PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIRE SHARE DISERTAI MIND MAP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS SISWA KELAS X SMA PADA MATERI EKOSISTEM. SKRIPSI. UNIVERSITAS MAHAPUTRA MUHAMMAD YAMIN. SOLOK.
DOI:
https://doi.org/10.31933/ejpp.v4i1.1034Keywords:
Think Paire Share, Mind Map, Critical Thinking Ability, creativityAbstract
The purpose of this study is to determine whether the think pair share and mind map learning models have an influence on students' critical thinking skills in class X SMA, as well as their relationship with their creativity with ecosystem material. This study used a quasy experiment with a one group pretest-posttest design. Students of SMAN 1 Payung Sekaki formed the population. The number of students used was 25 people. In data collection, mean difference test technique (t-test) was used. The pre-test result was 68.20 rising to 85.20, and the paired t-test result was 9.106 rising to 1.697, with a probability value below 0.05 (0.000 <0.05). This shows that the Think Pair Share and Mind Map learning models have an impact on critical and creative thinking skills in Class X SMA on ecosystem material. Thus, it can be concluded that students in Class XE2 of SMAN 1 Payung Sekaki showed improvement in their critical thinking ability and creativity related to ecosystem material.
References
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Utama. DePotter, B. 2008. Quantum Learning. Bandung: Kaifa.
------------. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Permendikbud 81 A. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum Pedoman Umum Pembelajaran.
Prihastuti, L., & Riyadi, A. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 29–34.
Wati, D. D. E., & Dewi, R. K. (2018). Validitas Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Mind map dengan Variasi Tebak Kata untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 149-154.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di Ekasakti Jurnal Penelitian & Pegabdian (EJPP).