Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Indocafe Cappucino di Kota Padang (Studi Kasus di Budiman Swalayan Cabang Sawahan Padang)

Authors

  • Tria Susana Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Tifani Ratu Firdaus Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Teti Chandrayanti Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v1i1.802

Keywords:

Product, Price, Distribution Channel, Promotion, Purchasing Decision

Abstract

Abstract: This study aims to determine the effect of the product, price, distribution channel, and promotion on purchasing decisions of Indocafe Cappuccino in Padang City partially or simultaneously. The data collection method is distributing questionnaires. The data analysis technique used is multiple linear regression, t-test, and F-test. Based on the test results, it is concluded that product, price, distribution channel, and promotion partially have a significant effect on the Purchase Decision of Indocafe Cappuccino in Padang City. Products, prices, distribution channels, and promotions simultaneously also have a significant effect on purchasing decisions for Indocafe Cappuccino in Padang City. The magnitude of the contribution of the influence of products, prices, distribution channels, and promotions on purchasing decisions of Indocafe Cappuccino in Padang City is 61.9% while the remaining 38.1% is influenced by other variables not examined. 

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui pengaruh produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian Indocafe Cappucino di Kota Padang secara parsial maupun secara simultan. Metode pengumpulan data adalah penyebaran kuiesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji, disimpulkan bahwa produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Indocafe Cappucino Di Kota Padang. Produk, harga, saluran distribusi dan promosi secara simultan juga berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Indocafe Cappucino Di Kota Padang. Besarnya kontribusi pengaruh produk, harga, saluran distribusi, dan promosi terhadap keputusan pembelian Indocafe Cappucino di Kota Padang adalah 61,9% sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

References

Agussalim Manguluang. 2018. Statistik Lanjutan. Padang: Ekasakti Press.
Alma, Buchari. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2017. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera
Dharmmesta, B.S., dan Handoko, T.H. 2016. Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Komsumen. Yogyakarta: BPFE.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Edisi. 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hapsari, N.T. 2017. Seluk Beluk Promosi dan Bisnis. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler, Philip. & Gary Armstrong. 2018. Principle Of Marketing. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Manap, A. 2016. Revolusi Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama, Jakarta: Mitra Wacana Media.
Natakusumah, F.A. & Ai Lili Yuliati. 2016. Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Ina Cookies Bandung). Jurnal Manajemen Teori dan Terapan Vol 9 No 1 hal 34-49
Saladin, D. 2016. Intisari Pemasaran dan Unsur-unsur Pemasaran. Bandung: Linda Karya
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.
Sarjita, 2017. Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Melakukan Pembelian Produk Di Swalayan Pamella Yogyakarta. Prima Ekonomika ISSN : 2087-0817 Vol 8 No 1, hal 61-73
Senggetang, V., Mandey, S. L., & Moniharapon, S. (2019). Pengaruh Lokasi, Promosi Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Perumahan Kawanua Emerald City Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, Vol 7 No 1, hal 881–890.
Suhartini & Said, S. 2019. Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Klinik Kecantikan Di Kota Makassar. CESJ : Center of Economic Student Journal Vol 2 No2 hal 37-47.

Downloads

Published

2023-02-21

How to Cite

Susana, T. ., Ratu Firdaus, T. ., & Chandrayanti, T. . (2023). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Indocafe Cappucino di Kota Padang (Studi Kasus di Budiman Swalayan Cabang Sawahan Padang). Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 1(1), 77–87. https://doi.org/10.31933/emjm.v1i1.802

Most read articles by the same author(s)