PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN PADA PT BPR CINCIN PERMATA ANDALAS

Authors

  • Rice Haryati
  • Hozra Afrizoni
  • Dona Willya

Keywords:

Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan pada PT BPR Cincin Permata Andalas. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan riset pustaka. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, sampel yang digunakan adalah 96 orang nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas. Metode analisis menggunakan model regresi linear berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kepercayaan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas. (2) Kualitas pelayanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas. (3) Tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan secara simultan bepengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas. Besarnya kontribusi pengaruh tingkat kepercayaan dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah tabungan PT BPR Cincin Permata Andalas adalah sebesar 16% sedangkan sisanya sebesar 84% yang dipengaruhi oleh variabel-variabel independen lain diluar penelitian ini yang mempengaruhi loyalitas nasabah.

References

Agussalim Manguluang, 2016. Metodologi Penelitian, Universitas Ekasakti Press, Padang
Agussalim Manguluang, 2017. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Ali Hasan, 2008, Marketing, Media Utama, Yogyakarta.
Amin Widjaja Tunggal. 2008. Dasar – Dasar Customer Relationship Management (CRM). Jakarta : Harvindo.
C. Mowen, John dan Michael Minor. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta : Erlangga.
Donni Juni Priansa. 2017. Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial. Bandung: CV Pustaka Setia.
Fandy Tjiptono, 2008 .Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset
Fandy Tjiptono. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta : Andy. Ghozali, Imam.
Griffin, (2005), Customer Loyalty, Jakarta : Penerbit Erlangga.
Hasan, Ali. 2014. Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Jakarta: CAPS
Keputusan MENPAN No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.63 Tahun 2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Public
Kotler, Philip (2000). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta: Prenhalindo.
Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. (2016). Pemasaran Jasa (Prinsip, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta: Andi.
Gaffar, Vanessa. 2007. Customer Relationship Management and Marketing PublicRelation. Bandung: Penerbit Alfabeta
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Lijan, Poltak Sinambela. 2008. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : alfabeta
Lupiyoadi, Hamdani. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta. Salemba Empat
Muhson, Ali. 2015. Pedoman Praktikum Aplikasi Komputer Lanjut. Yogyakarta: FE UNY.
Peter, Paul dan Jerry C. Olson (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy, Ninth Edition. New York: McGraw Hill
Robinette, Scott. 2001. Emotion Marketing. Jakarta: Mc.Grow Hill Book Company.
Roseu, Emauel, 2000. The Anatomy Of Buzz: How To Create Word Of Mouth Marketing, 1stEd., Doubleday. Random House, inc. New York.
Sangadji, E.M., dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Sugiyono, 2015 Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R&D, (Bandung: Alfabeta, 2015),h. 283
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif,
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Afabeta
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Sutisna, 2001, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Pertama, PT.Remaja Rosda Karya, Bandung.
Swasta, B. Dharmmesta, (1999). “Loyalitas Pelanggan. Sebuah Kajian Konseptual Sebagai Panduan bagi Peneliti”. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia. Vol 14/3: 73-88.
Tjiptono, Fandy & Gregorius Chandra, 2011. Service, Quality & atisfaction. Penerbit Andi. Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Andi Offset, Yogyakarta.
UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik
UU Nomor 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan
Martini 2019. Pengaruh Tingkat Kepercayaan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Pt. Bpr Ganto Nagari 1954 Lubuk Alung. JM, VOL.1, NO. 1, Maret 2019, Hal: 17-30 ISSN-P 2355- 0376 ISSN- E2656 -8322
Deddy Rakhmad Hidayat 2014. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Harga, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan : (Studi Pada Pelanggan Telkom Speedy Di Palangka Raya). Jurnal Wawasan Manajemen Universitas Lambung Mangkurat Vol 2 No 3
Robby Dharma 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan, Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Pt. Padang Tour Wisata Pulau Padang. Jurnal EKOBISTEK Fakultas Ekonomi , Vol. 6, No. 2, Oktober 2017, Hal 349-359
Yelli Trisusanti 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Pada Bank BNI Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). JOM FISIP Vol 4 No 2 Oktober 2017
Nur Laely 2016. Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Harga Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pada PT. Telkomsel di Kota Kediri. JMM17 Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen September 2016, Vol. 3 No.2. hal. 61 –74
Lukman Khakim 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Kepuasan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pizza Hut Cabang Simpang Lima. Journal of Management, 2015 jurnal.unpand.ac.id
Dianita Rifqia Putri 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Kefarmasian Terhadap Kepuasan, Kepercayaan, & Loyalitas Konsumen Apotek. Indonesian Journal For Health Sciences Vol 1 No 1
Geta Ambartiasari 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Fasilitas Kampus Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Kepada Loyalitas Mahasiswa Politeknik Indonesia Venezuela. Jurnal Manajemen dan Inovasi Vol.8, No. 3 Oktober 2017: 12-23
Rury Almadea 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Merek Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Nasabah Produk Penghimpun Dana Bank Bni Syariah Kantor Cabang Pekanbaru). Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau
Ni Putu Lenny Pratiwi 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan Nasabah. E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 4, No. 5, 2015 : 1422-1433 ISSN: 2302-8912
Sasha Dwi Harumi 2016. Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan di Perusahaan Seiko Laundry Medan. Jurnal Psikologi UMA Vol 8 No 2
SB Handayani, SE, MM 2013. Analisa Loyalitas Pelanggan Yang Dipengaruhi Kepercayaan Merek Dan Kualitas Pelayanan (Studi Kasus Di Pt Spectra Advertaising). Jurnal Ekonomi – Manajemen – Akuntansi No. 35 / Th.XX / Oktober 2013 ISSN:0853-8778
Muhammad Bahrudin, Siti Zuhro 2015. Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam Vol 3 No 1 P-ISSN : 2442-3718 E-ISSN : 2477-5533
R. Neny Kusumadewi 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Ud. Putra Ts Majalengka. Jurnal Ilmiah Manajemen & Akuntansi Vol 4 No 2 ISSN : 2356-3923
Siti Wulandari 2017. Pengaruh Kepercayaan Dan Kualitas
Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Asuransi Jiwa. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen Vol 6 No 9

Downloads

Published

2022-12-17