Pengaruh Internet Marketing Terhadap Peningkatan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Padang (Studi pada UMKM Binaan Rumah Kreatif BUMN BNI Kota Padang)
DOI:
https://doi.org/10.31933/emjm.v2i3.1104Keywords:
Internet Marketing, Peningkatan Pendapatan, UMKMAbstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam pertumbuhan dan perkembangan perekonomian nasional. UMKM dapat menjadi tumpuan atau penopang pengentasan kemiskinan dan pengangguran dalam ekonomi kerakyatan, dan juga berperan dalam mendistribusikan hasil-hasil pembangunan. Internet Marketing adalah penyelenggaraan perdagangan dalam bentuk penjualan, pembelian, pemesanan, pembayaran, dan promosi barang dan/atau jasa yang dilakukan dengan memanfaatkan komputer dan sarana komunikasi elektronik digital atau telekomunikasi data. Selain itu, bentuk perdagangan ini juga dapat dilakukan secara global, dengan menggunakan jaringan internet. Dalam perkembangan ini, UMKM sebagai salah satu pilar perekonomian di Indonesia harus mampu menjawab tantangan tersebut dan harus mampu menjangkau perubahan di sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh internet marketing terhadap peningkatan pendapatan UMKM Kota Padang pada UMKM binaan Rumah Kreatif BNI Kota Padang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh internet marketing terhadap peningkatan pendapatan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan data primer dan jumlah sampel sebanyak 52 UKM. Untuk pengumpulan data diperoleh dari metode kuesioner kepada pelaku UMKM binaan RKB BNI di Kota Padang. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial hasil uji signifikansi parametrik individu (uji t) pada variabel internet marketing berpengaruh signifikan terhadap peningkatan pendapatan UMKM dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Sedangkan dari hasil analisis diketahui nilai thitung sebesar 5,974 > dari t tabel 3,311.
References
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.
Agus Hermawan, 2014. Komunikasi Pemasaran, Jakarta : Erlangga.
Agus Hariyanto. Pengaruh Kelompok Acuan dan Internet Marketing Terhadap Prilaku Konsumen Lazada.Co.Id Dalam Berbelanja Online Melalui Variabel EWOM. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.2, No.4 Oktober 2014.
Anggi Agustina. 2020, Pengaruh Internet Marketing Dalam Pembentukan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.
Astrini. Padapi Pengaruh E-Commerce Terhadap Fluktuasi Harga dan Peningkatan Pendapatan Petani Cabai Rawit. AGRISEP Vol. 20 No. 1 Maret 2021.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Alma Bucchari, 2018. Kewirausahaan, Bandung : Alfa Beta
Baridwan, Zaki. 2018. Sistem Informasi Akuntansi, edisi kedua. Yogyakarta : BPFE
Basu Swastha Dharmmesta. 2016. Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta.
Dedy Harto. Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM. Jurnal pengadian dan pemberdayaan masyrakat, Vol.3, No.1 Maret 2019.
Diansyah. Pengaruh Pemasaran Internet Marketing dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Interventin Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Jurnal of Bussiness Studies, Vol.2, No.1 Juli 2017.
Dini Setyorini. Pengaruh Transaksi Online (E-Commerce) Terhadap Peningkatan Laba UMKM (studi kasus UMKM Pengolahan Besi Ciampea Bogor Jawa Barat). Jurnal JMM Online, Vol.3, No.5 Mei 2019
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke X. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hery. 2017. Akuntansi Dasar 1 dan 2. Jakarta: Kompas Gramedia.
Hariyanto. Pengaruh Kelompok Acuan dan Internet Marketing Terhadap Keputusan Pebelian. Jurnal Ilmu Manajemen, Vol.2, No.4 Oktober 2014
Husni Awali. Urgensi Pemanfaatan E-Marketing Pada Keberlangsungan UMKM Di Kota Pekalongan Di Tengah Dampak Covid-19. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, Vol.2, No.1, 2020.
Iqbal Al khazim. Pengaruh Strategi Internet Marketing Terhadap Prilaku Konsumen Lazada. Co.Id Dalam Berbelanja Online Melalui Variabel Electronic Word Of Mouth (EWOM). Jurnal Ekonomi Bisnis, Vol.21, No.2, Agustus 2016
Kurnianingsih, Pengaruh Bantuan Modal, Pelatihan, Bantuan Pemasaran, Dan Pendampingan Usaha Terhadap Perkembangan Umkm Di Kecamatan Warungasem (Studi Kasus Pada Program Pemberdayaan Umkm Disperindagkop Kabupaten Batang), Jurnal Iain Pekalongan, 2015
M. Mursid, 2017. Manajemen Pemasaran, Jakarta : Erlangga
Munawir Nasir. 2019. Kegiatan E-Marketing Sebagai Bentuk Kewirausahaan Dini Bagi Pelajar. Jurnal Universitas Muslim Indonesia,Vol.1, No.1 Aprl 2019.
Musliadi. 2017. Dampak Pemindahan Pemerintahan Kota Padang Terhadap Pendapatan Masyarakat Aia Pacah.
Ni Nyuman Kusuma Aditiya Dewi. 2017. Pengaruh Internet Marketing Brand Awareness, dan Wom Communication terhadap keputusan pembelian produk SPA Bali Alus, Jurnal Manajemen Unud, Vol.6, No.10, 2017
Priska, 2020. Karyawan Rumah Kreatif BUMN BNI Kota Padang.
Phamendyta Aldaning. 2014. Pengaruh Internet Marketing Terhadap Peningkatan Word of Mouth Dan Efektifitas Iklan Dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Administrasi Bisnis, Vol.13 No. 1 Agustus 2014.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 7 Tahun 2021 tentang Kemudahan, Perlindungan dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.
Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No.23 Tahun 2015 tentang Pendapatan.
Uma Sekaran, 2017. Metode Penelitian Untuk Bisnis, Edisi Keenam. Salemba Empat, Jakarta.
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwardjono. 2018. Teori Akuntansi (Perekayasaan Pelaporan Keuangan) Edisi Ketiga. Yogyakarta: BPFE.
Tulus T.H Tambunan dikutip dari Nailah Rizkia, Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sebelum dan Sesudah Memperoleh Pembiyaan Dari Bank Umum Syari’ah, Jurnal UIN Jakarta, 2018
Walia Nabila Sa’ad. 2017. Pengaruh E-Commerce Terhadap Peningkatan Pendapatan Sentra Industri Keripik Pisang Bandarlampung Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam
www.goukm.id.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Yusuf, Teti Chandrayanti, Meri Dwi Anggraeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EMJM.