PENGARUH VARIASI MASSA ROLLER CVT TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR HONDA VARIO F1

Authors

  • Tomi Asperi Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Dan Perencanaan Universitas Ekasakti
  • Risal Abu Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Dan Perencanaan Universitas Ekasakti
  • Mukhnizar Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknik Dan Perencanaan Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/emtj.v5i1.1275

Keywords:

Massa, Roller, Daya, Torsi

Abstract

Pengaruh Variasi Massa Roller CVT Terhadap Daya dan Torsi Pada Sepeda Motor Honda Vario F1 Penelitian ini merupakan pengujian pengaruh variasi massa roller CVT pada sepeda motor honda vario F1 dengan cara mengganti massa roller standar honda vario sebesar 13 gram, menjadi 9 gram, 11 gram dan 15 gram. Penelitian ini dilakukan karena kurang responsive nya Honda Vario F1  pada saat putaran bawah dan pada saat menaklukan jalan yang menanjak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil daya dan torsi yang dihasilkan saat massa roller diganti. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengujian langsung terhadap honda vario F1 saat menggunakan massa roller standar dengan massa roller variasi dengan menggunakan dynamometer. Daya tertinggi yang dihasilkan pada roller 9 gram adalah 8,53 HP, roller 11 gram 8,57 HP, roller 13 gram 8,09 HP dan roller 15 gram 8,13 HP. Torsi maksimal yang dihasilkan pada roller 9 gram adalah 8,53 Nm, roller 11 gram 8,92 Nm, roller 13 gram 9, 15 gram dan roller 15 gram 9,05 Nm.

References

Amin, M. & Ismet. (2016). Dasar-Dasar Motor Bakar. Jakarta: Gramedia Teknik.

Boentarto. (2005). Teknik Sepeda Motor. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Daryanto. (2008). Sistem Pengapian pada Kendaraan. Bandung: Alfabeta.

Hidayat, T. (2012). Mesin Otomotif Dasar dan Lanjutan. Jakarta: Erlangga.

Jama, J. & Wagino. (2008). Teknik Sepeda Motor 2 & 4 Langkah. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Junelis, M. (2017). Analisis Pengaruh Massa Roller CVT terhadap Daya dan Torsi pada Honda Vario Techno 125 PGM-FI Tahun 2012. Padang: Universitas Negeri Padang.

Marsudi. (2010). Dasar Teknik Mesin. Jakarta: Bumi Aksara.

Raharjo & Karnowo. (2008). Dasar-Dasar Teknik Otomotif. Yogyakarta: UNY Press.

Setyawan, T. (2010). Sistem Transmisi Sepeda Motor Matic. Surabaya: ITS Press.

Subandrio. (2009). Teknik Pemindah Tenaga pada Kendaraan. Jakarta: Kemendikbud.

Supriyo. (2012). Dasar-Dasar Perhitungan Daya dan Torsi. Bandung: Penerbit Otomotif.

Wakid. (2011). Sistem Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Wijanarko, A. (2007). Sistem Transmisi CVT pada Sepeda Motor Matic. Yogyakarta: Teknik Otomotif UNY.

Wiratmaja, I. (2010). Motor Bakar dan Aplikasinya. Jakarta: Erlangga.

Motorplus-online.com. (2023). Tabel Variasi Massa Roller CVT di Pasaran. [Online] Tersedia di: www.motorplus-online.com

Downloads

Published

2025-05-28

How to Cite

Tomi Asperi, Risal Abu, & Mukhnizar. (2025). PENGARUH VARIASI MASSA ROLLER CVT TERHADAP DAYA DAN TORSI PADA SEPEDA MOTOR HONDA VARIO F1. Ekasakti Engineering Journal, 5(1), 24–36. https://doi.org/10.31933/emtj.v5i1.1275

Issue

Section

Articles