PERANAN ATRIBUT TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN MOTOR PADA PT. YAMAHA PADANG

(Study Kasus Yamaha Cabang Tarandam Padang)

Authors

  • Syeprianti
  • Tifani Ratu Firdaus

Keywords:

Peranan Atribut, Peningkatan Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui indikator yang dominan baik variabel atribut maupun variabel penjualan motor; (2) Untuk mengetahui pengaruh atribut terhadap peningkatan penjualan motor pada PT Yamaha Tarandam Padang. Data penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada 84 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi sederhana, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa indikator peranan atribut yang paling dominan pada PT Yamaha Tarandam Kota Padang adalah gaya dan desain yang memiliki nilai rata 4.08 dengan TCR sebesar 81.6%. Indikator peningkatan penjualan yang paling dominan adalah menunjang pertumbuhan perusahaan dengan TCR sebesar 80.0%. Peranan atribut berpengaruh signifikan terhadap peningkatan penjualan motor pada PT Yamaha Tarandam kota Padang. Pengaruh peranan atribut terhadap peningkatan penjualan motor pada PT Yamaha Tarandam kota Padang adalah 36,9% Sedangkan sisanya sebesar 63,1% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

References

Abdullah, T. dan Tantri, F. (2012). Manajmen pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto. (2013). Metode Ramalan Kuantitatif Untuk Perencanaan. Jakarta: Gramedia.
Ghozali, I. (2012). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Gramedia Pustaka Utama.
Hati, S.W. dan Aryani. (2017). Analisis Atribut Produk yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Yamaha Mio J F1 CW. Jurnal valuta, ISSN:2502-1419, Vol 3 No 1.
Huda, N. dan Nurchayati. (2018). Pengaruh Atribut Produk, Iklan, Harga, dan Kebutuhan Mencari Variasi Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Ke Yamaha NMAX. Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, ISSN: 2302-2752, Vol. 7, No. 1.
Kotler, P. (2014). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2012). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Manguluang, A. (2015). Statistik Dasar. Edisi ke 1. Padang: Ekasakti press
Soewito, Y. (2013) Kualitas Produk, Merek dan Desain Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Mio. Jurnal administrasi bisnis, Vol 28, No 1.
Umar, H. (2014). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Edisi-2. Cetakan ke-13. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2020-08-14