The Effect of Profitability, Firm Size and Growth Opportunity On The Value of Manufacturing Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange In 2017-2020

Authors

  • Meidama Gulo Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Dica Lady Sivera Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/epja.v2i3.1091

Keywords:

Profitability, Firm Size, Growth Opportunity, Firm Value

Abstract

This study discusses the effect of profitability, firm size and growth opportunity on firm value in Food and Beverage Sub-Sector Manufacturing Companies Listed on the Indonesia Stock Exchange in 2017-2020. Data processing in this research is using multiple regression model. The source of data in this study is secondary data obtained indirectly from data obtained from the company's annual financial report published on the Indonesia Stock Exchange website. The sample taken in this study used a purposive sampling technique. The results of the analysis of this study indicate that the profitability (ROA) variable partially has a significant effect on firm value (PBV) with a significance (0.016 <0.05). Firm size variable partially has no effect on firm value (PBV) with a significance (0.164 > 0.05, growth opportunity variable partially has a significant effect on firm value (PBV) with a significance (0.000 < 0.05). Simultaneous f test results profitability, firm size and growth opportunity simultaneously affect firm value (significantly 0.000 < 0.05).

References

Agus, Mangguluang. (2016). Statistik Lanjutan. Padang: Ekasakti Press.

Agus, S. (2017). Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: BPFE.

Arindita. (2015). Analisis Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Kebijakan Deviden dan Size terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ekonomika dan Bisnis, Universitas Diponegoro Semarang., 1.

Fahmi, I. (2017). Analisis Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, I. (2013). Ghozali, Imam (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Harjito, A. dan M. (2018). Manajemen Keuangan. Yogyakarta.

Harmono. (2015). Manajemen Keuangan Berbasis Balanced Scorecard Pendekatan Teori, Kasus, Dan Riset Bisnis Cetakan Pertama. Jakarta: Bumi Aksara.

Indriyani, E. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. Akuntabilitas, 10.

Keown, et al. (2017). Manajemen Keuangan (prinsip-prinsip dan aplikasi). Jakarta Barat: PT indeks kelompok Gramedia.

Marpuah, S., Sunardi, N., & Marjonah, M. (2021). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Growth Opportunity terhadap Nilai Perusahaan dengan Stuktur Modal Sebagai Variabel Moderating (Studi pada Perusahaaan Consumer Goods yang terdaftar di Bursa Efek.Indonesia.Tahun.2015-2019). Jurnal Sekuritas, 5. Diambil dari www.bps.go.id

Nurfina Pristianingrum. (2017). Pengaruh ukuran, profitabilitas dan pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 2.

Oktavia, R., & Fitria, A. (2019). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity Dan Struktut Modal Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 8.

Rizaldi, I. P. A., Mendra, N. P. Y., & Novitasari, L. G. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibility, Profitabilitas,Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Riset Akuntansi, 9.

Rizky Adhitya, S. dan N. F. N. (2017). Pengaruh pengungkapan CSR dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan (studi pada perusahaan sector pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2011- 2013). Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam.

Salvatore, D. (2016). Ekonomi Manajerial dalam Perekonomian. Global Buku 1 Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Savitri, D. A. M., Kurniasari, D., & Mbiliyora, A. (2021). Pengaruh Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Struktur Modal sebagai Variabel Intervening (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2019). Jurnal Akuntansi dan Pajak, 21.

Sekaran, U., & Roger, B. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua. Jakarta: Salemba Empat.

Sembiring, S., & Trisnawati, I. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Nilai Perusahaan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi, 21. Diambil dari http://jurnaltsm.id/index.php/JBA

Slamet, Zulvia, & Sekar. (2019). Pengaruh Kinerja Keuangan Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang Dimoderasi Variabel Ukuran Perusahaan, 8.

Sudana. (2015). Manajemen Keuangan Perusahaan Teori dan Praktik Edisi 2. Jakarta: Erlangga.

Supriyono. (2018). Akuntansi Keprilakuan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Gulo, M., & Lady Sivera, D. (2024). The Effect of Profitability, Firm Size and Growth Opportunity On The Value of Manufacturing Companies Listed On The Indonesia Stock Exchange In 2017-2020. EKASAKTI PARESO JURNAL AKUNTANSI, 2(3), 221–231. https://doi.org/10.31933/epja.v2i3.1091