Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTsN 3 Padang

Authors

  • Lia Trisnawati Universitas Ekasakti
  • Salfadri Universitas Ekasakti
  • Susi Yuliastanty Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v3i4.1327

Keywords:

Gaya Kepemimpinan, Motivasi Kerja, Kinerja

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator yang dominan pada variabel gaya kepemimpinan, motivasi kerja dan kinerja guru di MTsN 3 Padang baik secara parsial maupun secara simultan. Metode Pengumpulan data adalah Penelitian Lapangan (Field Research) dan Penelitian Kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan kuesioner, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada seluruh guru di MTsN 3 Padang. Jenis dan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru di MTsN 3 Padang yang berjumlah 60 orang. Sedangkan sampel penelitian sebanyak 60 orang dengan mengunakan metode total sampling dimana seluruh populasi dijadikan sampel penelitian sebanyak 60 guru di MTsN 3 Kota Padang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, analisis (TCR) dan koefisien determinasi. Sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator yang paling dominan pada variabel kinerja guru adalah perencanaan pembelajaran dengan nilai TCR sebesar 80,20%. Kemudian indikator yang paling dominan pada variabel gaya kepemimpinan adalah perhatian yang individual dengan nilai TCR sebesar 85,6%. Dan indikator yang paling dominan pada variabel motivasi kerja adalah kelayakan gaji dengan nilai TCR sebesar 85,6%. 2) gaya kepemimpinan secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja guru di MTsN 3 Padang. 3) motivasi kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di MTsN 3 Padang. 4) gaya kepemimpinan dan motivasi kerja secara simultan atau bersama-sama terdapat pengaruh signifikan terhadap kinerja guru di MTsN 3 Padang.

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Edy Sutrisno.2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Kencana.

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Malayu S.P Hasibuan. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. (Edisi Revisi). Jakarta : PT. Bumi Aksara.Endra, T. S. S. (2022). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di Perusahaan Dazzel Yogyakarta. Among Makarti, 14(2), 50–61. https://doi.org/10.52353/ama.v14i2.218

Mulyadi. 2013.Sistem Akuntansi, Edisi Ketiga, Cetakan Keempat, Salemba Empat, Jakarta

Rivai, Veithzal 2015, Manajemen Sumbert Daya Manusia Untuk Perusahaan, Rajawali Pers, Jakarta.

Robbin & Judge. 2015. Perilaku Organisasi Edisi 16. Jakarta. Salemba Empat.

Robbins, P. Stephen & Coutler, Mary. 2016, Human Resources Management, Edisi 16, Jilid 1, Salemba Empat, Jakarta.

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sondang P. Siagian. 2016. Sistem Informasi Manajemen, Bumi Aksara. Jakarta.

Susi Yuliastanty. 2021 kepemimpinan organisasi dan bisnis. Persada.

Solahudin, S. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru. Herodotus: Jurnal Pendidikan IPS, 1(3).

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.

Sugiono, E., Hidayat, D. O., & Efendi, S. (2020). Pengaruh Iklim Organisasi, Pelatihan Dan Kompensasi Terhadap Kepuasan Kerja Dan Dampaknya Terhadap Kinerja Pegawai Yayasan Mantab AL Hamid. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 4(2), 602-627.

Stephen, Robbins 2015, Perilaku Organisasi, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Supardi, D. 2016. Kinerja Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Thoha, Miftah. 2012. Perilaku Organisasi Konsep Dasar Dan Aplikasinya. Jakarta : Raja Grafindo Persada

Tilaar. H.A.R, & Riant Nugroho, 2012, Kebijakan Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Usman Husaini. 2015. Manajamen Teori, Praktik, Dan Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Wibowo, 2016. Manajemen Kinerja, Edisi Kelima, PT.Rajagrafindo Persada Jakarta-14240.

Zainal, et.al. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik, Cetakan ke-7. Jakarta.

Zulfiter, Z., Fitria, H., & Nurkhalis, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. ISEJ: Jurnal Pendidikan Sains Indonesia , 1 (3), 269-277.

Downloads

Published

2025-10-20

How to Cite

Trisnawati, L., Salfadri, & Yuliastanty, S. (2025). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTsN 3 Padang. Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 3(4), 449–460. https://doi.org/10.31933/emjm.v3i4.1327

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>