ANALISIS PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH DI BANK BRI CABANG PADANG

Authors

  • Jhon Rinaldo
  • Tifani Ratu Firdaus
  • Risky Inayah Sari Simatupang

Keywords:

Kualitas Pelayanan dan kepuasan Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dan menganalisis Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Nasabah di Bank BRI Cabang Padang. Dimana Variable X Adalah Kualitas Layanan  Variabel Dependen Adalah Kepuasan Nasabah di Bank BRI Cabang Padang. Populasi penelitian ini adalah 9.400 dan sampel 89 responden. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas  uji heroskadisitas dan  Uji Regresi sederhana , Uji t. Hasil dari Penelitian Variabel Kualitas Pelayanan memiliki t hitung (4,637) > t tabel (2,003) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah di Bank BRI Cabang Padang Nilai koefisien determinasi ditunjukkan oleh nilai R Square sebesar 0,686. Hal ini berarti kontribusi pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap kepuasan Nasabah di Bank BRI Cabang Padang sebesar 68,60% sedangkan sisanya 31,40% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini

References

Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Ali, Hasan . 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Caps (Center For Academic Publishing Service).Yogyakarta.
Alma, Buchari.2012. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan Ii. Satu Nusa. Bandung
Fandy Tjiptono, Dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality And Satisfaction. Yogyakarta.Andi.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.
Freddy Rangkuti. 2014. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm. Spss 24 (Edisi Keenam.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Graw Hill. New York.
Griffin, Jill. 2012.Customer Loyalty: How To Learn It, How To Keep It. Jakarta: Erlangga.
Keegan, Warren J. dan Green C. Mark. (2013). Global Marketing 7thed. Edinburgh, England: Pearson Education
Kotler, Philip and Gary Amstrong. (2014). Principle of Marketing . 14 Edition. England : Pearson Education, Inc
Kotler, Philip And Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip.2013. Manajemen Pemasaran. Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3.Jakarta: Salemba.
Rangkuti, Freddy. (2015). Riset Pemasaran. Cetakan keduabelas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran .In Media: Bogor.
Sutisna, 2012, Perilaku Konsumen Dan Komunikasi Pemasaran, Edisikedua,. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Swastha,Basu. 2010.Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE-Yogyakarta
Paper Journal
Damanik, Ryan Apriano, and Ati Mustikasari. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Studi Kasus Pada Pd. Bpr Di Pasar Sederhana Kota Bandung Tahun 2019." eProceedings of Applied Science 5.2 (2019).
Effendi, Novita, and Ganjar Mohamad Disastra. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pizza Hut (studi Pada Mahasiswa Telkom University Bandung 2019)." eProceedings of Applied Science 5.3 (2019).
Halimah, Febrianti. Pengaruh Kualitas Pelayanan Marketplace Terhadap Kepuasan Pelanggan. Diss. Universitas Andalas, 2019.
Hamzah, Zulfadli, and Astri Ayu Purwati. "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah." COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting 3.1 (2019): 98-105.
Huda, Budi Rahmatul, and Nazaruddin Aziz. "Pengaruh Biaya, Angsuran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pembiayaan Bmt At-Taqwa Muhammadiyah Cabang Siteba Padang." (2019).
Putra, Yosep Eka, and Nazaruddin Aziz. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Nasabah Pt Bank Rakyat Indonesia Cabang Padang." (2019).
Setiawan, Muhammad Ari, Muthia Harnida, and Kurniaty Kurniaty. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Jasa Service Ac Di Banjarmasin (Studi Kasus Pada Jasa Service Ac Cv Karya Tekhnik). Diss. Universitas Islam Kalimantan, 2019.
Sujana, I. W. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Syariah Di Kota Baubau. Jurnal Ilmiah Manajemen Emor (Ekonomi Manajemen Orientasi Riset), 3(2), 187-199.
Suryanto, Dasep. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah pada PT. BCA Finance Cabang Bukit Tinggi." COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting 2.2 (2019): 236-247.
Susanti, Novia, and Arsyad Syahrian. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah (Pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Pondok Pinang)." Jurnal ILMIAH FEASIBLE (JIF) 1.1 (2019): 46-53.
Tiza, Mohd Farid, and Febsri Susanti. "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Studi kasus pada perusahaan JNE Cabang Padang." (2019).
Wahyudi, Dones, Jhon Rinaldo, and Bakkareng "Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen PT. BFI Finance Cab. Padang." MATUA JURNAL 1.1 (2019): 073-084.

Downloads

Published

2022-12-17