PENGARUH KEPUASAN KERJA DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU PEGAWAI NEGERI SIPIL DI SMA NEGERI 1 KOTO XI TARUSAN KABUPATEN PESISIR SELATAN

Main Article Content

Upik Kristina
Agussalim M
Sunreni

Abstract

Pentingnya peran guru dalam proses pendidikan membuat penelitian mengenai kinerja guru menarik untuk diangkat. Guru dalam kegiatan proses pembelajaran di sekolah menempati kedudukan yang sangat penting sangat menentukan keberhasilan pendidikan itu sendiri. Oleh karena itu, kinerja guru sangat penting dalam peningkatan mutu pendidikan.


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepuasan kerja dan motivasi kerja terhadap kinerja guru Pegawai Negeri Sipil di SMA Negeri 1 Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Data primer dalam penelitian ini adalah hasil hasil koesioner yang disebarkan kepada kepada PNS SMA Negeri Tarusan sebanyak 48 orang. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan SPSS 23.


Hasil penelitian ini menunjukan hasil hipotesis yaitu variabel kepuasan kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru dan motivasi kerja berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja guru. Sementara secara simultan variabel kepuasan kerja dan motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru dengan nilai R2 adalah sebesar 40,8%.

Article Details

Section
Articles

References

Ardana, Komang, dkk. 2009. Perilaku Keorganisasian. Edisi 2. Graha Ilmu Yogyakarta.

Agussalim, Manguluang. 2015. Statistik Lanjutan. Ekasakti Press. Padang. As’ad, M. 2003. Psikologi Industri, Edisi Keempat, Yogyakarta: Liberty.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Rachmawati, T dan Daryanto. 2013. Penilaian Kinerja Profesi Guru Dan Angka Kreditnya. Penerbit Gava Media. Yogyakarta.

Sondang P. Siagian. 2016. Sistem Informasi Manajemen, Bumi Aksara. Jakarta. Sugiyono. 2012. MetodePenelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suprihatiningrum, Jamil. 2016. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta : Ar-ruzz media. Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group. Sutrisno, Edy. 2017. Manajemen Sumberdaya Manusia. Cetakan ke-9. Jakarta: Kencana.

Astiti, Putri. 2015. Pengaruh Kepuasan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Honorer Tingkat SMA/SMK Di Kota Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Bandhaso, Mira Labi dan Paranoan, Natalia. 2019. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Ekonomi Di Perguruan Tinggi Swasta Di Makassar. Jurnal Akun Nabelo: Jurnal Akuntansi Netral, Akuntabel, Objektif Volume 1/Nomor 2/Jan 2019.

Pradika, Antonia Linggar dan Haris, Abdul. 2016. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Honorer Sekolah Dasar (SD) Di Kecamatan Jogonalan Kabupaten Klaten. Kiat BISNIS Volume 6 No. 3 Juni 2016.

Ristanto, Hesti. 2017. Pengaruh Motivasi Kerja Dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru Yang Dimediasi Disiplin Kerja (Studi Pada SMA NegerI 1 Batangan-Pati). Jurnal Bingkai Ekonomi 1.



Saputra, N., & Mulia, R. A. (2021). Influence of Leadership Style, Compensation and Work Climate on Work Motivation. Efisiensi: Kajian Ilmu Administrasi, 18(2), 154-168.

Setyaningsih, Kris., Najib Haitami dan Rusmaini. 2018. Pengaruh Motivasi Kerja, Budaya Organisasi, Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SMA Swasta di Palembang. Journal of Islamic Education Management ISSN: 2461-0674.

Shandy, Bella dan Rumangkit, Stefanus. 2017. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Madrasah Aliyah Diniyyah Putri Lampung. PROSIDING ISSN: 2598 – 0246 | E-ISSN: 2598-0238.

Sulistyani, Linda. 2015. Pengaruh Kepuasan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru SMK Negri Se Kota Surakarta. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Yenny. 2018. Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru Pada Yayasan Pendidikan Imanuel Palu. e Jurnal Katalogis, Volume 6 Nomor 2 Februari 2018 hlm 98-105, ISSN: 2302-2019.