Pengaruh Growth Opportunities, Debt Covenant, dan Intensitas Modal Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020)

Authors

  • Jendri Nofriadi Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Rice Haryati Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Meri Yani Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/epja.v1i3.917

Keywords:

Growth Opportunities, Debt Covenant, Intensitas Modal, Konservatisme Akuntansi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Growth opportunities, Debt covenant dan Intensitas Modal terhadap Konservatisme Akuntansi pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020 baik secara parsial maupun secara simultan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan. Sumber data pada penelitian ini merupakan data sekunder. Populasi dalam penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2017-2020 berjumlah 184 perusahaan. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sesuai kriteria yang sudah ditentukan. Berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, diperoleh sampel sebanyak 33 perusahaan. . Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regersi linier berganda dan pengujian hipotesisnya menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa secara persial Growth opportunities tidak berpengaruh signifikan  terhadap Konservatisme akuntansi, sedangkan Debt covenant dan Intensitas modal berpengaruh signifikan terhadap konservatisme akuntansi. Secara simultan Growth opportunities, Debt covenant dan Intensitas modal berpengaruh signifikan terhadap Konservatisme akuntansi.

 

Author Biographies

Jendri Nofriadi, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

 

 

Rice Haryati, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

 

 

Meri Yani, Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

 

 

References

Agussalim Manguluang. 2016. Statistik Lanjutan. Cetakan Pertama Ekasakti Press: UNES Padang.

Agustina, Rice, dan Stephen. (2015). Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penerapan Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI. In Seminar Nasional Akuntansi 18.

Alfian, Angga dan Arifin Sabeni. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pemilihan Konservatisme Akuntans. Diponegoro Journal of Accounting,1(1)

Alhayati, Fajri. 2013. Pengaruh Tingkat Hutang (Leverage) dan Tingkat Kesulitan Keuangan Perusahaan Terhadap Konservatisme Akuntansi. Skripsi. Universitas Negeri Padang.

Belkaoui dan Riahi, A. 2004. Accounting Theory Buku 1. Edisi Kelima. Jakarta: Salemba Empat.

Chariri, A., dan Imam Ghozali. 2007. Teori Akuntansi. Edisi III. Badan Penerbit Universitas Diponogoro. Semarang.

Fatmarani. 2013. Pengaruh Struktur Kepemilikan, Debt Covenant dan Growth Opportunities Terhadap Konservatisme Akuntansi pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Negri Padang.

Herdiansyah, Haris. 2013. Wawancara, Observasi, dan Fokus Groups. Jakarta: Rajawali Pers.

Hertina, Riski N dan Zulaikha. 2017. Analisis Penerapan Konservatisme Akuntansi di Indonesia dalam Prespektif Positive Accounting Theory. Diponegoro Jurnal of Accounting,6 (3).

Noor, R.M., Fadzillah, N.S. & Matsuki, N. 2010. Corporate Tax Planning : A Study on Corporate Effective Tax Rates of Malaysia Listed Companies, International Journal of Trade, Economics and Finance.

Nuraini, I. (2017). Pengaruh Growth Opportunities, Leverage, dan Financial Distress terhadap Konservatisme Akuntansi pada perusahaan Farmasi (Studi Empiris di Bursa Efek Indonesia Periode 2010-2015). Jurnal Akuntansi, 1(1), 1-18.

Pilanoria, Fitri. 2016. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, capital Intensity dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Penghindaran Pajak ( studi empiris pada perusahaan yang terdaftar di indeks kompas 100 BEI tahun 2011-2014). Skripsi universitas Padjajaran

Purnama, W., & Daljono (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Rasio Leverage, Intensitas Modal, dan Likuiditas Perusahaan terhadap Konservatisme Perusahaan (Studi pada Perusahaan yang belum menggunakan IFRS). Diponogoro Journal of Accounting, 2(3), 1-11.

Raharjo, R. S., & Dewi, N. U. S. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Rasio Leverage, dan Intensitas Modal terhadap Konservatisme Akuntansi Pasca Adopsi Penuh IFRS. Kolaborasi Riset Dosen dan Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas,1(1), 1-12.

Rahmawati, Fitri. 2010. Pengaruh Karakteristik Dewan Sebagai Salah Satu Mekanisme coorporate Governance terhadap Konservatisme Akuntansi di indonesia”. Skripsi. Universitas Diponogoro. Semarang.

Sinarti dan Mutihatunnisa, S.(2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Rasio Leverage serta Intensitas Modal terhadap Penerapan Konservatisme Akuntansi pada Seluruh Perusahaan Sektor Non Finansial yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014, Journal Of Accounting. Politeknik Negeri Batam.1-6

Siregar, R. dan Widiyawati, D. (2016). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak Pada PerusahaanManufaktur di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, Vol. 5, (No. 2), hal 1-17.

Sulastri, Aes, Sri M. dan Ichi, 2018. Analisis Pengaruh ASEAN Comporate Governance Scorecard, Leverage, Size, Growth Opportunities dan Earning Pressure terhadap Konservatisme Akuntansi. Accounting Research journal of Sutaatmadja, Vol 1 (1).

Susanto, B dan R. T. 2016. Faktor-Faktor yang mempengaruhi Konservatisme. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi, 23(2), 142-151.

Susilo, Tri Pujadi dan Jundi Mangku Aghni. 2017.” Analisis Pengaruh Kepemilikan Intitusional, Debt Covenant, Growth Opportunities, dan Profitabilitas terhadap Konservatisme Akuntansi”, Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial Universitas Bakrie.

Velayati, Reyna (2014). Analisis Efisiensi dengan pendekatan data Envelopment Analysis (DEA) dan Pendapatan Usaha Talas di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor. Skripsi Institut Pertanian Bogor: Tidak diterbitkan.

Wahyuni, Dewi urip. 2008. “Pengaruh Motivasi, Persepsi dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Merek “Honda” di Kawasan Surabaya Barat “. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10, No. 1. Universitas Kristen Petra.

Watts, R. L., 2003a. “Conservatism In Accounting Part I: Explanations And Implications” Journal of Accounting and Economics. 207-221. http://ssrn. Com/abstract=414522

http://junaidichaniago.wordpress.com

http://idx.co.id

http://detikfinance.com

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Nofriadi, J., Rice Haryati, & Meri Yani. (2023). Pengaruh Growth Opportunities, Debt Covenant, dan Intensitas Modal Terhadap Konservatisme Akuntansi (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2020). EKASAKTI PARESO JURNAL AKUNTANSI, 1(3), 284–296. https://doi.org/10.31933/epja.v1i3.917

Most read articles by the same author(s)