Pengaruh Sales Growth, Tax Planning, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021)

Authors

  • Lidya Handa Riska Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Yulia Syafitri Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Meri Yani Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/epja.v2i3.1115

Keywords:

Sales Growth, Tax Planning, Company Size, Profit Management

Abstract

Earnings Management is the process of taking certain deliberate steps within the limits of generally accepted accounting principles to produce the desired level of reported profits. The data used in this research is secondary data from financial report data of Basic Manufacturing and Chemical companies listed on the Indonesia Stock Exchange. The sample in this study consisted of 13 companies that were consistent in reporting financial reports and had been selected using several sample observation criteria. The sample selection method is using purposive sampling, namely a sampling method with certain criteria. The analytical method used is Multiple Linear Analysis and Coefficient of Determination. The hypothesis testing method in this research uses the t-test and F-test. The results of this research show that the Sales Growth variable shows a t-count value of 1.783. The significance level shows 0.005 which is smaller than the significance level of 0.004. This means that H1 is accepted and it can be concluded that Sales Growth independently has a significant effect on Profit Management.

References

Adisti Nadila Putri, S. Y. D. dan R. D. P. (2022). Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Corporate Social Responsibility terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Manufaktur Sektor Aneka Industri 2017-2021. Akuisisi Jurnal Akuntansi, x, xx– xx.

Ahmad Ridwan Ananta dan Vaya Juliana Dillak. (n.d.). Pengaruh Sales Growth, Financial Leverage, Good Corporate Governance terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Sub Sektor Makanan dan Minuman yang terdaftar Di BEI tahun 2016-2020. E-Proceeding of Management, 9 No 2, 428.

Astutik. (2015). Rumus Pengukuran Tax Planning. 10. Basu Swasta. (2001). Manajemen Penjualan (Ketiga).

Chairil Anwar Pohan. (2016). Manajemen Perpajakan: Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Taxes and Taxation, 569.

Cindy Shania, Y. S. dan R. H. (2022). Pengaruh Kompensasi Bonus, Beban Pajak Tangguhan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. Pareso Jurnal, 4 No 2, 549–558.

Darmawan, F. (2020). Bab ii kajian pustaka bab ii kajian pustaka 2.1. Bab Ii Kajian Pustaka 2.1, 12(2004), 6–25.

Drs. Chairil Anwar Pohan. (2013). Manajemen Perpajakan (Edisi Revi). PT Gramedia. Fandy Tjiptono dkk. (2008). Pemasaran Strategi. Andi Yogyakarta.

Harahap. (2007). Pengukuran Perusahaan.

Hery, 1975. (2017). Kajian Riset Akuntansi: Mengulas Berbagai Hasil Penelitian Terkini Dalam Bidang Akuntansi dan Keuangan. Akuntansi, 120 halaman. Home dan Wachowicz. (2017). Rumus Menghitung Sales Growth. Satriana. Kasmir. (2016). Rumus Rasio Pertumbuhan.

Liven. (2022). Pengaruh Tax Planning, Likuiditas, Ukuran Perusahaan dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Sektor Barang Konsumsi yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020. Akuntansi Keuangan Dan Perpajakan.

Mike Kusuma Dewi dan Fatihah Aulia Rahmi. (2022). Pengaruh Perencanan Pajak dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Perbankan Swasta yang terdaftar di BEI tahun 2018-2020. Pundi, 06.

Muhammad Alwansyah Yanuarzky, Yulia Syafitri, dan A. B. (2023). Pengaruh Perencanaan Pajak, Beban Pajak Tangguhan, dan Aset Pajak Tangguhan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Sub Sektor Transportasi yang terdaftar di BEI tahun 2016-2019. Pareso Jurnal, 5 No 1, 1–18.

Nadyanta Br. Tarigan, Hotlan Butarbutar, S. M. (n.d.). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020. Ilmiah Methonomi, 8 No 1.

Nicholas Renaldo, S. E. M. M. (2022). Manajemen Laba Teori dan Pembuktian. CV Literasi Nusantara Abadi. https://books.google.co.id/books?id=JJSbEAAAQBAJ

Pajak, P. P., Beban, D. A. N., & Tangguhan, P. (2023). ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Industri Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2021 ) Disusun Oleh?: Selviana Yunior Universitas Multi Data Palembang.

Reni Harni, Y. A. dan N. N. (2022). Pengaruh Sales Growth dan Leverage terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2017-2020. 5 No.2, 1685–1708.

Rudangga I Gusti Nugraha Made & Gede Merta Sudiarta. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Laverage dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan. EJurnal Manajemen, 02.

Saputri, S., Syafitri, Y., & Ardiany, Y. (2022). Pengaruh Komite Audit dan Ukuran Perusahaan Terhadap Sustainability Reporting (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2016-2018). Pareso Jurnal, 4(1), 239–252.

Shiera Indira Basir dan Muhamad Muslih. (2019). Pengaruh free cash flow, leverage, profitabilitas dan sales growth secara simultan maupun parsial terhadap manajemen laba pada perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017.

Sonia Puspita Yeldi, B. dan S. Y. A. P. (2023). Pengaruh Sales Growth, Tax Planning dan Ukuran Perusahaan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di BEI tahun 2017-2019. Pareso Jurnal, 5 No 1, 1–18.

Subramanyam. (2014). Pengertian Sales Growth.

Sufany, A. K. dan F. N. (2022). Pengaruh Kualitas Laporan Keuangan, Sales Growth, Kompensasi Bonus dan Perencanaan Pajak terhadap Manajemen Laba pada perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Food and Beverage yang terdaftar di BEI periode 2017-2020. Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi, 6 No.1.

sugiarto. (2011). Rumus Pengukuran Ukuran Perusahaan. 145.

sugiyono. (2014). Rumus Pengaruh Sales Growth, Tax Planning dan Ukuran Perusahaan. 257.

Suwarman Ujang, dkk. (2011). Pemasaran Strategik Perspektif Value Based Marketing. Swasta Basu. (2005). Fungsi dan Tujuan Penjualan.

Verninda, L. (2020). Pengaruh sales growth, tax planning dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba (Studi empiris pada perusahaan manufaktur sub sektor plastik dan kemasan yang terdaftar di bursa efek indonesia tahun 2014-2018). Skripsi,118.

Yogiyanto. (2007). Pengukuran Perusahaan.

Zakia Veni, N. D. & M. C. (2019). Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Pejualan Terhadap Manajemen Laba Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating. 08.

Downloads

Published

2024-08-12

How to Cite

Handa Riska, L., Syafitri, Y., & Yani, M. (2024). Pengaruh Sales Growth, Tax Planning, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar dan Kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2019-2021). Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi, 2(3), 261–270. https://doi.org/10.31933/epja.v2i3.1115

Most read articles by the same author(s)