PERANAN SALES PROMOTION DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN SEPEDA MOTOR MEREK HONDA PADA PT. AMANAH PERDANA MANDIRI LUBUK ALUNG

Authors

  • Wega Defrinadi Putri mj
  • Rice Haryati
  • Sunreni

Keywords:

Sales Promotion, Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peranan Sales Promotion Dalam Meningkatkan Penjualan Sepeda Motor Merek Honda Pada PT. Amanah Perdana Mandiri Lubuk Alung. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik, regresi sederhana, koefisien determinasi dan pengujian hipotesis uji t. Populasi dalam penelitian ini ada 2.193 konsumen dengan sampel sebanyak 96 konsumen. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, didapatkan hasil TCR menunjukkan bahwa indikator paling dominan pada variabel X adalah kupon sebanyak 85% yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil pengujian uji t menunjukkan bahwa variabel sales promotion berpengaruh signifikan terhadap penjualan dimana didapati t hitung sebesar 5.691 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.98552. Sehingga t hitung > t tabel dan  nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000 < 0,05 sehingga sales promotion berpengaruh signifikan terhadap penjualan PT. Amanah Perdana Mandiri.

References

Abdullah, Thamrin dan Francis Tantri. 2016. Manajemen Pemasaran. Depok : PT Raja Grafindo Persada.
Achadyah Prabawati. 2013. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Volume Penjualan Produk Baygon Di PT. Omni Megajasa Indoprima Jember.
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.
Ali Hasan. 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. 2013. Yogyakarta:CAPS.
Assauri, Sofjan. 2013. Manajemen Pemasaran. Jakarta:Rajawali Pers.
Basu Swastha Dharmmesta. 2014. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Buchari Alma, 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta.
Craig & Grant. 2016. Manajemen Strategi. Jakarta: Alex Media Komputindo Kelompok Gramedia.
Dewi Rompis. 2017. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Tridjaya Mulia Sukses.
Dharmmesta, Basu Swasta., Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.
Dhita Adriani Rangkuti. 2018. Pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Volume Penjualan Yamaha Scorpio Z Di PT. Alfa Scorpii Sentral Yamaha-Medan.
Firman Satriawan. 2016. Pengaruh Sales Promotion Terhadap Penjualan Mobil Merek Tata Motors Di Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GHAS) 2015.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universita Diponegoro.
Gitosudarmo, Indiryo. 2014. Manajemen Pemasaram. Cetakan Ketiga, Edisi Kedua. Yogyakarta:BPFE.
Hani, T. Handoko. 2014. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. BPFE-Yogyakarta. Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Ika Lis Mariatun. 2017. Pengaruh Saluran Distribusi, Harga dan Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Home Industri Tempe Putra KL Kecamatan Socah Tahun 2016.
J.Paul Peter, James H. Donnelly, Jr. 2011. A Preface to Marketing Management. Twelfth Edition. New York:Mc Graw Hill.
Kasmir, 2016. Analisis Laporan Keuangan, Cetakan ke – 9, PT. Rajagrafindo Persada, Jakarta.
Kotler, Keller. 2016. Marketing Management. 15e, Boston, Person Education.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
N. Nym Yulianthini, N. L. Henny Andayani, 2016. Analisis Marketing Mix Pop Hotel Singaraja.
Panji Awan Ramadhan. 2017. Pengaruh Promosi dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Rajawali Nusindo Cabang Malang.
Rahmat Priyanto. 2018. Peranan Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Produk Rajutan di CV. Konta Djaya Binong Jati.
Rami Syah Putri. 2015. Pengaruh Promosi Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan Mobil Mitsubishi Pada PT. Pekan Perkasa Berlian Motor Pekanbaru.
Rangkuti, Freddy. 2013. Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Salju. 2015. Analisis Pengaruh Promosi Terhadap Penjualan Suku Cadang Pada Bengkel Jakarta Kecamatan Sukamaju.
Sumarni, Murti dan Soeprihanto, John. 2010. Pengantar Bisnis (Dasar-Dasar Ekonomi Perusahaan). Yogyakarta:Liberti Yogyakarta.
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Jakarta:PT. Buku Seru.
Suparyanto, Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor:In Media.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Jakarta:Gramedia Cawang.
Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta:Andi.
Ugeng Budi Haryoko. 2018. Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Pencapaian Volume Penjualan Pada PT. Midi Utama Indonesia Cabang Raden Patah Cileduk.

Downloads

Published

2022-03-05