Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Santan Cocomas pada PT. Bumi Sarimas Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31933/emjm.v1i2.843Keywords:
Kualitas Produk, Harga, Keputusan PembelianAbstract
Abstract: This study aims to determine: (1) product quality partially on the purchasing decision of coconut milk comes at PT Bumi Sarimas Indonesia and (2) price partially on the purchasing decision of coconut milk comes at PT Bumi Sarimas Indonesia. (3) product quality and price on purchasing decisions of cocoas coconut milk at PT Bumi Sarimas Indonesia. Hypothesis testing is done to show whether an independent variable partially and simultaneously affects the dependent variable. The results of the study at a significant level of 0.05 show that: 1) product quality has a positive and significant influence on purchasing decisions for cocoas coconut milk at PT Bumi Sarimas Indonesia which is shown from the results of t count = 6.192 with a significant level of 0.000. 2) price has a positive and significant influence on purchasing decisions for cocoas coconut milk at PT Bumi Sarimas Indonesia which is shown from the results of t count = 3,928 with a significant level of 0,000. 3) product quality and price simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions for cocoas coconut milk at PT Bumi Sarimas Indonesia which is shown from the results of f count = 125,522 with a significant level of 0,000.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) kualitas produk secara parsial terhadap keputusan pembelian santan cocomas pada PT Bumi Sarimas Indonesia (2) harga secara parsial terhadap keputusan pembelian santan cocomas pada PT Bumi Sarimas Indonesia. (3) kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian santan cocomas pada PT Bumi Sarimas Indonesia. Pengujian Hipotesis dilakukan untuk menunjukkan apakah suatu variabel independen secara parsial dan simultan mempengaruhi variabel dependen. Hasil penelitian pada taraf signifikan 0.05 menunjukkan bahwa: 1) kualitas produk memiliki pengaruh positif dan signifikan keputusan pembelian santan cocomas pada PT Bumi Sarimas Indonesia yang ditunjukkan dari hasil t hitung = 6.192 dengan tingkat signifikan 0.000. 2) harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian santan cocomas pada PT Bumi Sarimas Indonesia yang ditunjukkan dari hasil t hitung = 3.928 dengan tingkat signifikan 0.000. 3) kualitas produk dan harga secara smultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian santan cocomas pada PT Bumi Sarimas Indonesia yang ditunjukkan dari hasil f hitung = 125.522 dengan tingkat signifikan 0.000.
References
A.Thompson, Arthur Jr. (2016). Crafting and executing Strategy. United States : McGraw-Hill.
Agussalim Manguluang, 2010. Metodologi Penelitian.Padang: Ekasakti-Press. Agussalim Manguluang, 2017. Statistik. Padang : Ekasakti-press.
Amstrong, Kotler (2015., Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth Edition.England : Person Education, Inc.
Amilia dan Asmara. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan. Volume 6 (1): 660 : 669.
Aptaguna dan Pitaloka. 2016. Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Jurnal Program Studi Manajemen Universitas Pembangunan Jaya Vol. 3.
Assauri. (2015). Manajemen Pemasaran. Depok : PT. Rajagrafindo Persada. Danang Sunyoto. 2016. Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung : PT. Refika Aditama Anggota Ikapi.
Fakultas Ekonomi Universitas Ekasakti, 2019. Buku Pedoman Penulisan Proposal Skripsi, Skripsi/Tugas Akhir Dan Artikel Jurnal Ilmiah.Padang : Ekasakti Press.
Fandy, Tjiptono. 2016. Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, edisi 4, Andi Offset. Yogyakarta.
Garvin, David A. 2015. Alih bahasa Fandy Tjiptono, Strategi Pemasaran. Yogyakarta.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2016. Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 1, Edisi Kesembilan. Jakarta : Erlangga. P125.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Manajemen, 15th Edition,
Pearson Education, Inc.
Robbins, Stephen P. and Mary Coulter. 2016. Manajemen, Jilid 1 Edisi 13, Alih Bahasa : Bob Sabran Dan Devri Bardani P, Jakarta. : Erlangga.
Schiffman dan kanu, 2015 Consumer Behavior. 11th Edition. Global Edition.
Sudaryono. 2018. Metodologi Penelitian. Depok : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.
Suparyanto & Rosad. 2015.Manajemen Pemasaran.Yogyakarta : In Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EMJM.