Pengaruh Citra Merek, Harga, Promosi, Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Oppo Di Konter K-Onesmartphone Air Haji Kabupaten Pesisir Selatan
DOI:
https://doi.org/10.31933/emjm.v1i1.771Keywords:
Brand Image, Price, PromotionAbstract
Abstract: This study aims to determine the effect of Brand Image, Price, and Promotion on Mobile Purchase Decisions at the K-One Smartphone Counter in Air Haji Pesisir Selatan. The method used in this study is by using field research and literature. The population in this study was 984 people and the sample used a random sampling technique. The results of this study indicate that: the dominant indicator of the brand image variable is the strength of the brand association with the respondent's achievement level of 79.9%. The dominant indicator of the price variable is the affordability of the respondent's level of ability as much as 80.7%. The dominant indicator on the promotion variable is sales promotion with the respondent's achievement level of 82.3%. The dominant indicator on the purchasing decision variable is the habit of buying products with the respondent's level of ability as much as 81.0%. Brand image partially influences purchasing decisions. It is evident from the results of the t-table value of 1,987. So t count is 2,613 which displays greater than the t value table of 1.9872. So that t count > t table and the calculated sig value obtained is 0.011 <0.05 so that Ho is rejected and Ha is accepted. Brand image (X1) Price (X2) and Promotion (X3) simultaneously have a positive and significant effect on purchasing decisions. It is evident from the results of the calculated f value of 31.933 which is greater than the f table which is equal to 2.71 and the sig value resulting from the calculation is 0.000 which is smaller than the ? used of 0.05 or 5%.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Citra Merek Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone di Konter K – One Smartphone di Air Haji Pesisir Selatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan riset lapangan dan pustaka.Populasi dalam penelitian ini sebanak 984 orang dan sampel menggunakan teknik random sampling. hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : indikator dominan pada variabel citra merek adalah kekuatan asosiasi merek dengan tingkat capaian responden sebanyak 79.9%. Indikator dominan pada variabel harga adalah keterjangkauan harga dengan tingkat capaian responden sebanyak 80,7%. Indikator dominan pada variabel promosi adalah promosi penjualan dengan tingkat capaian responden sebanyak 82.3%. Indikator dominan pada variabel keputusan pembelian adalah kebiasaan dalam membeli produk dengan tingkat capaian responden sebanyak 81.0%.Citra merek secara parsial berpengaruh parsial terhadap keputusan pembelian.Terbukti dari hasil nilai t tabel sebesar 1.987.sehingga t hitung 2.613 yang nilainya lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1.9872. Sehingga t hitung > t tabel dan nilai sig perhitungan yang diperoleh adalah sebesar 0.011 < 0.05 jadi Ho ditolak dan Ha diterima. Citra merek(X1) Harga(X2) dan Promosi(X3) secara simultan / bersama – sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Terbukti dari hasil nilai f hitung 31,933 yang lebih besar dari f tabel yaitu sebesar 2.71 dan nilai sig yang dihasilkan dari perhitungan adalah 0.000 yang lebih kecil dari ? yang digunakan sebesar 0.05 atau 5%.
References
Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aditya Hangga Supangkat, September 2017. “Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian tas di intako” Journal Ekonomi Bisnis, Volume 6 no. 9
Ali Hasan, 2013, Marketing, Cetakan Pertama, Media Pressdindo Yogyakarta
Bob Sabran. 2014 Manajemen Pemasaran. Edisi 13 Jilid I. Jakarta: Erlangga
Buchari Alma, 2016 Manajemen Pemasaran dan Jasa. Bandung. Alfabeta
Cleryan Ari, Wibowo, 2016 “Pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo jenis android”,Journal Manajemen, Volume 4 no. 3
Edi Cahyono, Maret 2018 “Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo di sleman daerah istimewa yogyakarta” Journal Manajemen, Volume V, No.1,
Etta Mamang Sangadji & Sopiah. 2013. Citra Merek, Yogyakarta : Andi
Gitosudarno. 2014. Manajemen Pemasaran. Cetakan ketiga, Edisi Kedua,Yogyakarta :BPFE
Herman & Malau. 2017. Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Traditional Sampai Era ModernisasiGlobal.Bandung: Alfabeta
http://rencanamu.id/perusahaan/oppo profil oppo indonesia
https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jiab/article/download/21932/20184
Husni Mubarok. tahun 2018 “Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian bandeng “bresto” di ud. Arshaindo, gresik” Journal Manajemen Bisnis, Volume 06, no. 04
Irmalisa, Suharno, J. Kuleh. tahun 2016 “Pengaruh harga, kualitas produk dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian mobil toyota kijang innova di samarinda” Journal Manajemen, volume, 8, no.1
Iwan, Asron Saputra, tahun 2020 “Pengaruh citra merek dan promosi terhadap keputusan pembelian produk indocafe pada pt prima bintang distribusindo” Journa Manajemen, volume, VIII, no. 02
Kitler & Keller , 2016. Marketing Management, 15th Edition, Pearson Education,Inc.
