PENGARUH STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA PADANG

Authors

  • Putri Nilam Sari
  • Agus Sutarjo Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti
  • Tifani Ratu Firdaus Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti

Keywords:

Store Atmosphere (Suasana Toko) dan keputusan pembelian

Abstract

Hasil penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Pengaruh Store Atmosphere (Suasana Toko) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toko Buku Gramedia Padang Dimana Variable X Adalah Store Atmosphere (Suasana Toko) Variabel Dependen Adalah Keputusan Pembelian Konsumen. .Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, , uji heroskadisitas dan  Uji Regresi sederhana, Uji t. Hasil dari Penelitian Variable Store Atmosphere (Suasana Toko) memiliki t hitung (7,230) > t tabel (1,983) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Store Atmosphere (Suasana Toko) berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan tabel 4.12 nilai koefisien determinasi ditunjukkan oleh nilai R Square sebesar 0,348. Hal ini berarti kontribusi Store Atmosphere (Suasana Toko) terhadap Keputusan pembelian sebesar 34,80% sedangkan sisanya 65,20% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini

References

Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang

Ali, Hasan . 2013. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta. CAPS (Center For Academic Publishing Service)

Anggraeni, Rani Nurma, and Joko Samboro. "Pengaruh Harga Dan Suasana Toko Terhadap Keputusan Pembelian Di Baegopa? Malang." Jurnal Aplikasi Bisnis 5.1 (2019): 105-108.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Balawera, Asrianto. 2013. Green Marketing dan Corporate Responsibility Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Minat Membeli Produk Organik di Freshmart Kota Manado. Jurnal EMBA, Volume 1, Nomor 4, hal. 2117-2129.

Berman, Barry, & Joel R. Evans, 2014 retail management, dialih bahasakan oleh Lina Salim, 12 th edition, Pearson

Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan Ii. Satu Nusa. Bandung

Efendi, Faizal. 2019 Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Yang Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan J’co Malang City Point). skripsi. University of Muhammadiyah Malang,
Fandy Tjiptono, 2014. Pemasaran Jasa. Gramedia Cawang, Jakarta.

Fandy Tjiptono, Dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality And Satisfaction. Yogyakarta.Andi.

Freddy Rangkuti. 2014. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM. Spss 24 (Edisi Keenam.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Kotler, P. & Keller, K.L. 2012, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2014. Principle of Marketing . 14 Edition. England : Pearson Education, Inc

Kotler, Philip And Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.

Kotler, Philip.2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3.Jakarta: Salemba.

Pratama, Fahrizal Kemal. 2018 Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Yogya Cemara Junction Bandung. skripsi. Universitas Kristen Maranatha
Ramadhani, Lintang, and Amin Wibowo 2019. Pengaruh Store Atmosphere Dan Layout Product Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Sepatu Jogja. skripsi. STIE Widya Wiwaha,
Rangkuti, Freddy. 2015 Riset Pemasaran. Cetakan kedua belas. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Swastha,Basu. 2010.Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE-Yogyakarta

T5jiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2012, Pemasaran Strategik. Yogyakarta, ANDI.

Tansala, Desilsan,2019 Tinneke M. Tumbel, and Olivia FC Walangitan. "Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Di Gramedia Manado." Jurnal Administrasi Bisnis 8.1 21-27.

Downloads

Published

2021-07-01

How to Cite

Putri Nilam Sari, Agus Sutarjo, & Tifani Ratu Firdaus. (2021). PENGARUH STORE ATMOSPHERE (SUASANA TOKO) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOKO BUKU GRAMEDIA PADANG. Matua Jurnal, 3(2), 303–314. Retrieved from https://ejurnal-unespadang.ac.id/index.php/MJ/article/view/329

Similar Articles

<< < 5 6 7 8 9 10 

You may also start an advanced similarity search for this article.