Pengaruh Akuntansi Konservatif, Default Risk dan Profitabilitas Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019

Authors

  • Engla Putri Cahaya Lestari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Jhon Rinaldo Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Dica Lady Silvera Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/epja.v1i3.912

Keywords:

Earnings Reponse Coefficient, Profitabilitas, Default Risk, Akuntansi Konservatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Akuntansi Konservatif, Default Risk dan Profitabilitas berpengaruh terhadap Earnings Response Coefficient pada perusahaan manufaktur  sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2019 baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur sector makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yaitu sebanyak 28 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik Purposive sampling sesuai dengan kriteria yang digunakan. Berdasarkan kriteria yang sudah digunakan maka siperoleh sampel sebanyak 9 perusahaan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda dan penguji hipotesisnya menggunakan Uji T dan Uji F. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial Akuntansi Konservatif (CONACCit) tidak berpengaruh signifikan terhadap Earnings Response Coefficient, sedangkan Default Risk (DER) tidak berpengaruh   terhadap Earnings Response Coefficient dan Profitabilitas (ROA) berpengaruh  terhadap Earnings Response Coefficient. Secara simultan Akuntansi Konservatif (CONACCit), Default Risk (DER) dan Profitabilitas (ROA) berpengaruh signifikan terhadap Earnigs Response Coefficient.

 

Author Biographies

Engla Putri Cahaya Lestari, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

 

 

 

 

Jhon Rinaldo, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

 

 

Dica Lady Silvera, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

 

 

 

References

Belkaoui, A.R. 2012. Teori Akuntansi. Salemba Empat. Jakarta

Cho, J.Y and K. Jung. (1991). Earnings Response Coefficient: A Sythesis of Theory and Empirical Evidence. Journal of Accounting Literature. 10: 85-116

Fahmi, Irfan. 2014. Analisis Kinerja Keuangan. Bandung: Alfabeta

Handojo, Irwanto. 2012. Sekelumit Konservatisme Akuntansi. Jakarta: STIE Trisakti.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Grasindo. Jakarta

Houston. 2016. Fundamentals of Financial Management, Ninth Edition, Horcourt College, United States of America

Jogiyanto, H.M. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Edisi Ketujuh. BPFE. Yogyakarta

Jones, S. 2014. Accounting Theory. Nelson Thomson Learning. Jersey.

Jensen, M., C., dan W. Meckling, 1976. “Theory of the firm: Managerial behavior, agency cost and ownership structure”, Journal of Finance Economic 3:305.

Kasmir. 2014. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2015 Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kasmir. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Munawir, 2014, Analisis Laporan Keuangan, Liberty, Jakarta.

Tandelilin, E. 2010. Portofolio dan Investasi: Teori dan Aplikasi. Kanisius. Yogyakarta

Savitri, E. 2016. Konservatisme Akuntansi. Pustaka Sahila. Yogyakarta

Subramanyam. K. R dan John J. Wild. 2014. Analisi Laporan Keuangan. Penerjemah Dewi Y. Salemba Empat. Jakarta.

Simamora. 2015. Akuntansi Basis Pengambilan Keputusan Bisnis. jilid 2. Salemba Empat. Jakarta.

Suwardjono. 2018. Teori Akuntansi: Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Yogyakarta: BPFE

Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D), CV Alfabeta, Bandung.

William R. 2016. Financial Accounting Theory. 4th Edition. United States of America: Pearson Prentice Hall

Akbar, C. R. P. (2020). Pengaruh Good Corporate Governance, Leverage, Konservatisme Akuntansi, Profitabilitas Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Koefisien Respon Laba (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2018) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Chandra, Elizabeth Stephanie, and Herlin Tundjung. "Pengaruh Konservatisme Akuntansi, Persistensi Laba, Dan Risiko Sistematik Terhadap Earnings Response Coefficient." Jurnal Paradigma Akuntansi 2.4 (2020): 1489-1498.

Cho, Jan Youn, Kooyal Jung. 1991. Eraning Response Coefficient: A Synthesis of. Theory and Empirical Evidence. Journal of Accounting Literature, Vol. 10: 85

Dewi, Nyoman Sutrisna, and I. Ketut Yadnyana. "Pengaruh profitabilitas dan leverage pada earning response coefficient dengan ukuran perusahaan sebagai variabel pemoderasi." E-Jurnal Akuntansi 26.3 (2019): 2041-2069.

Diantimala, Yossi. "Pengaruh Akuntansi Konservatif, Ukuran Perusahaan, Dan Default Risk Terhadap Koefisien Respon Laba (ERC)." Jurnal Telaah dan Riset Akuntansi 1.1 (2008): 102-122.

Fitri, Laila. "Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kesempatan Bertumbuh, Dan Profitabilitas Terhadap Earnings Response Coefficient (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2008-2011)." Jurnal Akuntansi 1.3 (2013).

Juanda, Ahmad. Pengaruh Risiko Litigasi Dan Tipe Strategi Terhadap Hubungan Antara Konflik Kepentingan Dan Konservatisma Akuntansi. Diss. Universitas Gadjah Mada, 2006.

Kurnia, I., & Sufiyati. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Risiko Sistematik, dan Investment Opportunity Set terhadap Earnings Response Coefficient pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada Tahun 2012- 2014. Jurnal Ekonomi, 20(3), 463-478

Maharani, Nurfaizah Divia. Pengaruh Profitabilitas, Leverage dan Islamic Social Reporting (ISR) terhadap Earning Response Coefficient

Naimah, Zahroh, and Siddharta Utama. "Pengaruh ukuran perusahaan, pertumbuhan, dan profitabilitas perusahaan terhadap koefisien respon laba dan koefisien respon nilai buku ekuitas: Studi pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Jakarta." Simposium Nasional Akuntansi IX 1 (2006): 26.

Novita, Rini. Pengaruh Default Risk, Risiko Sistematis, Profitabilitas Dan Struktur Modal Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC)(Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018). Diss. IIB DARMAJAYA, 2019.

Puspawati, R. K. (2020). Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, Profitabilitas dan Leverage terhadap Earning Response Coefficient (ERC)(Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nayar, Nandkuar dan Michael S Rozeff. 1992. “Earnings Response. Coefficients Models: Synthesis and Extenxions

Yulianti, Ani. Pengaruh Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Earning Response Coefficient (Erc) Dengan Ketepatan Waktu Sebagai Variabel Intervening. Diss.

Http:scholar,google.co,id

www.idx.id.com

Downloads

Published

2023-07-17

How to Cite

Putri Cahaya Lestari, E. ., Jhon Rinaldo, & Dica Lady Silvera. (2023). Pengaruh Akuntansi Konservatif, Default Risk dan Profitabilitas Terhadap Earnings Response Coefficient (ERC) pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan dan Minuman yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. EKASAKTI PARESO JURNAL AKUNTANSI, 1(3), 235–244. https://doi.org/10.31933/epja.v1i3.912

Most read articles by the same author(s)