Pengaruh Kepercayaan dan Switching Cost Terhadap Loyalitas Pelanggan CV. Frist Karya Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31933/emjm.v2i4.1158Keywords:
Kepercayaan, Switching Cost, Loyalitas PelangganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui Pengaruh Kepercayaan Dan Switching Cost Terhadap Loyalitas Pelanggan CV. Frist Karya Kota Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kuisioner dan wawancara. Jenis data adalah data kualitatif yang dijadikan data kuantitatif dengan sumber data primer. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelanggan CV. Frist Karya Kota Padang tahun 2020 yaitu sebanyak 53 perusahaan dengan sampel menggunakan total sampling maka jumlah sampel penelitian ini adalah 53 perusahaan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Indikator dominan pada variabel kepercayaan adalah integritas. Indikator dominan pada variabel switching cost adalah biaya beralih keuangan. Indikator dominan pada variabel loyalitas pelanggan adalah merekomendasikan kepada orang lain. 2. Variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 3. Variabel switching cost secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 4.Variabel kepercayaan (X1) dan switching cost (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan (Y).
References
Agus, Hermawan. 2015. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Agussalim Manguluang. 2015. Statistik Lanjutan. Padang: Ekasakti Press.
Ali, Hasan. 2015. Marketing dan Kasus- Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS (Center For Academic Publishing Service).
Alida Putri Delfina. 2018. Pengaruh Kepercayaan dan Switching Cost Terhadap Loyalitas Pelanggan Apotek Kimia Farma Cabang Ahmad Yani. ECOGEN. Vol 1 No 1 Hal 226 – 235.
Asmai Ishak dan Zhafitri Luthfi. 2016. Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan Terhadap Loyalitas: Studi Tentang Peran Media Switching Cost. Jogjakarta : Universitas Islam Indonesia.
Basu Swastha Dharmmesta. 2018. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Bawanestri, R. M. 2017. Analisis Pengaruh Switching Cost Terhadap Switching Intention Pada Konsumen GSM Pascabayar: Studi Kasus Pengguna Kartu Hallo Telkomsel di DKI Jakarta [Skripsi]. Depok (ID): Universitas Indonesia.
Donni Junni Priansa. 2017. Perilaku Konsumen dalam Bisnis Kontemporer. Bandung: Alfabeta.
Ermiyenti. 2019. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Bengkel UD Benteng Honda Motor Medan. Jurnal Ilmiah Skylandsea. Vol 3 No 2 Hal 144 – 151.
Galih Adnanta. 2016. Pengaruh Kepuasan Pelanggan dan Switching Cost Terhadap Loyalitas Konsumen (Studi Kasus Pada Pengguna Kartu Prabayar Indosat-M3 di Yogyakarta. Jurnal Publikasi. Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta.
Gandadinata Thamrin. 2020. The influence of trust, satisfaction, value, and brand image on loyalty. Bisnis dan Manajemen. Vol 12 No 2 Hal 168 – 185.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Cetakan ek VIII. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gunarso Wiwoho. 2017. Pengaruh Perceived Value dan E-Service Quality Terhadap Switching cost dan Customer Loyalty. Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan. Vol 6 No 2 Hal 116 – 122.
Hurriyati, Ratih. 2015. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: ALFABETHA.
Iha Haryani Hatta. 2018. Pengaruh Word Of Mouth dan Switching Cost Terhadap Keputusan Pembelian dan Loyalitas. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol 19 No 1 Hal 32 – 40.
Katrin Evalasti. 2017. Pengaruh Kepuasan Terhadap Loyalitas Dengan Switching Cost Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Provider Prepaid Telkomsel Di Kota Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen. Vol 3 No 1 Hal 83 – 93.
Kotler, Keller. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Keller. 2019. Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lia Nirawati. 2020. Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Pengalaman Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Aplikasi Shopee. Jurnal Syntas Transformation. Vol 1 No 9 Hal 624 – 631.
Lupiyoadi, R. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Mardalis, Ahmad. 2015. Meraih Loyalitas Pelanggan. Jakarta: Balai Pustaka.
Mcknight, D. H., V. Choudury., & C. J. Kacmar. 2017. Developing And Validating Trust Measure for E- Commerce: An Integrative Typology. Informatin System Research. Vol 13 No 3 Hal 334 –359.
Moorhead dan Griffin. 2016. Perilaku Konsumen. Jakarta: Salemba Empat.
Mowen, John C dan Minor, Micheal. 2018. Perilaku Konsumen. Dialih bahasakan oleh Dwi Kartika Yahya. Jakarta : Erlangga.
Muhammad Harmen Rizqillah. 2018. The Effect of Brand Trust and Switching cost Toward Telkomsel Flash Customer Loyalty: A Study on simPATI Users in GraPARI Rawamangun. Review of Integrative Business and Economics. Vol 7 No 3 Hal 210 –221.
Nadia Agustina. 2018. Pengaruh Kepuasan Pelanggan, Biaya Beralih, dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan (Survei Pada Pengguna Kartu Operator Seluler Simpati Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Angkatan 2015/2016 Dan 2016/2017 Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol 64 No 1 Hal 92 – 101.
Noa Willys. 2018. Customer Satisfaction, Switching Costs and Customer Loyalty: An Empirical Study on the Mobile Telecommunication Service. American Journal of Industrial and Business Management. Vol 8 No 1 Hal 1022– 1037.
Nur Ardhiansyah. 2019. Impact Of Brand Trust On Customer Satisfaction And Customer Loyalty. Enhancing Small Business and Rural Development. Vol 5 No 1 Hal 288– 293.
Rusdi Saleh Siregar. 2019. Analisis pengaruh Biaya Peralihan (Switching Cost) Terhadap Loyalitas Pelanggan Operator Seluler Dari GSM (Global System For Mobile Communications) Ke CDMA (Code Divison Multiple Access) Di Kota Medan. Thesis Program Studi Ilmu Manajemen, Program Pascasarjana Universitas Sumatera Utara. Medan.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2017. Prilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai:Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sigit, Suhardi. 2016. Pemasaran Praktis. Edisi Ketiga, Penerbit BPFE, Yogyakarta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Suparmi. 2018. Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan dan Komitmen Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT. Yodya Karya (Persero) Cabang Utama Semarang. Serat Acitya.Vol 7 No 1 Hal 102 – 117.
Supertini. 2020. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pusaka Kebaya Di Singaraja. Jurnal Manajemen dan Bisnis. Vol 2 No 1 Hal 61 – 73.
Tjiptono, Fandy. 2019. Pemasaran Jasa. Jakarta:Gramedia Cawang.
Tjiptono, Fandy. 2019. Strategi Pemasaran. Yogyakarta:Andi Offset.
Vu Minh Ngo. 2017. Moderating and mediating effects of switching costs on the relationship between service value, customer satisfaction and customer loyalty: investigation of retail banking in Vietnam. Journal of International Studies. Vol 10 No 1 Hal 9 – 33.
Wijayanti, R. Y., & Andriyanto, I. 2018. Pengaruh Harapan, Kepuasan, dan Sarana Fisik terhadap Loyalitas Pelanggan (studi kasus pada usaha jasa warnet di Kudus). Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam, Vol 4 No 2 Hal 1 – 14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Mirani Permata Sari, Teti Chandrayanti, Nova Begawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EMJM.