PENGARUH SISTEM AKUNTANSI MANAJEMEN DAN KETIDAKPASTIAN LINGKUNGAN TERHADAP KINERJA MANAJERIAL PADA PT. INDOSAT REGIONAL SUMATERA BARAT CABANG KOTA PADANG

Authors

  • Putri Soleha
  • Salfadri
  • Yuli ardiany

Keywords:

Sistem Akuntansi Manajemen, Ketidakpastian Lingkungan, dan Kinerja Manajerial

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh sistem akuntansi manajemen dan ketidakpastian lingkungan terhadap kinerja manajerial pada PT. Indosat, Tbk Regional Sumatera Barat Cabang Padang baik secara parsial maupun secara simultan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara angket atau kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: 1) Sistem Akuntansi Manajemen berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Manajemen pada PT. Indosat Regional Sumatera Barat Cabang Padang. Hal ini diketahui dari hasil pengujian hipotesis uji t dimana t hitung sebesar 2,821 yang lebih besar dari t tabel sebesar 2,045 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,009 < 0,05. 2) Ketidakpastian Lingkungan tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Manajemen pada PT. Indosat Regional Sumatera Barat Cabang Padang. Hal ini diketahui dari hasil pengujian hipotesis uji t dimana t hitung sebesar -1,279 yang lebih kecil dari t tabel sebesar 2,045 atau dapat dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,211 > 0,05. 3) Sistem Akuntansi Manajemen dan Ketidakpastian Lingkungan terhadap berpengaruh signifikan Kinerja Manajemen pada PT. Indosat Regional Sumatera Barat Cabang Padang. Hal ini diketahui dari nilai F hitung 4,175 yang lebih besar dari nilai F tabel sebesar 3,29 dengan nilai sig yang dihasilkan dari perhitungan adalah 0,026 yang lebih kecil dari ? yang digunakan sebesar 0,05.

References

Achmad Bashirudin, 2015. Pengaruh sistem informasi akuntansi manajemen, human capital dan ketidakpastian lingkungan terhadap kinerja manajerial pada Baitul Maal Wat Tamwil di Wilayah DKI Jakarta. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Arikunto, S. 2015. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Aswida, Lisna. 2014. Perencanaan dan Pengendalian Manajemen. Gunadarma, BBAK News.
Bambang, Hariadi. 2014. Strategi Manajemen. Bayumedia Publishing, Jakarta. Bouwens, Jan dan Margaret A. Abernethy. 2016. The Consequences of Customization on Management Accounting System Design, Accounting Organization and Society, pp.221-241.
Desmiyawati, 2015. Pengaruh Desentralisasi, Ketidakpastian Lingkungan dan Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial Pada Perusahaan Perbankan yang ada di Pekanbaru. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Riau. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, Vol 2, No 3.
Dess, G. G. and Beard, D. W., 1984, Dimensions of Organizational Task Environments, Administrative Science Quarterly, 29(1), pp. 52–73.
Duncan, Tom. 2014. Principles of Advertising and IMC. 2nd edition. McGraw, Hill.
Ernawati, 2015. Pengaruh Strategi Bisnis dan Ketidakpastian Lingkungan terhadap Hubungan antara Informasi Broad Scope Sistem Akuntansi Manajemen dan Kinerja Manajerial. Universitas Negeri Sebelas Maret. Jurnal Akuntansi dan Investasi Vol. 6 No. 1.
Fanny Paylosa, 2014. Pengaruh Strategi Bisnis dan Desentralisasi Terhadap Hubungan Antara Pemanfaatan Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Dan Kinerja Manajerial (Studi Empiris Pada Perusahaan Jasa Perhotelan di Kota Padang dan Bukittinggi). Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Padang. Jurnal Akuntansi Vol 2, No 1.
Firmansyah, Hendri. 2015. Pengaruh Sistem Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Persepsi Ketidakpastian Lingkungan Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada PT. Indosat Tbk. Bandung). Fakultas Ekonomi Universitas Widyatama, Bandung. Jurnal Akuntansi Vol 6, No 1.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. SPSS 20 (edisi keenam.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Gibson, James L., Donnelly Jr, James H., Ivancevich, John M., Konopaske, Robert. 2016. Organizationa Behavior, Structure, Processes, Fourteenth Edition (International Edition).1221 Avenue of The Americas, New York, NY 10020: McGraw-Hill.
Handoko. T. Hani. 2016. Manajemen. Edisi 2. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta
Hansen, Don R & Mowen, Maryanne M. 2015. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Henry Simamora. 2014. Pengantar Akuntansi II. Jakarta: Salemba Empat. Ikatan Akuntan Indonesia, 2018. Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 45 Pelaporan Keuangan Entitas Nirlaba.
Ira Rahmawati, 2017. Pengaruh Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen terhadap Kinerja Manajerial dengan Ketidakpastian Lingkungan sebagai variabel moderating. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Bandung. Jurnal Prosiding Akuntansi, Vol 3, No 2. Hal 64
Jihen Ginting, 2014. Akuntansi Manajemen. Medan: Unimed Press.
Lia Andrini, 2015. Pengaruh Sistem Informasi Akuntansi Manajemen Terhadap Kinerja Manajerial dengan Variabel Moderating Strategi Bisnis, Ketidakpastian Lingkungan, dan Desentralisasi (Studi pada Krakatau Steel (Persero) Tbk Group). Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan. Jurnal Akuntansi Vol 4, No 1.
Lisa Khairina Putri, 2014. Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan Dan Strategi Bisnis Terhadap Kinerja Manajerial Dengan Karakteristik Sistem Akuntansi Manajemen Sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Perusahaan Jasa Perhotelan di Kota Padang dan Kota Bukittinggi). Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Akuntansi, Vol 2, No 2.
Luthans, Fred. 2015. Organizational Behavior : An Evidence-Based Approach. New York: McGraw-Hill.
Moh. Nazir. Ph.D. 2016, “Metode Penelitian”. Bogor: Ghalia Indonesia.
Mukti, Bayu Priyo. 2014. Lingkungan Bisnis. Academia.edu
Mulyadi, 2014. Sistem Perencanaan & Pengendalian Manajemen. Jakarta: Salemba Empat.
Nurmala Sari, 2014. Pengaruh Ketidakpastian Lingkungan Terhadap Kinerja Perusahaan Melalui Karakteristik Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Sebagai Variabel Intervening. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang. Jurnal Akuntansi Vol. 1, No. 3.
Rita Eni Purwanti & Indah Nugraheni. 2014. Siklus AKuntansi. Yogyakarta: Kanisius.
Rudianto. 2015. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Erlangga
Sabarudin Muslim, dkk. 2016. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat
Saydam, Gouzali, 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resource) Suatu Pendekatan Mikro. Djanbatan, Jakarta.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Supriyono, R.A. 2014. Akuntansi Biaya, Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Syamsuddin, Lukman, 2015. Manajemen Keuangan Perusahaan. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Downloads

Published

2021-09-07

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >> 

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.