Pengaruh Agresivitas Pajak, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bei 2011-2018)

Authors

  • Titin Sumarni Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Yulia Syafitri Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Yuli Ardiany Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/epja.v1i2.846

Keywords:

Tax Aggressiveness, Company Size, Profitability, Leverage, Corporate Social Responsibility

Abstract

Abstract: This study aims to determine whether Tax Aggressiveness, Company Size, Profitability, and Leverage have a significant effect on Corporate Social Responsibility in automotive companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2011-2018 either partially or simultaneously. The analytical method used in this study is multiple linear regression analysis and testing the hypothesis using the t-test and f-test. The results of this study indicate that partial tax aggressiveness has no significant negative effect on the disclosure of Corporate Social Responsibility, Company size has a significant positive effect on the disclosure of Corporate Social Responsibility, Profitability has no significant negative effect on the disclosure of Corporate Social Responsibility, and Leverage has no significant negative effect on Corporate disclosure. Social Responsibility. While simultaneously Tax Aggressiveness, Company Size, Profitability, and Leverage have a significant effect on Corporate Social Responsibility in automotive companies listed on the Indonesia Stock Exchange from 2011-2018. 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Agresivitas Pajak, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas,  Leverage, berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2018 baik secara parsial maupun secara simultan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regersi linier berganda dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Agresivitas pajak berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, Ukuran Perusahaan berpengaruh positif signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, Profitabilitas berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility, dan Leverage berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility. Sedangkan secara simultan Agresivitas Pajak, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility pada perusahaan Otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2011-2018.

References

Chariri, A. (2012). "Kritik Sosial Atas Pemakaian Teori Dalam Penelitan Pengungkapan Sosial Dan Lingkungan".

Ghozali, Imam. dan Anis Chariri. 2016, Teori Akuntansi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Ghozali, Imam. 2015. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS.

Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.

Hadi, Nor. 2011. Corporate Social Responsibility. Edisi Pertama. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Gray, R. (1995). Corporate Social andEnvironmental Reporting.Accounting, Auditing & Accountability Journal.

Kasmir, 2014. Analisis Laporan Keuangan, Edisi Pertama, Cetakan Ketujuh. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Muhammad Kafka Efendi 2019. "Pengaruh Agresivitas pajak, ukuran perusahaan, profitabilitas, leverage dan kepemilikan saham publik terhadap Corporate SocialResponbility" . Jurnal Penellitian Universitas Muria Kudus

Rusdianto, Ujang. 2013. CSR Communication a Framework for PR Practitionsers. Yogyakarta: Graha Ilmu.

www.https://www.idx.co.id/

communitication.binus.ac.id

www.ojk.co.id

Global Reporting Initiative (GRI). (2016). Sustainability Reporting Guidelines (versi GRI-G4 Bahasa Indonesia). www.globalreporting.org

Downloads

Published

2023-04-03

How to Cite

Sumarni, T., Yulia Syafitri, & Yuli Ardiany. (2023). Pengaruh Agresivitas Pajak, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Studi Empiris pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di Bei 2011-2018). Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi, 1(2), 129–139. https://doi.org/10.31933/epja.v1i2.846

Most read articles by the same author(s)