Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Siswa/I) dalam Mengikuti Kursus di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Rimbo Data, Bandar Buat, Padang

Authors

  • Nofrima Gafi Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Bakkareng Bakkareng Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Tifani Ratu Firdaus Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v1i1.801

Keywords:

Service Quality, Customer Satisfaction, Courses

Abstract

Abstract: This study aims to analyze and determine the effect of service quality on customer satisfaction (students) in participating in courses at the Ganesha Operation Rimbo Data tutoring institute, Bandar Create, Padang. The data collection technique used was a questionnaire. Methods of data analysis in this study using descriptive analysis, simple linear regression analysis, the coefficient of determination, and testing the hypothesis t-test. The results of this study indicate that the service quality variable has a significant effect on customer satisfaction where the calculated t value of the service quality variable is 3.338 which is greater than the t table value of 2.02269. So t count > t table and the calculated sig value obtained is 0.002 <0.05 so Ho is rejected Ha is accepted. 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Siswa/i) Dalam Mengikuti Kursus Di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Rimbo Data, Bandar Buat, Padang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear sederhana, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dimana didapati nilai t hitung dari variabel kualitas pelayanan adalah sebesar 3.338 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 2.02269. Sehingga t hitung > t tabel dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,002 < 0,05 jadi Ho ditolak Ha diterima.

References

Adrian Hartono. 2012. Pengaruh Display, Kepercayaan Merek, Keakraban Merek, Persepsi, Harga Terhadap Intensi Pembelian dan Pembelian Tak Terencana. Jurnal Ekonomika Bisnis Universitas Kristen Satya Wacana. Vol 1 No 1 Hal 881 – 898.
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.
Alfi Syahri Lubis, Nur Rahmah Andayani (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Sucofindo Batam. ISSN : 2548-9909.
Damodar N., Gujarati dan Dawn C. Porter. 2009. Basic Econometric. 5th Edition. McGraw –Hill: New York.
Daryanto., Ismanto Setyobudi. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang:Gaya Media.
Elistya Rimawati (2016) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan STMIK Sinar Nusantara Surakarta. ISSN : 1693-1173.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ida Ayu Inten Surya Utami (2015) Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Baruna Sanur. ISSN : 2302-8912.
Juni Novalina Sirait (2016) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Waterpark Perum Bumi Sempaja di Kota Samarinda. ISSN : 2355-5408.
Kotler, Keller. (2016). Marketing Management. 15e, Boston, Person Education.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:Erlangga.
Ludviyatus Sholeha, Sutrisno Djaja, Joko Widodo (2018) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kecamatan Rogojampi Kabupaten Banyuwangi. ISSN : 1907-9990.
Lupiyoadi, R. 2018. Manajemen Pemasaran Jasa. Salemba Empat. Jakarta.
Mauludin, Hanif. 2010. Marketing Research: Panduan Bagi Manajer, Pimpinan Perusahaan Organisasi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Muhammad Tony Nawawi, Purwanto (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada PT. Bank BNI 46 Kantor Cabang Pembantu di Universitas Tarumanagara Jakarta. ISSN : 2541-3406.
Nasution, A. H., dan Prasetyawan, Y. (2015). Perencanaan & Pengendalian Produksi. Edisi Pertama. Graha Ilmu, Yogyakarta.
Ni Made Arie Sulistyawati, Ni Ketut Seminari (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Restoran Indus Ubud Gianyar. ISSN : 2302-8912.
Pohan, C. A. 2013. Manajemen Perpajakan: Strategi Perencanaan Pajak dan Bisnis. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.
Putri Oktaviani, Sasi Utami, Bidu Susanto (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Layanan Pos Express PT. Pos Indonesia (Persero) Kantor Pos Kediri Kota. ISSN : 2621-2374.
Putri Rahmayanti Tambunan, Bethani Suryawardani (2015) Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. JNE Perwakilan Kawaluyaan Tahun 2014. ISSN : 2252-8520.
Soverani Oktavia, Tuti Karyani (2017) pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota KPKM (Koperasi Produsen Kopi Margamulya) di Kecamatan Pangalengan. ISSN : 1412-8837.
Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. Banten: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa. Jakarta:Gramedia Cawang.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Gafi, N. ., Bakkareng, B., & Ratu Firdaus, T. . (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan (Siswa/I) dalam Mengikuti Kursus di Lembaga Bimbingan Belajar Ganesha Operation Rimbo Data, Bandar Buat, Padang. Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 1(1), 70–76. https://doi.org/10.31933/emjm.v1i1.801

Most read articles by the same author(s)