Pengaruh Kualitas Produk Dan Event Marketing Terhada Brand Image Produk Pada PT. Surya Madistrindo Padang
DOI:
https://doi.org/10.31933/emjm.v3i4.1344Keywords:
Kualitas Produk, Event Marketing, Brand ImageAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu mengetahui Pengaruh Kualitas Produk Dan Event Marketing Terhadap Brand Image Produk Pada PT. Surya Madistrindo Padang. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Jenis data pada penelitian ini yaitu data primer. Teknik pengumpulan data pada penelitan ini adalah menggunakan kuesioner serta studi pustaka. Populasi penelitian ini adalah pengunjung PT. Surya Madistrindo Padang di tahun 2023 sebanyak 13.424 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling dengan menggunakan rumus slovin dan memperoleh hasil sebanyak 100 orang. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis uji t dan uji F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image. Event Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image. Kualitas Produk dan Event Marketing secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Brand Image. Persentase sumbangan variabel kualitas produk (X1) dan event marketing (X2) secara simultan terhadap brand image (Y) sebesar 0,677 atau 67,7%, sedangkan sisanya sebesar 32,3% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.
References
Afwan, M. T., & Santosa, S. B. (2019). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Citra Merek Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen Mebel Madina di Kota Banjarnegara). Diponegoro Jurnal Of Management, 8(1).
Anjursari, A., Setiyani, L., & Riono, S. B. (2023). The influence of Rebranding, Product Quality, Information Quality and Relationship Marketing on the Brand Image of Glow and Lovely Products at the Azkiya Cosmetics Store. JECMER: Journal of Economic, Management and Entrepreneurship Research, 1(4), 96–106.
Ayu, S. A., & Pramaisella, K. F. (2023). Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk, dan Brand Ambasador Terhadap Brand Image Kopi Janji Jiwa Jl. Basuki Rahmat Surabaya. POINT: Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 5(1), 81–96. https://doi.org/10.46918/point.v5i1.1665
Chandra, D. S. (2023). Pengaruh Kualitas produk, Inovasi dan Interaksi Pelanggan terhadap Brand Image. Balance : Jurnal Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.59086/jam.v2i2.328
Fauzi, H. I., & Tantra, T. (2023). Fauzi, H.I., & Tantra, T. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE VIVO. Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi), 7(2), 1422–1438.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management. Pearson.
Produk, K., Image, B., Merek, C., Group, J. M., Palembang, L., Produk, K., Image, B., Image, B., Image, B., Produk, K., Signifikan, B., Brand, T., Determinasi, K., Produk, K., & Image, B. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Dan Kegunaan Terhadap Brand Image Pada Produk GEELA di JM GROUP Lemabang Palembang Ajeng Putri Melati 1 , Dian Utari 2 , Destia Aktarina 3 , Miftahul Jannah 4 Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Mulia Darma Pratama. 7(1).
Rahman, M. L., & Huda, N. (2018). Pengaruh Event Marketing Terhadap Positive Emotions, Event Image dan Brand Image. Jurnal Sains Manajemen Dan Kewirausahaan, 2(2).
Siburian, E., Catur, H., & Hasman, P. (2024). Pengaruh Content Marketing Dan Event Marketing Terhadap Brand Image Honda Pada Masyarakat Kelurahan Mangga , Medan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis ( JIMBI ), 5(1). https://doi.org/10.31289/jimbi.v5i1.4320
Tarigan, E. F., Antonia, Wijayanto, G., & Widyatsari, A. (2023). Pengaruh WOM, Kualitas Produk, Harga Terhadap Brand Image Serta Implikasinya Pada Keputusan Pembelian Smartphone Merk Xiaomi di Kota Pekanbaru. Jurnal Daya Saing, 9(1), 72–78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Reza Juhanda Saputra, Yulistia, Rizka Hadya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EMJM.










