Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Bumn Go Public di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018

Authors

  • Deril Iriansyah Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Yulia Syafitri Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Novi Yanti Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/epja.v1i2.828

Keywords:

Sustinability Report, Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Nilai Perusahaan

Abstract

Abstract: The purpose of this study is to test whether Disclosure of Sustinability Report (SR) has a partial effect on Firm Value (NP), to test whether Firm Size (UP) has a partial effect on Firm Value (NP), to test whether Profitability (Prof) has a partial effect on Firm Value (NP). Based on the results of multiple linear regression analysis and hypothesis testing, it shows that (1) Sustainability Report has a not significant positive effect on Firm Value, (2) Company size has a significant negative effect on Firm Value, (3) Profitability has a significant negative effect on Firm Value. While the coefficient of determination obtained an Adjusted R Square value of 0.139. 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk menguji apakahPengungkapan Sustinability Report (SR)berpengaruh secara parsial Terhadap Nilai Perusahaan (NP), untuk menguji apakah Ukuran Perusahaan (UP)berpengaruh secara parsial Terhadap Nilai Perusahaan (NP) , untuk menguji apakah Profitabilitas (Prof) berpengaruh secara parsial Terhadap Nilai Perusahaan (NP). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis menunjukkan bahwa (1) Sustinability Report berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (2)Ukuran Perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap Nilai Perusahaan, (3) Profitabilitas berpengaruh negatif signifikan terhadap Nilai Perusahaan. Sedangkan koefisien determinasi diperoleh nilai Adjusted R Squaresebesar 0,139.

References

Aditama Fahad, 2015. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kepemilikan Institusional, dan Pertumbuhan Penjualan terhadap Nilai Perusahaan dengan Kebijakan Hutang sebagai Variabel Intervening pada Perusahaan Manufaktur yang TerdaftardiBEI”.Skripsi.JurusanAkuntansi,FE,UiversitasNegeriSemarang.

Agus Sartono, 2012. Manajemen Keuangan Teori dan Aplikasi. Edisi4. BPFE. Yogyakarta.

Ali. Z, 2008. Hukum Ekonomi Syariah. Sinar Grafika. Jakarta

Ghozali,I.2011.AplikasiAnalisisMultivariatedenganProgramIBMSPSS19(Edisi 5). Semarang: UniversitasDiponegoro.

Kasmir. 2015. Analisis Laporan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Suffah, R. & Riduwan, A. 2016. Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Ukuran Perusahaan dan Kebijakan Dividen pada Nilai Perusahaan. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Volume 5, Nomor 2.

Sugiyono. 2011. Statistik untuk Penelitian. Alfabeta. Bandung.

Sujarweni & Endrayanto, W.D.P. 2012. Statistika untuk Penelitian. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Sutrisno. 2012. Manajemen Keuangan Teori, Konsep dan Aplikasi (8th ed.). Ekonisia. Yogyakarta.

Tjiptono, D & Fakhruddin. 2012. Pasar Modal di Indonesia. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.

Downloads

Published

2023-04-01

How to Cite

Iriansyah, D., Syafitri, Y. ., & Yanti, N. . (2023). Pengaruh Pengungkapan Sustainability Report, Ukuran Perusahaan dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Bumn Go Public di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2018. EKASAKTI PARESO JURNAL AKUNTANSI, 1(2), 122–128. https://doi.org/10.31933/epja.v1i2.828