Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTsN 3 Padang
DOI:
https://doi.org/10.31933/emjm.v3i4.1327Keywords:
Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, KinerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator yang dominan pada variabel gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan kinerja guru di MTsN 3 Padang baik secara parsial maupun secara simultan. Metode Pengumpulan data adalah Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan kuesioner, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada seluruh guru di MTsN 3 Padang. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru di MTsN 3 Padang yang berjumlah 60 orang. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 60 orang dengan mengunakan metode total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 60 guru di MTsN 3 Kota Padang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, analisis (TCR) dan koefisien determinasi. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator yang paling dominan pada variabel kinerja guru adalah perencanaan pembelajaran dengan nilai TCR sebesar 80,20%. Kemudian indikator yang paling dominan pada variabel gaya kepemimpinan adalah perhatian yang individual dengan nilai TCR sebesar 85,6%. Dan indikator yang paling dominan pada variabel motivasi kerja adalah kelayakan gaji dengan nilai TCR sebesar 85,6%. 2) gaya kepemimpinan secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru di MTsN 3 Padang. 3) motivasi kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di MTsN 3 Padang. 4) gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara simultan atau bersama-sama terdapat pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di MTsN 3 Padang.
References
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Edy Sutrisno.2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.
Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Malayu S.P Hasibuan. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Edisi Revisi). Jakarta : PT. Bumi Aksara.Endra, T. S. S. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Dazzel Yogyakarta. Among Makarti, 14(2), 50–61. https://doi.org/10.52353/ama.v14i2.218
Mulyadi. 2013.Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Keempat, Salemba Empat, Jakarta
Rivai, Veithzal 2015, Manajemen Sumbert Daya Manusia Untuk Perusahaan, Rajawali Pers, Jakarta.
Robbin & Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.
Robbins, P. Stephen & Coutler, Mary. 2016, Human Resources Management, Edisi 16, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.
Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sondang P. Siagian. 2016. Sistem Informasi Manajemen, Bumi Aksara. Jakarta.
Susi Yuliastanty. 2021 kepemimpinan organisasi dan bisnis. Persada.
Solahudin, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 1(3).
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiono, E., Hidayat, D. O., & Efendi, S. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi, Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Yayasan Mantab AL Hamid. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 602-627.
Stephen, Robbins 2015, Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Supardi, D. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Thoha, Miftah. 2012. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Tilaar. H.A.R, & Riant Nugroho, 2012, Kebijakan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Usman Husaini. 2015. Manajamen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, PT.Rajagrafindo Persada Jakarta-14240.
Zainal, et.al. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik, Cetakan ke-7. Jakarta.
Zulfiter, Z., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. ISEJ: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 1 (3), 269-277.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lia Trisnawati, Salfadri, Susi Yuliastanty

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EMJM.










