugas masa pandemic COVID-19.

References

Achmadwati, W., Meirawan, D., & Rahyasih, Y. (2018). Pemanfaatan Sarana Prasarana Kerja, Self Capacity Building , Dan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan. https://Doi.Org/10.17509/Jap.V25i1.11566

Amanchukwu, R. N., Stanley, G. J., & Ololube, N. P. (2015). A Review Of Leadership Theories, Principles And Styles And Their Relevance To Educational Management. Management.

Bellei, C., Vanni, X., Valenzuela, J. P., & Contreras, D. (2016). School Improvement Trajectories: An Empirical Typology. School Effectiveness And School Improvement. Https://Doi.Org/10.1080/09243453.2015.1083038

Blau, I., & Presser, O. (2013). E-Leadership Of School Principals: Increasing School Effectiveness By A School Data Management System. British Journal Of Educational Technology. Https://Doi.Org/10.1111/Bjet.12088

Center, N. H. S. (2012). High School Improvement: Indicators Of Effectiveness And School-Level Benchmarks. National High School Center.

Cheng, Y. C. (1996). A School-Based Management Mechanism For School Effectiveness And Development. School Effectiveness And School Improvement. Https://Doi.Org/10.1080/0924345960070102

Ditjen Gtk. (2019). Modul Bimbingan Teknis Peningkatan Kompetensi Tenaga Administrasi Sekolah. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Educational Leadership And Management : Theory, Policy, And Practice. (2007). South African Journal Of Education.

Faujiah, A. (2018). Service Excellence. Ekosiana: Jurnal Ekonomi Syari’ah. https://Doi.Org/10.30957/Ekosiana.V4i02.30

Ibrahim, A. (2014). Konsep Dasar Manajemen Perpustakaan Dalam Mewujudkan Mutu Layanan Prima Dengan Sistem Temu Kembali Informasi Berbasis Digital. Desember.

Kartiwi, A., & Sa’ud, U. (2015). Kualitas Layanan Akademik Sekolah. Jurnal Administrasi Pendidikan Upi. Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V22i2.5387

Liana, N. A. (2016). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Orang Tua Peserta Didik Terhadap Layanan Pendidikan. Manajemen Pendidikan.

Nisa, H. (2016). Komunikasi Yang Efektif Dalam Pendidikan Karakter. Universum. Https://Doi.Org/10.30762/Universum.V10i1.223

Nurlia. (2018). Strategi Pelayanan Dengan Konsep Service Excellent. Meraja Journal.

P3GTK. (2020). Tenaga Administrasi Sekolah (Tas) Merupakan Ujung Tombak Pelayanan Di Sekolah. https://P3gtk.Kemdikbud.Go.Id/Konten/Tenaga-Administrasi-Sekolah-Tas-Merupakan-Ujung-Tombak-Pelayanan-Di-Sekolah-71eaiptt

Rokhmah, N. A., & Anggorowati, A. (2017). Komunikasi Efektif Dalam Praktek Kolaborasi Interprofesi Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Journal Of Health Studies. Https://Doi.Org/10.31101/Jhes.186

Samsirin. (2015). Konsep Mutu Dan Kepuasan Pelanggan Dalam Pendidikan Islam. Jurnal At-Ta’dib.

Shaylide, I. S. (2014). Pengaruh Mutu Layanan Akademik Dan Biaya Pendidikan Terhadap Kepuasan Mahasiswa. Jurnal Administrasi Pendidikan Upi. Https://Doi.Org/10.17509/Jap.V21i2.6671

Sumarsono, R. B. (2015). Profesionalitas Kepala Sekolah & Jaminan Mutu Pendidikan. In Tersedia Secara Online Di: http://Ap. Fip. Um. Ac. Id

Tjiptono, F. (2004). Prinsip-Prinsip Total Quality Service. In Book.

Ushansyah. (2017). Pentingnya Administrasi Sekolah Untuk Kemajuan Pendidikan. Ittihad Jurnal Kopertais Wilayah Xi Kalimantan.

Downloads

Published

2021-11-12

How to Cite

Yuliastanty, S., & Hazlif Nazif. (2021). PELATIHAN PENINGKATAN KOMPETENSI TENAGA ADMINISTRASI SMK NEGERI KOTA PADANG . Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 2(1), 51–62. https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.414