PENGARUH HARGA, IKLAN, DAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID SAMSUNG GALAXY SERIES DI KOTA PADANG

(Studi Kasus Samsung Center Padang)

Authors

  • Widarman Buulolo
  • Rina Asmeri
  • Tifani Ratu Firdaus

Keywords:

Harga, Iklan, dan Citra Merek (Brand Image), Keputusan Pembelian, Smartphone Android Samsung Galaxy Series

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh Pengaruh Harga, Iklan, Dan Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Galaxy Series Di Kota Padang (Studi Kasus Samsung Center Padang).

Pengolahan data dalam penelitian  ini adalah  menggunakan model regresi berganda. Sumber data dalam  penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari responden penelitian melalui kuesioner yang disebar. Sampel yang diambil dalam penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 orang.

Hasil analisis dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel harga berpengaruh positif sigmifikan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Galaxy Series di Kota Padang nilai signifikasi 0,008. Variabel iklan berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Galaxy Series di Kota Padang ? (0,027 < 0,05). Variabel Citra Merek (Brand Image) berpengaruh positif terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Galaxy Series di Kota Padang nilai signifikansi ? (0,000 < 0,05). Variabel Harga, Iklan, dan Citra Merek (Brand Image) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Android Samsung Galaxy Series di Kota Padang dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti 0,000 < 0,05.

References

Adriyawati, F., M, A., & Yulistia. (2021). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Secara Online Pada Situs Lazadadi Kalangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unes-Aai Padang. Jurnal Matua, 3.
Anugrah, M., & Haryati, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Handphone di Counter Zonafone Padang. Jurnal Matua, 2. Recuperato da http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf
Assauri, S. (2019). Manajemen pemasaran: dasar, konsep den strategi (pag. 77). CV Rajawali.
Bayu Prawira, & Yasa, N. N. K. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Smartphone Samsung Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen, 3.
Durianto, Darmadi, Sugiarto, dan L. J. B. (2019). Brand Equity Ten?: Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia.
Fatihudin. (2017). Globalisasi Pemasaran (Marketing Globalization) (pag. 54).
Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV.Bumi Utama.
Jefkins, F. (2017). Periklanan. Jakarta: Erlangga.
Kotler, & Amstrong. (2016). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Kotler dan Amstrong. (2014). Prinsip-Prinsip Pemasaran Jilid I. In Erlangga (pag. 12).
Kotler, P. and K. L. K. (2016). . Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education. Jakarta: Inc.
Makaleuw, Sumarauq, O. (2018). Pengaruh Citra Merek, Fitur Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Pt. Gemilang Emas Indonesia Cabang Manado). Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6.
Melda Mei Liana, T. (2019). Pengaruh Iklan Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Pada Mahasiswa Universitas Hkbp Nommensen Medan. Jurnal Ilimiah Simantek, 3.
Muhammad Rizki Zulmi, Bakkareng, & Tifani. (2019). Pengaruh Strategi Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mobil Toyota Avanza Pada PT. Auto 2000 Cabang Khatib Sulaiman Di Padang. Jurnal Matua, 1.
Musay, F. P. (2013). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya.
Putri, N. P. J. M., & Kusumadewi, N. M. W. (2018). Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall’s Magnum. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7.
Saladin, D. (2016). Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran, cetakan keempat. Bandung: Linda Karya.
Sekaran, U. (2016). Metodologi Penelitian untuk Bisnis (4° ed.). Jakarta: Selemba Empat.
Setiawaty, N. (2017). Pengaruh Iklan, Citra Merek, Dan Kepercayaan Merek Terhadap Minat Beli Konsumen Smartphone Samsung Galaxy Series (Studi Kasus Mahasiswa/I Universitas Gunadarma, Depok). Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 22.
Sugiyono, S. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D Cetakan 17. Bandung: CV Alfabeta.
Sumarwan, U. (2019). Model Keputusan Konsumen. Perilaku konsumen.
Sumawihardja, H. S., & Suparlan, S. (2016). Intisari manajemen pemasaran (pag. 89). Remaja Rosdakarya.
Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalias Pelanggan. Yogyakarta: Penerbit Deepublish.
Sutisna. (2016). Perilaku Konsumen: Teori dan penerapannya dalam Pemasaran. Ghalia Indonesia, Jakarta.

Downloads

Published

2022-09-02

How to Cite

Widarman Buulolo, Rina Asmeri, & Tifani Ratu Firdaus. (2022). PENGARUH HARGA, IKLAN, DAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE ANDROID SAMSUNG GALAXY SERIES DI KOTA PADANG: (Studi Kasus Samsung Center Padang). Matua Jurnal, 4(3), 509–526. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/660

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 

You may also start an advanced similarity search for this article.