PELATIHAN KOMPETENSI LITERASI INFORAMASI GURU SMK SUMATERA BARAT

Authors

  • Susi Yuliastanti Universitas Ekasakti
  • Hazlif Nazif Universitas Ekasakti
  • Erpidawati Univeristas Muhammadiyah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.625

Keywords:

Kompetensi Literasi Informasi, Pelatihan.

Abstract

Pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri Sumatera Barat masih belum optimal, penggunaan sarana dan media pembelajaran yang ada belum maksimal, meskiput disekolah sudah tersedia beberapa fasilitas wifi namun belum dapat dimanfaatkan dalam rangka mencari informasi yang berkaitan dengan informasi mata pelajaran yang diampu, selama masa pandemi diminta kesiapan guru dalam literasi informasi masih kurang. Keatifan siswa didalam pembelajaran masa pendemi covid-19 masih rendah, hal ini dapat ditinjau dari sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran di platform google dan classroom dan whatsap. Pelatihan yang diberikan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan literasi informasi berbasis big model. Hasil pelatihan mengambarkan bahwa ada perubahan pengetahuan dan keterampilan guru dalam memanfaatkan literasi informasi tertama di dalam proses pembelajaran, hasil pengabdian mengambarkan pemanfaat literasi informasi penguatan literasi informasi sebesar 81.30% dan menggunakan google clasroom sebesar 80.1%, dan pemahaman materi pengembangan kuat di dalam pembelajaran daring.

References

Andini, N. P. (2019). Harmonisasi Dalam Proses Pembelajaran di Era Milenial (Melek IT Vs Mengajar Dengan Hati). Indonesian Journal of Education and Learning, 3(1), 301–307. https://doi.org/10.31002/ijel.v3i1.1725
Acep Syaripudin, dkk. (2017). Kerangka literasi digital Indonesia, Kemenkominfo. Jakarta
Bruri, M. T. (2017). Pendidikan vokasi yang berada di jalur berbeda dengan pendidikan jalur akademi . pada abad 18-19 melalui industri empat seperti yang tersebutkan di. Tantangan Revolusi Industri Ke 4 (i4.0) Bagi Pendidikan Vokasi, 4, 1–5.
Jamal, S. (2020). Analisis Kesiapan Pembelajaran E-Learning Saat Pandemi Covid-19 Di Smk Negeri 1 Tambelangan. Jurnal Nalar Pendidikan, 8(1), 16. https://doi.org/10.26858/jnp.v8i1.13561
Jamun, Y. M. (2018). Dampak Teknologi Terhadap Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 10(1), 48–52.
Marina, R., & Prima, E. (2020). Stellarium as An Interactive Multimedia to Enhance Students’ Understanding and Motivation in Learning Solar System. In 7th Mathematics, Science and Computer Science Education International Seminar. Bandung: EAI. https://doi.org/10.4108/eai.12-10-2019.2296343
Pramudita Budiastuti. Penguatan literasi teknologi informasi melalui pelatihan pembelajaran daring bagi guru Sekolah Menengah Kejuruan Kota Lubuklinggau. Community Empowerment Vol.6 No.8 (2021) pp. 1504-1511 p-ISSN: 2614-4964 e-ISSN: 2621-4024
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi pendidikan abad 21 sebagai tuntutan pengembangan sumber daya manusia di era global. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016 (Vol. 1, hal. 263–278). Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.
Wilson, C., Grizzle, A., Tuazon, R., Akyempong, K., & Cheung, C. K. (2014). Media and information literacy curriculum for teachers. UNESCO Publishing.
Yusuf, A. R., & Mukhadis, A. (2018). Model Pengembangan Profesionalitas Guru Sesuai Tuntutan Revitalisasi Pendidikan Vokasi Di Indonesia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i2.1613

Downloads

Published

2022-07-12

How to Cite

Yuliastanti, S., Hazlif Nazif, & Erpidawati. (2022). PELATIHAN KOMPETENSI LITERASI INFORAMASI GURU SMK SUMATERA BARAT . Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 2(2), 122–126. https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.625