Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018)

Authors

  • Agung Agung Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Delvianti Delvianti Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Andre Bustari Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/epja.v1i4.941

Keywords:

Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, Beban Pajak Tangguhan, Manajemen Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Profitabilitas yang diproksikan dengan ROA, Pertumbuhan Penjualan, dan Beban Pajak Tangguhan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba pada perusahaan LQ 45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia baik secara parsial maupun simultan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif yang bersumber dari laporan keuangan perusahaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda dan pengujian hipotesis menggunakan uji t dan uji f. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial Profitabilitas dan Beban Pajak Tangguhan tidak berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba dan Pertumbuhan Penjualan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba. Sedangkan secara simultan Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Beban Pajak Tangguhan berpengaruh signifikan terhadap Manajemen Laba.

References

Agussalim Manguluang, 2016. Metodologi Penelitian, Ekasakti Press, Padang.

Enni, Savitri,. 2014. Analisis Pengaruh Leverage dan Siklus Hidup terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Real Estate dan Property yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal ekonomi dan bisnis.

Gunawan, dkk., 2015. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Leverage Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). E-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha

I Putu, A., Sucita, W., & I Made, K, U., 2014. Pengaruh Profitabilitas, Struktur Aset, Dan Pertumbuhan Penjualan Terhadap Struktur Modal Serta Harga Saham. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana.

Jones, Jennifer J, 1991. Earnings management during import relief investigations. Journal of accounting research.

Kesuma, 2014. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Dalam Penilaian Kinerja Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan.

Nova, Sukaria, (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia, Jurnal Akuntansi.

Riske, M, A., & Basuki, H, P, 2014, Pengaruh struktur kepemilikan manajerial dan praktik corporate governance terhadap manajemen laba, Jurnal of accounting.

Siti, Nayiroh,. 2014. Analisis Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Praktik Manajemen Laba. Jurnal Ekonomi.

Thomas, J, Sibarani., Nur , H., & Surtikanti., 2015, Analisis pengaruh beban pajak tangguhan, discretionary accruals, dan arus kas operasi terhadap manajemen laba, Jurnal riset akuntansi dan perpajakan.

Tiara, T., & Rezwan, R, M, 2015, pengaruh aset pajak tangguhan dan beban pajak tangguhan terhadap manajemen laba, Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi.

Widarjo, 2015. Pengaruh Rasio Keuangan terhadap Kondisi Financial Distress Perusahaan Otomotif. Jurnal Bisnis dan Akuntansi

Yofi, P., Agustia & Elly Suryani, 2018. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Leverage, Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba, Jurnal Aset Ekonomi.

Ross, Stephen, dkk. 2018. Pengantar Kuangan Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Harnanto. 2014. Perencanaan Pajak. Yogyakarta: BPFE. Cetakan Kedua.

Hery. 2015. Analisis Laporan Keuangan. Edisi 1. Yogyakarta: Center For Academic Publishing Services.

Horne, James C. Van dan John M Wachowicz, Jr. 2014. Prinsip-prinsip Manajemen Keuangan (Edisi 13). Jakarta : Salemba Empat.

Imam, Ghozali. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 24 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irham Fahmi, 2017. Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Ke-4. Bandung: Alfabet.

Kasmir, 2016. Analisis Laporan Keuangan. Edisi Satu. Cetakan Ketujuh. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Mamduh M. Hanafi, 2015. Manajemen Keuangan. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Purba, Marisi P.2014. Akuntansi Pajak Penghasilan: Berdasarkan Undang Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat atas Undang Undang Nomor 7 Tahun 1983 tentang Pajak PenghasilaI. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sri Sulistyanto, 2014. Manajemen Laba, Teori dan Model Empiris. Jakarta :Grasindo.

Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan. Edisi Ke-3. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Waluyo, 2014. Perpajakan Indonesia. Jakarta : Salemba Empat.

Iqbal Rahmat Akbar, Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Pertambangan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi fakultas ekonomi: Universitas Ekasakti

Riska Nirwanan Sari, Pengaruh Beban Pajak Tangguhan, Perencanaan Pajak dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi fakultas ekonomi: Universitas Pakuan Bogor.

Sesti Yurfita Sari (2015), Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi fakultas ekonomi: Universitas Riau Pekanbaru.

Syarah Aulia Tasya (2018), Pengaruh Profitabilitas, Leverage, Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba, Skripsi fakultas ekonomi dan bisnis: Universitas Pasuruan Bandung.

Veni Z, 2019, Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan Terhadap Manajemen Laba Dengan Good Corporate Governance Sebagai Variabel Moderating, Skripsi fakultas ekonomi dan bisnis: Universitas Islam Malang.

https://finance.yahoo.com

Web.idx.co.id

WWW.Sahamok.com

Downloads

Published

2023-10-05

How to Cite

Agung, A., Delvianti, D., & Bustari, A. . (2023). Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan dan Beban Pajak Tangguhan Terhadap Manajemen Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan LQ 45 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016-2018). EKASAKTI PARESO JURNAL AKUNTANSI, 1(4), 315–325. https://doi.org/10.31933/epja.v1i4.941

Most read articles by the same author(s)