Artikel ANALISA DAN SOLUSI KEMACETAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN

(Studi Kasus : Ruas Jalan Adinegoro Kota Padang)

Authors

  • Maha Putri Handayani AS a:1:{s:5:"en_US";s:20:"Universitas Ekasakti";}

DOI:

https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i2.260

Keywords:

Volume lalu lintas, Kapasitas, Derajat kejenuhan, Hambatan samping.

Abstract

Abstrak

Kemacetan merupakan kondisi tersendatnya atau terhentinya arus lalu lintas. Begitu juga halnya yang terjadi di Jalan Adinegoro Kota Padang. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menghitung volume arus lalu lintas tertinggi, menganalisa tingkat kemacetan dan menetukan pemecahan masalahnya. Metode yang digunakan adalah berdasarkan pada peraturan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997. Dari hasil analisa didapat bahwa nilai volume kendaraan tertinggi berada pada hari Sabtu pukul 16.00-18.00 WIB dengan nilai volume sebesar 2.045,55 smp/jam. Sedangkan  kapasitas tertinggi diperoleh sebesar 1414,51 smp/jam. Nilai derajat kejenuhan (DS) tertinggi diperoleh sebesar 1,44 smp/jam. Dengan tingkat pelayanan kategori F yang artinya arus lalu lintas tertahan pada kecepatan rendah, seringkali terjadi kemacetan, serta arus lalu lintas tinggi. Bobot hambatan samping diperoleh  sebesar  563,1  yang tergolong tinggi (kondisi daerah komersil, aktivitas sisi jalan tinggi). Berdasarkan hasil survey yang dilakukan, salah satu  pemecahan masalah yang dapat dilakukan pada lokasi ini adalah pemerintah lebih mengetatkan lagi aturan yang ada supaya dapat terlaksana dengan baik terutama bagi pedagang kaki lima yang berjualan dipinggir jalan dan kendaraan yang parkir serta berhenti sembarangan pada bahu jalan.

 

Kata kunci: Volume lalu lintas, Kapasitas, Derajat kejenuhan, Hambatan samping.

 

Abstract

Congestion is a condition of stagnation or stopping of traffic flow. Likewise, what happened on Jalan Adinegoro, Padang City. The purpose of this research is to calculate the highest volume of traffic flow, analyze the level of congestion and determine the solution to the problem. The method used is based on the regulation of the Indonesian Road Capacity Manual (MKJI) 1997. The analysis shows that the highest vehicle volume value is on Saturdays at 16.00-18.00 WIB with a volume value of 2.045.55 pcu / hour. While the highest capacity was obtained at 1414.51 pcu / hour. The highest degree of saturation (DS) was 1.44 pcu / hour. With the service level of category F, which means that traffic flow is stuck at low speed, congestion often occurs, and traffic flow is high. The weight of the side friction is 563.1 which is classified as high (conditions in the commercial area, high roadside activity). Based on the results of the survey conducted, one solution to the problem that can be done at this location is that the government tightens the existing rules so that they can be implemented properly, especially for street vendors selling on the side of the road and parking vehicles and stopping carelessly on the shoulder of the road.

 

Keywords : Traffic volume, Capacity, Degree of saturation, Side barriers.

References

Abubakar, I. 1999. Rekayasa lalu Lintas. Jakarta : Direktorat Bina Sistem lalu Lintas Angkutan Kota Dirjen Perhubungan Darat.

Alhadar, A. 2011. Analisa Kinerja Jalan Dalam Upaya Mengatasi Kemacetan Lalu Lintas Pada Ruas Simpang Bersinyal Di Kota Palu. Jurnal SMARTek. 9(4), 327-336.

BPS. 2020. Kota Padang Dalam Angka. Badan Pusat Statistik. Padang

Departemen Pekerjaan Umum Jakarta Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang lalu lintas. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Firmansyah, D.,& Tjahjani, I. 2012. Analisa Kemacetan Lalu Lintas Di Suatu Wilayah (Studi Kasus Di Jalan Lenteng Agung). Seminar Nasional Teknik Sipil UMS.

Ifran,Ifsan. 2015. Analisis Kinerja Ruas Jalan Dengan Menggunakan MKJI Jalan AKBP Cek Agus Palembang. Skripsi. Palembang : Universitas Tridinanti.

Indah, K. 2014. Hambatan Samping. [Online] Tersedia : http://kurnianurindah.blogspot.com/2014/01/hambatan-samping.html. [20 Januari 2014].

Juniardi. 2006. “Analisis Arus Lalu Lintas Di Simpang Tak Bersinyal (Studi Kasus : Simpang Timoho Dan Simpang Tunjung Di Kota Yogyakarta)”. Tesis. Semarang : Program Pascasarjana Universitas Diponegoro.

Koloway, Barry, 2009, Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Jalan Prof Dr. Satrio DKI Jakarta. Skripsi. Bandung : Institut Teknologi Bandung.

MKJI. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.

Novalia, A., Sulistiyorini, R.,& Putra, S. 2016. Analisa Dan Solusi Kemacetan Lalu Lintas di Ruas Jalan Kota (Studi Kasus Jalan Imam Bonjo – Jalan Sisingamangaraja). JRSDD. 4(1), 153-162.

Rizani, Ahmad. 2015. Evaluasi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping (Studi Kasus Jalan Soetoyo S Banjarmasin). Skripsi. Banjarmasin : Politeknik Negeri Banjarmasin.

Satria, W. 2019. Analisa kemacetan Arus Lalu Lintas Di Jalan Yos Sudarso – Persimpangan Lemabang Kota Palembang. Tugas Akhir. Palembang : Universitas Muhammadiyah Palembang.

Sondakh, Gallant. Marunsenge. (2015). Pengaruh Hambatan Samping Kinerja Pada Ruas Jalan Panjaitan (Kelenteng Ban Hing Kiong) Dengan menggunakan Metode MKJI 1997.

Wikipedia. 2019. Data Penduduk Kota Padang. [Online] Tersedia : https://id.wikipedia.org/wiki/Kota_Padang/. [19 Desember 2019].

Downloads

Published

2021-05-01

How to Cite

AS, M. P. H. (2021). Artikel ANALISA DAN SOLUSI KEMACETAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN : (Studi Kasus : Ruas Jalan Adinegoro Kota Padang). Ekasakti Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 1(2), 244–254. https://doi.org/10.31933/ejpp.v1i2.260