Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di PHD (Pizza Hut Delivery) Sutomo Marapalam Padang

Authors

  • Siska Ananda Putri Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Agus Sutardjo Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang
  • Sunreni Sunreni Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v1i1.769

Keywords:

Product Quality, Customer Satisfaction, Customer Loyalty

Abstract

Abstract: The results of this study aim to determine which indicators are dominant in terms of product quality, customer satisfaction and customer loyalty at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang, to determine the effect of product quality on customer satisfaction at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang and to determine the effect of product quality satisfaction on loyalty. customers at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang. This research uses the classic assumption test which consists of normality test, heroskadicity test and simple regression test, t test. Results from Research The dominant indicator on the product quality variable is reliability with a TCR value of 84.10%, the dominant indicator on the customer satisfaction variable is Willingness to recommend with a TCR value of 84.10% and the dominant indicator on the variable customer loyalty is an indicator of retention with a TCR value of 83.20%. The product quality variable has t arithmetic (7.061) > t table (1.983) and the calculated sig value obtained is 0.000 <0.05. This means that H1 is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that product quality has a significant effect on customer satisfaction at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang. The product quality variable has t count (6,202) > t table (1,983) and the calculated sig value obtained is 0.000 <0.05. This means that H2 is accepted and Ho is rejected. So it can be concluded that product quality has a significant effect on customer loyalty at Pizza Hut Delivery Marapalam Padang.

Abstrak: Hasil penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui indikator manakah yang dominan dari kualitas produk, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang, Untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang dan Untuk mengetahui pengaruh kepuasan kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang. Penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji heroskadisitas dan  uji Regresi sederhana, Uji t. Hasil dari Penelitian  Indikator yang dominan pada variabel kualitas produk adalah keandalan (realibility) dengan nilai TCR84,10%, indikator yang dominan pada variabel kepuasan pelanggan adalah Kesediaan untuk merekomendasikan (willingness recomend) dengan nilai TCR 84,10% dan indikator yang dominan pada variabel loyalitas pelanggan adalah  indikator retention (ketahanan) dengan nilai TCR 83,20%. Variabel kualitas produk memiliki t hitung (7,061) > t tabel (1,983) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa H1 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang. Variabel kualitas produk memiliki t hitung (6,202) > t tabel (1,983) dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa H2 diterima dan Ho ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan di Pizza Hut Delivery Marapalam Padang.

References

Abu, Ahmadi dan Supriyono, Widodo. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Akbar Dwi Yulianto. 2017. Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Kentucky Fried Chicken (KFC) Surabaya. Vol. 3, No.1.
Ali, Hasan . 2013. Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Caps (Center For Academic Publishing Service).Yogyakarta.
Alma, Buchari.2012. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.
Amir, M.T. (2013). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning: Bagaimana Pendidik Memberdayakan Pemelajar Di Era Pengetahuan. Jakarta: Kencana.
Amstrong, Gary & Philip, Kotler. (2012) Dasar-Dasar Pemasaran. Jilid I, Alih Bahasa Alexander Sindoro dan Benyamin Molan. Jakarta: Penerbit Prenhalindo
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Basu,Swastha.2010.Manajemen Pemasaran: Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM
Buchari, Alma. (2013). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung, CV Alfabeta.
Danang Sunyoto. 2013. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: CAPS.
Daryanto dan Setyobudi, Ismanto. 2014. Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media
Daryanto. 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan Ii. Satu Nusa. Bandung
Fandy Tjiptono, Dan Gregorius Chandra. 2012. Service, Quality And Satisfaction. Yogyakarta.Andi.
Fandy Tjiptono. 2012. Strategi Pemasaran, ed. 3, Yogyakarta, Andi.
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi. 2. Yogyakarta: Andi.
Freddy Rangkuti. 2014. Riset Pemasaran. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm. Spss 24 (Edisi Keenam.) Semarang: Universitas Diponegoro.
Griffin, Jill. 2012.Customer Loyalty: How To Learn It, How To Keep It. Jakarta: Erlangga.
Keegan, Warren J. dan Green C. Mark. (2013). Global Marketing 7thed. Edinburgh, England: Pearson Education
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip, dan Gary Armstrong 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 13. Jilid 1. Erlangga : Jakarta
Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, 14th Edition United States of America : Pearson
Kotler, Philip. 2013. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia. Jilid 1 dan 2. Jakarta : Erlangga
Lovelock, Christopher, Jochen Wirtz, & Jacky Mussry. 2011. Pemasaran Jasa. edisi 7. Erlangga: Jakarta
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta:Salemba Empat.
Maulana, Herlian. "Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Ud. Subur Jaya Mebel Samarinda." (2019).
Mursid, M, Drs. (2014). Managemen Pemasaran. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution, M.Nur. 2015. Manajemen Mutu Terpadu (Total Quality Management). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Rangkuti, Freddy. (2015). Riset Pemasaran. Cetakan keduabelas. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Sunyoto, Danang. 2015. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. CAPS, Yogyakarta.
Suparyanto, Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran. Bogor: In Media
Sutisna, 2012, Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisikedua,. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Swastha,Basu. 2010. Manajemen Penjualan: Pelaksanaan Penjualan, BPFE-Yogyakarta
Tjiptono, Fandy. (2014). Service Management Mewujudkan Layanan Prima, Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Widodo dalam Wedarini, Ni Made Sinta. 2012. Pengaruh kualitas produk terhadap kepuasan dan loyalitas pelanggan telkom flexi. Bali: Universitas Udayana.Skripsi

Downloads

Published

2023-01-25

How to Cite

Ananda Putri, S. ., Sutardjo, A. ., & Sunreni , S. . (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Di PHD (Pizza Hut Delivery) Sutomo Marapalam Padang . Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.31933/emjm.v1i1.769