Analisa Tingkat kerusakan Perkerasan Lentur Pada ruas Jalan Raya Lambah Maninjau Kabupaten Agam
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i1.401Keywords:
Nilai Pengurang, Kerapatan, Nilai Pengurang Total, Nilai Pengurang Terkoreksi, Indek Kondisi perkerasanAbstract
Jalan raya lambah maninjau banyak ditemukan kerusakan pada perkerasan lenturnya yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan, hal tersebut dapat mempengaruhi kondisi arus lalu lintas pada ruas jalan dan dapat berpotensi menimbulkan titik-titik konflik yang akan menghambat pergerakan arus lalu lintas. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan tingkat kerusakan yang terjadi serta menghitung nilai indeks kondisi perkerasan lentur pada ruas jalan raya lambah maninjau Kabupaten Agam ini. Metode yang digunakan untuk mengetahui jenis kerusakan jalan adalah dengan secara visual lapangan mengukur berapa luas masing-masing kerusakan yang terjadi sedangkan untuk menghitung nilai indeks kondisi jalan dengan menggunakan metode pavement conditional indeks (PCI). Dari hasil analisa diperoleh bahwa jenis kerusakan yang didapat adalah berupa retak kulit buaya, retak pinggir, pelapukan dan pelepasan butir, tonjolan dan lengkungan. Sedangkan nilai pavement conditional indeks (PCI) diperoleh sebesar 62 yang berarti bahwa kondisi ruas jalan tersebut termasuk kategori baik (good) untuk dapat di lalui dengan aman.
References
Andriyanto, Carto. 2010. Pemilihan Teknik Perbaikan Perkerasan Jalan Dan Biaya Penanganannya (Studi Kasus : Pada Ruas Jalan Nguter – Wonogiri). Skripsi tidak diterbitkan. Universitas Sebelas Maret. Surakarta
ASTM D6433. 2007. Standard Practice for Roads and Parking Lots Pavement Condition Index Surveys.
Budiyono, Mohammad. 2012. Analisa Kerusakan Jalan dengan Metode PCI dan Alternatif Penyelesaiannya (Studi Kasus: Ruas Jalan Purwodadi – Solo Km 12+000 – Km 24+000). Universitas Muhamadiyah Surakarta. Solo.
Departemen Pekerjaan Umum Jakarta Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 Tentang lalu lintas. Jakarta : Departemen Pekerjaan Umum.
Departemen Pekerjaan Umum. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), Direktorat Jendral Bina Marga, Jakarta.
Direktorat Jenderal Bina Marga, 1995, Manual Pemeliharaan Rutin Untuk Jalan Nasional dan Jalan Propinsi. Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga.
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1995. Petunjuk Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Kabupaten. Petujuk T. Departemen Pekerjaan Umum. Direktorat Jenderal Bina Marga.
Dirjen Bina Marga. 1990. Panduan Survei dan Perhitungan Waktu Perjalanan Lalu Lintas. Departemen Pekerjaan Umum. Jakarta.
Hardiyatmo, H.C., 2007. Pemeliharaan Jalan Raya, Edisi-1. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Hardiyatmo, H. C. 2015. Pemeliharaan Jalan Raya Edisi ke-2. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta
Idrus, M. 2011. Evaluasi kerusakan permukaan jalan dengan Metode Pavement Condition Index (PCI) pada ruas Jalan Insimu – Paguyaman. Fakultas Teknik Universitas Negeri Gorontalo. Gorontalo.
Irzami. 2010. Penilaian Kondisi Perkerasan dengan Menggunakan Metode Indeks Kondisi Perkerasan Pada Ruas Jalan Simpang Kulim – Simpang Batang. Tesis tidak diterbitkan. Universitas Islam Riau. Pekanbaru.
Shahin, M.Y., Walther, J.A. 1994. Pavement Maintenance Management for Roads and Streets Using The PAVER System. US Army Corps of Engineer. New York.
Sukirman, Silvia. 1999. Perkerasan Lentur Jalan Raya. Nova. Bandung.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).