Kotler & Amstrong, 2014, Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 Terjemahan Bob Sabran Jakarta : Erlangga.
Kotler & Amstrong, 2016, Dasar-Dasar Pemasaran Jilid 1, Edisi Kesembilan Jakarta : Erlangga. p125
Kotler & Keller. 2012, Manajemen Pemasaran Jilid I Edisi ke 12, Jakarta : Erlangga
Kotler & Keller. 2016. Marketing Management 16 Edition New Jersey : Pearson.
Lina Purnama, april 2020 “pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian jasa gojek di kota tanggerang”, Journal Ilmia Manajemen ubhara, Volume 2 no.1
Malau, 2017. Manajemen Pemasaran : Teori Aplikasi dan Pemasaran Era Tradisonal Sampai Era ModernisasiGlobal. Bandung : Alfabeta
Maria Magdalena, Nersi Ulan Sari. Juli 2019 “Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian mobil honda brio di kota padang” Journal Manajemen Bisnis, Volume 03, no. 02
Mila Yuni Pratiwi. juli 2017 “Pengaruh harga, promosi dan citra merek terhadap keputusan pembelian sepatu 2beat” Journal Manajemen Ilmiah Volume, 6 no. 7
Mursid, 2014 Management Pemasaran, Bumi Aksara, Jakarta
Novita Anggraini, Qodariah Barkah, Titin Hartini. Juni 2020 “Pengaruh promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan citra merek produk rabbani di palembang”, Journal Ilmiah, volume, 4, no.1
Peter & Olson, 2014. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Sembilan. Buku 2. Penerbit salemba empat.jakarta
Reiga Prahastika, April 2018 “Pengaruh harga, kualitas produk, dan citra merek terhadap keputusan pembelian kecap manis” Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 7, no. 4
Reni Yuliviona, Reza Fabio, Dahliana Khamener. oktober 2017 “Pengaruh promosi, lokasi, dan citra merek terhadap keputusan pembelian wisatawan pada pusat oleh-oleh bani rawi di kabupaten tanah datar”. Journal Menara Ekonomi, Volume, 3, no.6
Rizki Kurniawan, Ratmono, Nani Septian. Desember 2018 “Pengaruh harga, citra merek, kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian kartu paket data internet telkomsel di kota metro” Jurnal Dinamika, volume 4, no.2
Siti Nurhayati, september 2017 “Pengaruh citra merek, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian handphone samsung di yogyakarta”. Journal Manajemen, Volume IV ISSN: 2252-5483
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, In Media, Yogyakarta.
Suri Amalia. Mei 2017 “pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone xiomi di kota langsa” Journal Manajemen Volume, 6 no. 1
Tjiptono, 2015. Brand Management & Strategy, Yogyakarta : Andi
Tjiptono, 2016. Pemasaran Jasa (Prinship, Penerapan, dan Penelitian), Yogyakarta : Andi
Vernando, 2018, pengaruh citra merek, kualitas produk dan promosi produk terhadap keputusan pembelian smartphone samsung. ManajemenFakultas Ekonomi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta
Viola De Yusa, 2018 “pengaruh citra merek, harga dan promosi dalam keputusan pembelian air minum dalam kemasan (AMDK) rivero di bandar lampung”,Journal Ilmiah FE-UMM, Volume 12, No.1
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EMJM.