Pengaruh Exchange Rate, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing
Studi Kasus Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar DI BEI Tahun 2018-2020
DOI:
https://doi.org/10.31933/epja.v2i4.1154Keywords:
Exchange Rate, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, Transfer PricingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menentukan :1) Pengaruh Exchange Rate secara parsial terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2018-2020. 2) Pengaruh Tunneling Incentive secara parsial terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2018-2020. 3) Pengaruh Mekanisme Bonus secara parsial terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2018-2020. 4) Pengaruh Exchange Rate, Tunneling Incentive dan Mekanisme Bonus secara simultan terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2018-2020. Populasi dalam penelitian ini jumlahnya 177 perusahaan lalu sampelnya berjumlah 12 perusahaan yang memakai teknik purposive sampling. Sementara analisis datanya memakai deskriptif serta regresi linier berganda. Adapun hasil uji hipotesisnya diperoleh : 1) Exchange Rate secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2018-2020. 2) Tunneling Incentive secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI antara 2018-2020. 3) Mekanisme Bonus secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2018-2020. 4) Exchange Rate, Tunneling Incentive serta Mekanisme Bonus secara simultan signifikan memengaruhi Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI antara 2018-2020. Kemudian pada uji Koefisien Determinasi (R2) didapatkan angka 0,937, yang mana pengaruh Exchange Rate, Tunneling Incentive serta Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Manufaktur di BEI Periode 2018-2020 adalah sebesar 93,7%, sedangkan 6,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Achmad S. Ruky. (2006). Manajemen Penggajian & Pengupahan. Gramedia Pustaka Utama.
Apriliyana, L. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, dan Exchange Rate Terhadap Transfer Pricing Perusahaan. 56.
Autoridad Nacional del Servicio Civil. (2021). Dampak Effective Tax Rate (Etr), Tunneling Incentive (Tnc), Indeks Trend Laba Bersih (Itrendlb) Dan Exchange Rate Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia (Bei). Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2013–2015.
Ayshinta, P. J., Agustin, H., & Afriyenti, M. (2019). Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(2), 572–588. https://doi.org/10.24036/jea.v1i2.96
Azhar, A. H., & Setiawan, M. A. (2021). Pengaruh Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus, dan Leverage Terhadap Keputusan Perusahaan Melakukan Transfer Pricing: pada Perusahaan Manufaktur, Perkebunan, dan Pertambangan. Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 3(3), 687–704. https://doi.org/10.24036/jea.v3i3.395
Cahyadi, A. S., & Noviari, N. (2018). Pengaruh Pajak, Exchange Rate, Profitabilitas, dan Leverage Pada Keputusan Melakukan Transfer Pricing. E-Jurnal Akuntansi, 24(2), 1441–1473.
Consultant. (2011). Uji Multikolinearitas.
Dewi Cahyani Pangestuti. (2020). Manajemen Keuangan Internasional. In Buku elektronik (p. 275). CV BUDI UTAMA.
Dr. Sri Wahyuni, SE., M. S. (2020). Kinerja Sharia Conformity And Profitability Index Dan Faktor Determinan. Scopindo Media Pustaka.
Dr.Didin Fatihudin,SE., M. S. (2015). METODE PENELITIAN Untuk Ilmu Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi. Zifatama Jawara.
EDUKA, T. P. (2020). Smart Plus SOSHUM SMA. Genta Smart Publisher.
Erly Suandy. (2016). Perencanaan Pajak (ed. 4). In Perencanaan Pajak (ed. 4). SALEMBA EMPAT.
Ghozali. (2016). Analisis Uji Asumsi Klasik. https://bbs.binus.ac.id/analisisuji-asumsi-klasik
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunawan, R. M. B. (2021). GRC (Good Governance, Risk Management, And Compliance) - Rajawali Pers. In Buku elektronik (p. 262). PT. RajaGrafindo Persada.
Halim Rachmat, R. A. (2019). Pajak, Mekanisme Bonus dan Transfer Pricing. Jurnal Pendidikan Akuntansi & Keuangan, 7(1), 21. https://doi.org/10.17509/jpak.v7i1.15801
Hidayat. (2013). Uji Normalitas Dan Metode Perhitungan (Penjelasan Lengkap). https://www.statistikian.com/2013/01/ujinormalitas.html?amp
Jafri, H. E., & Mustikasari, E. (2018). Pengaruh Perencaan Pajak, Tunnneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 63. https://doi.org/10.20473/baki.v3i2.9969
Karianton Tampubolon dan Zulham Al Farizi. (2018). Transfer Pricing & Cara Membuat TP Doc. CV BUDI UTAMA. https://www.google.co.id/books/edition/Transfer_Pricing_Cara_Membuat_TP_Doc
Kezia Rafinska. (2019). Transfer Pricing, Kenali Istilah Finansial Ini dan Tujuan Penerapannya.https://www.online-pajak.com/tentang-efiling/transfer-pricing
Kusuma & Wijaya. (2017). Drivers Of The Intensity Of Transfer Pricing: An Indonesia Evidence. Proceedings Of The Second American Academic Research Conference In Global Business, Economics, Finance And Social Sciences (Aarl7new York Conference),. In Drivers Of The Intensity Of Transfer Pricing: An Indonesia Evidence. Proceedings Of The Second American Academic Research Conference In Global Business, Economics, Finance And Social Sciences (Aarl7new York Conference),.
