PENGARUH BAURAN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN MOTOR YAMAHA MIO M3 CW PADA CV. TJAHAJA BARU DI MUARA LABUH, SOLOK SELATAN

Authors

  • Novia Anggraini
  • Teti Chandrayanti
  • Tifani Ratu Firdaus

Keywords:

produk, harga, distribusi, promosi, dan volume penjualan

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah produk, harga, distribusi, dan promosi berpengaruh dalam meningkatkan volume penjualan motor Yamaha Mio pada CV. Tjahaja Baru Di Muara Labuh, Solok Selatan baik secara parsial maupun secara simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitaif. Sumber data yang dipergunakan adalah data sekunder dengan metode pengambilan  sampel  memakai  teknik  purposif  sampling.  Metode  yang  digunakan  adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa produk dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan dalam meningkatkan volume penjualan, sedangkan harga dan distribusi secara parsial tidak berpengaruh signifikan dalam meningkatkan volume penjualan. Dan produk, harga, distribusi, dan promosi secara simultan berpengaruh signifikan dalam meningkatkan volume penjualan.

References

Agussalim, Manguluang. 2017. Statistik. Padang :Ekasakti Press.
Alma, Buchari. (2014). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.
Daryanto. 2011. Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM.SPSS. Semarang : Universitas Diponegoro.
Gugup, Kismono. 2011. Bisnis Pengantar. Yogyakarta : BPFE.
Hamali, Arif Yusuf. 2016. Pemahaman Strategi Bisnis & Kewirausahaan.Edisi 1, Cetakan Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group.
Hayani, Harahmi. 2012. Manajemen Pemasaran Bagi Pendidikan Ekonomi. Pekan Baru: Suska Press.
Kasmir dan Jakfar.(2012). Studi Kelayakan Bisnis. Jakarta: Kencana.
Kotler, Philip dan Amstrong, Gary, (2014), Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip, dan Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13.Jilid 1.Jakarta :Erlangga.
Kotler, Philip, dan Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management. 14th Edition United States of America : Pearson
Lupiyoadi. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba.
Morissan. 2015. Komunikasi Pemasaran Terpadu. Edisi 1, Cetakan Keempat. Jakarta: Prenadamedia Group
Mursid, M. 2015. Manajemen Pemasaran. Edisi 1, Cetakan Kedelapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sunyoto, Danang. (2013). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran.Yogyakarta: CAPS.
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media.
Swastha, Basu, DH, dan Irawan (2014).Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Liberty.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Andi.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4. Yogyakarta: ANDI.
Aulia, A. (2020). Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Peningkatan Penjualan Pada Pt Matramas Motor Alauddin Makassar.Economix, 7(2).
Hartini, I. (2020). Pengaruh Biaya Promosi dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Motor Yamaha Mio Soul Pada PT. Thamrin Brathers Lahat. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 17(4), 321-328.
Hasanah, N. (2019). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Volume Penjualan Pada Yamaha Suryanata Motor Amuntai.Inovatif, 1(1).
Heri, H., & Sihombing, S. M. (2018). Analisis Pengaruh Dimensi Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Sepeda Motor Honda (Studi pada PT. Capella Dinamik Nusantara Riau). INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 1(3), 382-396.
Hidayat, R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Mobil Suzuki Pada PT Prima Mobil Madura Sumenep. (Doctoral dissertation, Universitas Wiraraja)
Jirapornkul, P., & Patanathabutr, R. Marketing Strategies Of The “Pj Motorbike” To Increase Sale Volume Of Used Motorcycle Business, Khonkaen.
Nurfitriyenni, N. (2019). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Penjualan Motor Bekas pada Dealer Syaf Motor di Bukittinggi.JUSIE (Jurnal Sosial dan Ilmu Ekonomi), 3(02), 193-202.
Prasetio, G. (2013). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Honda Supra X 125 Pada Pt. Hoho Pangkalan Kerinci (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Rangkuti, D. A. (2018). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Volume Penjualan Yamaha Scorpio Z Di Pt. Alfa Scorpii Sentral Yamaha- Medan. JRMB (Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis), 3(1).
Reynaldi, E. (2013). Pengaruh Biaya Promosi dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan CV.Fortuna Motor Tasikmalaya. (journal.unsil.ac.id/download.php?id=3134, diakses 21 Mei 2014).
Rompas, D., Tumbuan, W. J., & Sumarauw, J. S. (2017).Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Tridjaya Mulia Sukses. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(3).
Syamsu, A. K. (2014). Peranan Bauran Promosi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Dealer Sepeda Motor Honda Pt Nusantara Surya Sakti Bululawang) .Jurnal Administrasi Bisnis, 16(1).
Tambajong, G. (2013). Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap Penjualan Sepeda Motor Yamaha Di PT. Sarana Niaga Megah Kerta Manado.Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).
Tinungki, D. D., Tampi, J. R., & Punuindoong, A. Y. (2018).Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Tingkat Penjualan Motor Yamaha Mio M3 Pada PT. Hasjrat Abadi Cabang Tumpaan. Jurnal Administrasi Bisnis (Jab), 6(003).
Tnk, A. F. A., Safitri, U. R., & Margantika, A. R. (2021).Promotion Effect Analysis On The Sales Volume Of Honda Motorcycle At Pt Timbul Mandiri Jaya Boyolali. International Journal Of Multi Science, 1(10), 113-122.
Unaaha, H. A. P. Analysis Of Promotion In Increasing Sales Volume In Pt. Yudiyanto, D. S., Hafidh Munawir, S. T., & Eng, M. (2016).Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Sepeda Motor Suzuki (Studi Kasus pada PT. Sumber Baru Jaya Gemilang Kabupaten Boyolali). (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Downloads

Published

2022-06-18