PENGARUH KOMPENSANSI, KEPEMIMPINAN DAN DISIPLIN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGRI SIPIL DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN MERANGIN

Authors

  • M Ibnu Fajri Rahmatullah mj

Keywords:

Kompensansi, Kepemimpinan, Disiplin Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui indikator dominan pada variabel kompensasi, kepemimpinan serta disiplin kerja. Serta mengetahui pengaruh kompensansi, kepemimpinan dan disiplin kerja terhadap kinerja Pegawai Negri Sipil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin secara parsial dan simultan. Populasi penelitian ini adalah seluruh Pegawai Negri Sipil  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Merangin, dan pengambilan sampel menggunakan total sampling terhadap 54 karyawan. Data penelitian ini menggunakan data primer yang didapatkan dari hasil menyebarkan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t, dan uji F. Hasil dari uji menunjukkan indikator dominan pada kompensansi adalah gaji, indikator dominan pada variabel kepemimpinan adalah sebagai katalisator, indikator dominan pada variabel disiplin kerja adalah taat terhadap aturan waktu, indikator dominan pada variabel kinerja pegawai adalah kuantitas. Kompensansi secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Kepemimpinan secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Sedangkan disiplin kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Kompensansi (X1) kepemimpinan (X2) dan disipilin kerja (X3) secara bersama - sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.

References

Agussalim Manguluang, 2017. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.
Andayani, Imelda. 2019 Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen. Vol 2, No. 1, Maret 2019, 45-54.
Anggrainy, Ika Fuzi, 2018, Pengaruh Fasilitas Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Motivasi Kerja Implikasinya Pada Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil Badan Kepegawaian Pendidikan Dan Pelatihan Provinsi Aceh Jurnal Magister Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unsyiah Volume 2, No. 1, pp. 1- 10.
Anoraga, Pandji. 2012. Psikologi Kepemimpinan. Rineka Cipta, Jakarta.
Ardana, Komang dkk. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Ardiansyah, A. 2020, Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai (Studi Pada Pt Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Semarang).
Ariana, I Wayan Tresna dan I Gede Riana. 2013. Pengaruh Kepemimpinan, Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Hotel Cendana Resort&Spa Ubud, Gianyar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2 (1).
Arikunto, 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta, Jakarta.
Darsono dan Tjatjuk, Siswandoko, 2011, Manajemen Sumber Daya Manusia. Abad 21, Nusantara Consulting, Jakarta.
Dessler, Gary. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi 10, Indeks, Jakarta.
Dewi, Apitha. 2009. Pengaruh Kepemimpinan Masa Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai Pada PT Batik Danar Hadi Surakarta”. Skripsi. STIEAUB, Surakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM Spss 23, Universitas Diponegoro, Semarang.
Hasibuan, Malayu SP. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Bumi Aksara, Jakarta.
Huri, Daman, 2020 Pengaruh Kompensasi Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan di PT. Pegadaian cabang Palembang kelas 1.
Isvandiari, Any, 2017. Pengaruh Kompensasi dan Disiplin Kerja Terhadap kinerja Karyawan bagian produksi PG.Meritjan, kediri, 2012. Jurnal JIBEKA, Vol.11 No.1 Agustus 2017.
Kismono, G. 2015, Bisnis Pengantar, Edisi Dua, BPFE UGM, Yogyakarta.
Krapitadani, Endra Permana, 2020, Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian, Pendidikan Dan Pelatihan Kabupaten Sleman.
Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu, 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosda Karya, Bandung.
Mangkuprawira, S dan Aida. 2017. Manajemen Mutu Sumberdaya Manusia. Ghalia Indonesia, Bogor.
Mathis, R. L. dan Jackson, J. H. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba empat, Jakarta.
Nitisemito, A. 2015. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pustaka Setia, Bandung.
Pertiwi, Feni, 2017, Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil Di Kantor Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Dan Umkm Provinsi Kalimantan Timur. ejournal administrasi negara, volume 5 , nomor 1 , 2017: 5360 - 5374
Pratama, Angga, 2020, Pengaruh Kompensasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt Pos Indonesia Dc Ciputat. Jurnal Disrupsi Bisnis, Vol. 3, No. 2, Juli 2020 (12 - 24).
Rivai, V. 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan, Cetakan Pertama, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Robbins, S. P. dan Judge, T. A. (2015). Perilaku Organisasi. Edisi 16. Salemba Empat, Jakarta.
Saydam, Gouzali. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia (Human Resources Management). Djambatan, Jakarta.
Setiawan, Ferry dan A.A.Sg. Kartika Dewi. 2014. “Pengaruh Kompensasi dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai pada CV. Berkat Anugerah”.
Simamora, Henry, 2018, Manajemen Sumber Daya Manusia, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
Sofyandi. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta, Bandung.
Sujarweni, Wiratna. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Graha ilmu, Yogyakarta.
Sutrisno, E. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Suwondo, Diah Indriani dan Eddy Madiono Sutanto (2015), “Pengaruh Lingkungan Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai,” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vol.17, No. 2, hal. 142.
Umar, Husein. 2007. Evaluasi Kinerja Perusahaan, Gramedia Pustaka
Utama, Jakarta.
Wahjosumidjo. 2018. Kepemimpinan Kepala Sekolah: Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Wibowo. 2016. Manajemen Kinerja, Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Wirawan, 2017, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta.
Yuniarsih, Tjutju dan Suwatno. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta, Bandung.
Yusuf, Y.H. & Nuraini. (2018). Pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Aceh. Jurnal Manajemen dan Akuntansi, Vol. 4 No 2. 30-42.

Downloads

Published

2022-09-02