Marfuah, M., & Azizah, A. P. N. (2014). Pengaruh pajak, tunneling incentive dan exchange rate pada keputusan transfer pricing perusahaan. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 18(2), 156–165. https://doi.org/10.20885/jaai.vol18.iss2.art6
Mayantya, S. (2018). Pengaruh Tax Minimization, Mekanisme Bonus, Kepemilikan Asing, Exchange Rate, dan Kualitas Audit terhadap Keputusan Transfer Price (Studi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016). Skripsi.
Mineri, M. F., & Paramitha, M. (2021). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Mekanisme Bonus Dan Profitabilitas Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Analisa Akuntansi Dan Perpajakan, 5(1), 35–44. https://doi.org/10.25139/jaap.v5i1.3638
Mispiyanti. (2015). Pengaruh pajak dan mekanisme bonus terhadap keputusan transfer pricing. Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Terhadap Keputusan Transfer Pricing, 16(1), 62–73.
Musthafa (2017). Manajemen Keuangan . Yokyakarta: CV. ANDI OFFSET.
Muhammad Firdau. (2021). Ekonometrika Suatu Pendekatan Aplikatif. Bumi Aksara.
Ni’maturosyiddah, A. (2018). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Debt Covenant dan Exchange Rate Terhadap Keputusan Perusahaan Untuk Melakukan Transfer Pricing. 1–124.
Noviastika, dkk. (2016). Transfer pricing happen on the company with high profit purpose and using tax avoidance become the a to fulfil it . Ownership stucture is also affect management to transfer wealth the themeself or to majority stakeholder . The company that applying good c. Jurnal Perpajakan (JEJAK), 8(1), 1–9.
Noviyana. (2018). Pengaruh Tax , Tunneling Intensive , Bonus Plan , Exchange Rate , Debt Covenant Terhadap Keputusan Transfer Pricing ( Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di BEI Pengaruh Tax , Tunneling Intensive , Bonus Plan , Exchange Rate , Debt Cov.
Perkasa, F. N. T. (2020). Pengaruh Exchange Rate, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Terhadap Transfer Pricing Pada Perusahaan Indeks Lq 45 Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 - 2018. Skripsi, 13.
Pohan, D. C. A. (2019). Pedoman Lengkap Pajak Internasional Ed. Revisi. Gramedia Pustaka Utama.
Prayudiawan, H., & Pamungkas, J. D. (2020). Pengaruh Debt Covenant, Profitability, Exchange Rate, Mekanisme Bonus Pada Transfer Pricing. Akuntabilitas, 13(1), 97–108. https://doi.org/10.15408/akt.v13i1.15328
Rahmayanti, E. A. (2021). In Digital Repository Universitas Jember.
Sakaran. (2014). Research Methods For Business Metedologi Penelitian Untuk Bisnis In. https://doi.org/10.1353/pla.2008
Saputra, W. S., Angela, C., Agustin, C., Ilmu, F., & Mulia, U. B. (2020). Pengaruh Pajak , Exchange Rate Dan Kepemilikan Asing Terhadap Transfer Pricing. 3(2), 109–116.
Seta Permana, Woro Isti Rahayu, R. N. S. F. (2020). Implementasi Algoritma C4.5 Dalam Penentuan Penerima Bonus Tahunan Pegawai (Rolly maulana awangga (ed.)). kreatif industri nusantara.
Slamet Riyanto, A. A. H. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian Di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan Dan Eksperimen. CV BUDI UTAMA.
Sugiyono. (2015). Defenisi Operasional Tujuan, Manfaat dan Cara Membuat. https://penerbitbukudeepublish.com/definisioperasional/am p,
Sugiyono. (2017). Metodelogi Penelitian dan Pengembangan Research and Development. Alfabeta,cv.
Suparna Wijaya; Fitriyan Dwi Rahayu. (2021). Penghindaran Pajak?: Agresivitas Transfer Pricing, Negara Lindung Pajak, Dan Kepemilikan Institusion. Guepedia.
Taufiqur Rahman. (2021). Buku Ajar Fiqih Muamalah Kontemporer. Academia Publication.
Teguh Wahyono. (2013). 25 Model Analisis Statistik Dengan SPSS 17. Elex Media Komputindo.
Tineges. (2021). Data Sekunder Adalah Jenis Data Penelitian yang Wajib Di ketahui. https://www.dqlab.id/data-sekunder-adalah-jenis-data-penelitian-yang-wajib diketahui
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Devi Novita, Teti Chandrayanti, Yuli Ardiany
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi (EPJA) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EPJA.