Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja Dan Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Departemen Service PT. Astra International Tbk Toyota Auto 2000 Padang

Authors

  • Elita Kurnia Autama Universitas Ekasakti
  • Agussalim Universitas Ekasakti
  • Delvianti Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/epja.v3i1.1209

Keywords:

Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja , Penghargaan (Reward), Kinerja Manajerial

Abstract

Tujuannya riset ini ialah untuk menilai bagaimana Kinerja Manajer Departemen Servis PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk Toyota Auto 2000 Padang dipengaruhi oleh Total Quality Management, Performance Measurement Systems, dan Rewards. Data kuantitatif dikumpulkan dengan memakai Uji Regresi Berganda, uji-t, dan uji-f, dengan tambahan informasi yang didapat melalui wawancara dan observasi di lapangan. Variabel Outcome Penelitian Managerial Output di Service Department PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk Toyota Auto 2000 Padang mengalami peningkatan yang nyata sebagai hasil penerapan Total Quality Management. Komponen Kerangka Evaluasi Kinerja Berkontribusi signifikan kepada keberhasilan Service Department Manager di PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk Toyota Auto 2000 Padang. Payout May Change Memiliki pengaruh yang baik dan nyata terhadap Kinerja Manajerial Departemen Pelayanan di PT ASTRA INTERNATIONAL Tbk Toyota Auto 2000 Padang.

References

Anthony, Robert N. Dan Vijay Govindarajan. 2009. “Management Control System”, Buku Kedua, Edisi Kesebelas, Salemba Empat, Jakarta.

Anwar Prabu Mangkunegara. 2015. Sumber Daya Manusia Perusahaan. Cetakan kedua belas. Remaja Rosdakarya:Bandung

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Fahmi, Irham. 2014. “Manajemen Kinerja Teori dan Aplikasi”. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Freeman, R. E., J. S. Harrison, A. C. Wicks, B. L. Parmar, dan S. D. Colle. 2010. Stakeholder Theory. In The State of the Art. New York: Cambridge University Press.

Ghozali, dan Chairiri. “Teori Akuntansi” Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2007.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25.

Goestsch & Davis, M.N, Nasution “Total Quality Management”, 2009 Edisi revisi – Salemba Empat, Jakarta

GRI. 2016. Sustainability Report Disclosure Standart.

Hansen, Mowen. 2009. “Akuntansi Manajemen”. Buku Pertama, Salemba Empat, Jakarta

Hasanah, N. m., D. Syam, dan A. W. Jati. 2015. "Pengaruh Corporate Governance terhadap Pengungkapan Sustainability Report pada Perusahaan di Indonesia". Jurnal Reviu Akuntansi Keuangan, Vol.5, No.1, hlm: 771720.

Jusuf, Raisa Shoffiani. 2013. “Analisis Pengaruh TQM, Sistem Pengukuran Kinerja dan Reward terhadap Kinerja Manajerial”, Jurnal EMBA, Volume 1, No.3, Hal. 634-644.

Kumentas, Chynthia N. 2013. “Pengaruh TQM, Sistem Pengukuran Kinerja dan Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial PT Pos Indonesia”, Jurnal EMBA, Volume 1, No.3, Hal. 796-805.

Mintje, Nastiti. 2013. “Pengaruh TQM, Sistem Penghargaan dan Sistem Pengukuran Kinerja terhadap Kinerja Manajerial pada PT Air Manado”, Jurnal EMBA, Volume 1, No.3, Hal. 52-62.

Mowen, Maryanne M., Don R. Hansen, and Dan L. Heitger. Cornerstone of Managerial Accounting. Fifth. USA: South-Western Cengage Learning, 2014.

Mulyadi & Jhony Setyawan, 2001. “Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen”. Edisi II, Salemba Empat,Jakarta.

Mulyadi. 2009.” Akuntansi Manajement”. Salemba Empat, Jakarta.

Narsa, I Made & Yuniawati,Rani Dwi. 2013. “Pengaruh Interaksi antara Total Quality Management dengan Sistem Pengukuran dan Sistem Penghargaan terhadap Kinerja Manajerial”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Volume 5,No. 1, 18-34.

Narsa, I Made.2007. “Total Quality Management (TQM) dan Pengaruhya terhadap Kinerja Karyawan”, Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Volume 12, No.2, 185-194.

Nasution. 2005. “Manajement Mutu Terpadu”, Edisi Kedua, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Primadana, Gede Heery Mera dkk. 2014 “Pengaruh Partisipasi Dalam Penyusunan Aggaran, Kejelasan Sasaran Anggaran dan Struktur Desentralisasi terhadap Kinerja Manajerial SKPD dengan Pengawasan Internal sebagai Variabel Pemoderasi”, Jurnal Program S1, Volume 2, No.1.

Rini Rudyanto. 2020. The Effect of Stakeholder Pressure and Corporate governance on the Quality of Sustainability report. International Journal of Ethics and Systems.

Simamora, Henry. 2012. “Akuntansi Manajemen”, Edisi Ketiga, Star Gate Publisher, Duri.

Simanjutak, Payaman J, 2016, Manajemen dan evaluasi kinerja. Publisher, Jakarta:Fakultas Ekonomi UI

Sugiono. (2014). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif.pdf. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015), Metode Peneltian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta. Tjiptono, Fandi dan Anastasia Diana, 2014, Total Quality Management, Edisi Revisi, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Suprantiningrum, Rr dan Zulaikha, “Pengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Manajerial dengan Pengukuran Kinerja dan Sistem Penghargaan (reward) sebagai Variabel Moderating”, Jurnal SNA VI,2003.

www.googleschoolar.comFernandez-Feijoo, B., S. Romero, dan S. Ruiz. 2012. "Effect of Stakeholders' Pressure on Transparency of Sustainability Reports within the GRI Framework". Journals of Bussiness Ethics, Vol., No.122, hlm: 53-63.

Downloads

Published

2025-01-24

How to Cite

Autama, E. K., Agussalim, & Delvianti. (2025). Pengaruh Penerapan Total Quality Management, Sistem Pengukuran Kinerja Dan Penghargaan Terhadap Kinerja Manajerial Departemen Service PT. Astra International Tbk Toyota Auto 2000 Padang . Ekasakti Pareso Jurnal Akuntansi, 3(1), 14–26. https://doi.org/10.31933/epja.v3i1.1209