Analisis Strategi Pemasaran pada Penjualan Perumahan di PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang
DOI:
https://doi.org/10.31933/emjm.v1i2.848Keywords:
Strategi Pemasaran, Penjualan, PerumahanAbstract
Abstract: This study aims to determine the analysis of marketing strategies in housing sales at PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. Methods of data analysis used multiple linear regression analysis, coefficient of determination, and hypothesis testing with t-test and F-test. The results of the study include: (1) Product partially positively and significantly influences housing sales at PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (2) Prices partially negatively and significantly affect housing sales at PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (3) Location partially positively and significantly influences housing sales at PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (4) Promotion partially positively and significantly affects housing sales at PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (5) The marketing strategy simultaneously positively and significantly influences housing sales at PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (6) The contribution of the independent variable product (X1), price (X2), location (X3), and promotion (X4) to the dependent variable sales (Y) is 0.689 or 68.9%.
Abstrak: Penelitian ini mempunyai tujuan guna mengetahui Analisis Strategi Pemasaran Pada Penjualan Perumahan Di PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. Metode analisis data dipergunakan analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi, serta uji hipotesis dengan uji t dan uji F. Hasil penelitian antara lain: (1) Produk secara parsial positif dan signifikan memengaruhi penjualan Perumahan di PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (2) Harga secara parsial negatif dan signifikan memengaruhi penjualan Perumahan di PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (3) Lokasi secara parsial positif dan signifikan memengaruhi penjualan Perumahan di PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (4) Promosi secara parsial positif dan signifikan memengaruhi penjualan Perumahan di PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (5) Strategi pemasaran secara simultan positif dan signifikan memengaruhi penjualan Perumahan di PT. Keyzana Putra Mandiri Parak Jigarang Alai Parak Kopi Padang. (6) Kontribusi sumbangan variabel independen produk (X1), harga (X2), lokasi (X3) dan promosi (X4) terhadap variabel dependen penjualan (Y) senilai 0,689 atau 68,9%.
References
Agussalim Manguluang. Statistik Lanjutan. (Ekasakti Press, 2015).
Akhmad Nasir. The Effect of Promotion on Sales at PT. 3M Indonesia Surabaya Branch. IJEBD 2, 198 – 210 (2019).
Andre Afni Akbar. Analisis Strategi Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Pada Usaha Home Industri 35 Screen Printing di Era Pandemi Covid-19. J. Valtech 4, 104–109 (2021).
Anggun Vinandita. Pengaruh Penerapan Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Roti Aroma Bakery. J. Manajemen Modal Insani dan Bisnis 2, 68 – 76 (2021).
Djamaluddin Karim. Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan (Studi Kasus Pada Shofa Catering). Maj. Ilm. Solusi 18, 113– 119 (2020).
Ghozali Imam. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. (Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2016).
I Ketut Suardika. The Impact of Brand, Product Quality and Price On Sales Volume of Samana Mart Shoes. International Journal of Social Science and Business 5, 256 – 261 (2021).
J Setiadi Nugroho. Perilaku Konsumen. (Kencana, 2018).
Jonner Lumban Gaol. Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Jaya Anugrah Sukses Abadi Medan. J. Glob. Manaj. 10, 110–119 (2021).Kasmir. Pemasaran Jasa. (Graya Grafindo Persada, 2016).
Kotler, Philip & K.L. Keller. Marketing Management. (Person Education, 2019).
Kotler, Philip & G. Armstrong. Prinsip- prinsip Pemasaran. (Erlangga,2016).
Levy Wietz. Retailing Management. (Academic Internet Publiser, 2017).
Lie, F. B. Analisis Pengaruh Strategi Pemasaran (4P) Terhadap Tingkat Penjualan Motor Yamaha Pada PT. Hasjrat Abadi Masa Pandemi Covid-19 di Kota Kotamobagu. J. EMBA 9, 1239–1248 (2021).
Lupiyoadi. Manajemen Pemasaran Jasa. (Salemba Empat, 2018).
Muh Ikbal. The Effect of Sales Distribution Channels and Promotion Policies on Consumer Buying Behavior and Its Impact on Sales Volume. The International Journal Of Business Review 4, 23 – 32 (2021).
Nabilla Salsabilla Beu. Analisis Strategi bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasara Bersehati Manado. J. EMBA 9, 1530–1538 (2021).
Nathasya, L. Pengaruh Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Volume Penjualan Bahan Bangunan (Studi Kasus Bangun Nusantara Minahasa). J. EMBA. 10, 783-794 (2022).
Rita Tri Yusnita. Analisis Volume Penjualan Berdasarkan Bauran Pemasaran Pada Home Industry Kerajinan Tas Mandiri Olshop Rajapolah. J. Ekon. Perjuangan 2, 12–30 (2020).
Samsidar Tanjung. Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Volume Penjualan di Toko UD Maya Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. J. Misi Inst. Pendidik. Tapanuli Selatan 3, (4AD).
Sudaryono. Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi. (Penerbit Andi, 2016).
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. (Alfabeta,2016).
Titi Hasanah. Volume Penjualan Berdasarkan Kualitas Produk, Promosi dan Saluran Distribusi. J. Manag. Bussiness 2, 159–171 (2020).
Tjiptono, F. Pemasaran Jasa. (Gramedia Cawang, 2019).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EMJM.