PERHITUNGAN NILAI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG DENGAN METODE REGRESI LINIER BERGANDA PADA RUAS JALAN THAMRIN KOTA PADANG
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v2i2.545Keywords:
Ekivalensi mobil penumpang, Regresi linier berganda, MKJIAbstract
Ekivalensi Mobil Penumpang (EMP) merupakan faktor yang menunjukkan berbagai tipe kendaraan sehubungan dengan pengaruhnya terhadap kecepatan kendaraan ringan dalam arus lalu lintas. Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang berfungsi untuk menyetarakan satuan berbagai jenis kendaraan menjadi satuan mobil penumpang. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997 telah menetapkan nilai EMP untuk masing-masing jenis kendaraan. Penetapan nilai EMP didasarkan pada jumlah arus dan komposisi lalu lintas. Akan tetapi, seiring bertambahnya arus dan komposisi lalu lintas pada saat ini menyebabkan terjadinya perubahan pada nilai ekivalensi yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perhitungan nilai EMP berdasarkan keadaan jalan yang sebenarnya dan kemudian membandingkannya dengan nilai EMP menurut MKJI 1997. Penelitian ini dilakukan pada ruas Jalan Thamrin, Kota Padang, Sumatera Barat dengan menghitung jumlah arus kendaraan selama jam puncak. Arus kendaraan yang dihitung meliputi jumlah kendaraan ringan, sepeda motor, serta kendaraan berat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda yang dianalisis dengan alat bantu statik Statistical Product and Service Solutions (SPSS). Metode ini digunakan karena masing-masing kendaraan mempunyai pengaruh terhadap kendaraan lainnya. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda, didapatkan nilai EMP untuk sepeda motor adalah 0,234 dan nilai EMP untuk kendaraan berat adalah 5,556. Deviasi perbandingan antara nilai EMP hasil analisis regresi linier dengan nilai EMP menurut MKJI 1997 untuk sepeda motor adalah 0,166, sedangkan deviasi perbandingan antara nilai EMP hasil analisis regresi linier dengan nilai EMP menurut MKJI 1997 untuk kendaraan berat adalah 4,256.
References
Direktorat Jenderal Bina Marga. 1997. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota (TPGJAK). Departemen Pekerjaan Umum RI. Jakarta
Farisa, A. I. 2020. ‘’Perbandingan Nilai Emp Pada Mkji 1997 Dengan Emp Lapangan Menggunakan Metode Regresi Linier (Studi Kasus: Jenderal Ahmad Yani Dan Adi Sucipto Kota Banyuwangi)”. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jember, Jawa Timur.
Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hobbs, 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas. Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Juniarta, I. W. 2012. Penentuan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang pada Ruas Jalan Perkotaan. (Tugas Akhir yang tidak dipublikasikan, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Udayana, 2012).
Lendeng, L. E. 2018. Analisa Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang (emp) dengan Metode Time Headway dan Regresi Linier Berganda” (Studi Kasus : Jalan Raya Tomohon. Jurnal Sipil Statik Vol. 6 No. 10 Oktober 2018 : 735-742.
Morlock, E. K. 1991. Perencanaan Teknik dan Perencanaan Transportasi (Terjemahan). Erlangga. Jakarta.
Santoso, Singgih. 2002. Buku Latihan SPSS Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Tuti, B. (2010). Analisis Korelasi Pearson. Bandung. Jurnal Sains Dirgantara Vol. 2 No. 2 Juni 2010 : 100-112.
Wicaksana, I. B, dkk. 2014. Perbandingan Nilai Ekivalensi Mobil Penumpang antara MKJI dengan Metode Regresi Linier Berganda pada jalan Perkotaan Dua Arah. Jurnal Imiah Elektronik Infrastruktur Teknik Sipil,
Wulandari, A.(2011), Studi Penetapan Ekuivalensi Mobil Penumpang Pada Kendaraan Berat Menggunakan Metode Time headway Dan Analisis Regresi Linier (Kasus Pada Ruas Jalan Solo – Kartosuro Km.7). Surakarta : Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Sipil Universitas Sebelas Maret.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).