PENGARUH POSITIONING TERHADAP BRAND IMAGE COCA-COLA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS EKASAKTI PADANG
Keywords:
Positioning, Brand ImageAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator-indikator apakah yang dominan pada positioning dan brand imageserta apakah pengaruh positioning terhadap brand image coca-cola pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti Padang (secara parsial). Sampel dalam penelitian ini 94 orang penentuan responden dipilih dengan menggunakan Accidental Sampling. Metode analisis yang digunakan adalah model regresi Sederhana. Berdasarkan hipotesis Hasil pengujian hipotesis ini telah membuktikan terhadap pengaruh yang positif dan signifikan antara positioning terhadap brand image.
References
Agussalim Manguluang. 2016. Statistik. Ekasakti Press, Padang
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi Revisi 5. Jakarta: Rineka Cipta
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian . Jakarta: Rineka Cipta
Hasan, Ali. 2009. Marketing. Yogyakarta: Media Pressindo
Usman, Husaini. 1995. Pengantar Statistika, Jakarta: Bumi Aksara
Idris. 2006. Pelatihan analisis SPSS. Padang: Himpro Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.
Idris. 2008. Aplikasi Model Analisis Data Kuantitatif Dengan Program SPSS. Edisi revisi III. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang
Irawan, Prasetya. 1999. Logika dan Prosedur Penelitian. Jakarta: STIA Lembaga Administrasi Negara.
Kartajaya, Hermawan. 2009. Hermawan Kartajaya On Marketing. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Kartajaya, Hermawan 1999. Marketing Plus 2000,Siasat Memenangkan Persaingan Global. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Keller.K.L. 2013. Conceptualizing, Measuring, and managing customer based brand equity. Journal of Marketing, Vol.57,1-22.
Kotler, Phillip. 2002. Manajemen Pemsaran Jilid 1. Terjemahan Hendra Teguh et. Al.Jakarta: Prenhallindo.
Kotler, Phillip.2004. Marketing Insight from A to Z. Terjemahan Anies Lastiati. Jakarta: Erlangga.
Rangkuti, Freddy. 2008. The Power Of Brand, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Ries, Al dan Jack Trout. 2002. Positioning The Battle For Your Mind. Terjemahan Bertha Lucia. Jakarta: Salemba Empat
Riduwan. 2004. Metode Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta
Rumambi, Leonit J. 2007. Sejarah Perjalanan Bisnis Coca Cola Global, HidupAla Coca Cola; Marketing Madness Series. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Ruslan, Rosady. 2004. Metode Penelitian Publik Relations dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Santoso, Singgih. 2008. Panduan Lengkap SPSS 16. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo
Setiadi, Nugroho J. I. 2003. Perilaku Konsumen. Jakarta: Kencana.
Simamora, Bilson. 2004. Panduan Riset Prilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama..
Suyanto, M. 2005. Strategi Perancangan Iklan Televisi Perusahaan Top Dunia. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandi. 2005. Brand Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Tjiptono, Fandi. 2002. Strategi Management. Yogyakarta: ANDI.
Umar, Husain. 1999. Metodologi Penellitian Aplikasi dalam Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ruslan, Rosady. 2004. Metode Penelitian Publik Relations dan Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Buku (2-6 Penulis)
Durianto, Darmadi, Sugiarto dan Tony Simanjuntak. 2001. Strategi menaklukkan Pasar Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek.Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Dewi, Ferrina 2009. Merek dan Psikologi Konsumen, Implikasi pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Indriantoro, Nur & Supomo, Bambang. 1999. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi & Manajemen. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan kevin Lane Keller. 2012. Marketing Management 13. New Jersey: Pearson Prentice Hall,Inc.
Paul, Temporal dan Kc Lee. 2002 . Hi Tech Hi Touch Branding. Terjemahan Anastasia. Jakarta: Salemba Empat.
Paper dalam jurnal
Abror. 2007. Kesadaran Merek Dan Image Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang Tentang Produk Minuman Ringan. Jurnal Economac (Volume 7 Nomor 1). Hlm. 9-18
Edy, Rizal. 2007. Positioning Pelumas Mesran Berdasarkan Presepsi Konsumen. Jurnal Media Riset & Manajemen (Volume 7, Nomor 1). Hlm 1-34
Ukhriyawati, Factur, Catur . 2014. Pengaruh Repositioning Advertising dan Personal Selling terhadap Brand Image Keripik Kari Batam .
Pujadi, Bambang. 2010. Studi tentang pengaruh citra merek terhadap minat beli melalui sikap terhadap terhadap merek (kasus pada merek pasta gigi ciptadent di Semarang). Program studi magister manajemen. Semarang : Universitas Diponegoro.
Yudistria, Murni. 2004. Faktor-faktor Penentu Citra Universitas Bung Hatta sebagai Lembaga Pendidikan Tinggi Menurut Presepsi Mahasiswa, Tesis Tidak Diterbitkan. UNP. Padang.
Eva. 2000. Perencanaan Pemasaran: repositioning coca cola dengan perubahan slogan (Online) www. dosen.stiki.ac.id. Diakses Tanggal 10 November 2017.
Hendra, Taufik. 2008. Positioning. (Online).www.midas-solusi.com. Diakses pada tanggal 10 November 2017.
Hidayat, Taufik. 2007. Cara Coca-Cola Remajakan Produk. (Online) www.swa.com. Diakses pada tanggla 10 November 2017.
Januariani, Dewi. 2004.Analisa pengaruh retargeting dan repositioning terhadap minat beli konsumen Kafe Exposee Surabaya,Skripsi Dipublikasikan.Universitas Kristen Petra.Surabaya.(Online) www.digilib.petra.ac.id. Diakses tanggal 10 November 2017.
Joko. 2007. Coca-Cola Luncurkan Kampanye Hidup Positif (Online) www.rileks.com. Diakses tanggal 10 November 2017.
Teja Kusuma, Agung. 2003. Kasus Iklan Komparatif Pepsi VS Coca Cola, dalam Dasar-Dasar Pengiklanan (Online)www.agungteja.blogspot.com. Diakses Tanggal 15 November 2017
Wicaksono, divera. 2005. Coca Cola Ingin Ulangi Kesuksesan Dengan Budaya Lokal (Online) www.wartaekonomi.com. Diakses tanggal 15 Oktober 2017.