Pengaruh Brand Image dan Lokasi Terhadap Impulse Buying Produk Sepatu Fladeo Geray Matahari Basko Grand Mall Padang

Authors

  • Monica Pricilia Universitas Ekasakti
  • Agussalim M Universitas Ekasakti
  • Rice Haryti Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v3i2.1268

Keywords:

Brand Image, Lokasi, Impulse Buying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Menguji dan menganalisis 1 Indikator mana yang paling dominan dari brand image dan lokasi terhadap impulse buying produk Sepatu Fladeo Geray Matahari Basko Grand Mall Padang, 2. Pengaruh brand image dan lokasi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap impulse buying produk Sepatu Fladeo Geray Matahari Basko Grand Mall Padang. Populasi 2.403orang dansampel 96 orang. Metode analisis data adalah Analisis  Regresi Linear Berganda dan koefisien determinan sedangkan metode pengujian hipotesis adalah Uji t dan Uji F. Hasil dari Penelitian  Variabel brand image memiliki rata-rata TCR 82,60% termasuk kriteria baik. Nilai TCR tertinggi indikator kekuatan asosiasi merek dengan nilai TCR sebesar 83,20%, variabel lokasi memiliki rata-rata TCR 84,00 % termasuk kriteria baik. Nilai TCR tertinggi didapatkan pada indikator akses dengan nilai TCR sebesar 85,00% dan variabel impulse buying memiliki rata-rata TCR 84,00 % termasuk kriteria baik. Nilai TCR tertinggi didapatkan pada indikator buying without needs identification dengan nilai TCR sebesar 84,60%, variabel brand image dan lokasi secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying produk sepatu Fladeo Geray Matahari Basko Grand Mall Padang

References

A.Parasuraman., 2014., The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey : Prentince Hall.

Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta

Adiputra, E. 2015. ( Impulse Buying ) Di Pusat Perbenjaan Modern Di Surabaya. An Nisbah, 01(02).

Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang

Akinyele Samuel Taiwo. 2010. The influence of work environment on workers productivity: A case of selected oil and gas industry in Lagos, Nigeria.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Revisi VII). Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta

Buchari, & Alma, 2013, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.

Fandy Tjiptono dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi

Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.

Gagic,Tesanovic,jovicic,2013.The Vital Components of Restaurant Quality that Affect Guest Satisfaction. TURIZAM Volume 17,Issue 4 166-176 (2013)

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guntur, Dr. Effendi M. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran + Membangun Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.

Haming, M., dan Mahmud Nurnajamuddin., 2011. Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta: Bumi Aksara.

Handoko. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Bandung: Pustaka Setia, Bandung.

Heizer, Jay dan Render, Barry. 2016. Manajemen Operasi. Edisi Sebelas.. Jakarta: Salemba Empat

Kotler, & Philip, 2014, Manajemen Pemasaran, Jilid1 ,PT. Indeks. Jakarta

Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Keller. 2016. Marketing management. 15e, Boston, Pearson Education.

Kotler, Philip & Armstrong 2012 Marketing Management 14th Edition New Jersey: Pretice Hall.

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016 Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012 Marketing Management New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016 Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.

Kotler, Philip& Armstrong, Gary,2014,Prinsip prinsip Manajemen, Edisi14, Jilid 1, Erlangga, Jakarta

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat

Lupyoadi, R dan Hamdani, A. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.

Machfoedz, Mahmud. 2010 “Komunikasi Pemasaran Modern”, Cetakan Pertama, Cakra Ilmu, Yogyakarta

Prof Dr Muhardi, 2011. Manajemen Operasi : Suatu pendekatan kuantitatif untuk pengambilan keputusan. PT Refika Aditama : Bandung

Rangkuti, Freddy. Tjiptono 2015 Riset Pemasaran. Cetakan kedua belas. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.

Ratnasari Tri Ririn, Mastuti H Aksa. 2011 . Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit: Ghalia Indonesia

Sangadji, E. M., & Sopiah, 2013. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sinambela, Lukman. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, CV. Alfabeta, Bandung

Tim Penyusun Fekon UNES, 2013, Buku Pedoman Penulisan Proposal Skripsi, Skripsi/ Tugas Akhir dan Artikel JurnalI lmiah, Ekasakti Press, Padang

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2016. Pemasaran Strategik. Yogyakarta,. ANDI

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Jurnal

Chang, E. C., & Tseng, Y. F. (2013). Research note: E-store image, perceived value and perceived risk. Journal of Business Research, 66(7), 864–870

Chaturvedi, R. K., & Yadav, S. K. (2015). Influence of in-Store Factors on Impulse Buying. Amity Journal of Management, 7(2), 43–55.

Dewi, K. K. (2016). Pengaruh Retail Mix Terhadap Impulse Buying Pada Hypermarket di Kabupaten Bandung. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(6), 3421–3448.

Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares?: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Graciola, A. P., De Toni, D., Milan, G. S., & Eberle, L. (2020). Mediated-moderated effects: High and low store image, brand awareness, perceived value from mini and supermarkets retail stores. Journal of Retailing and Consumer Services, 55

In’am, M., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2016). Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pembelian Impulsif (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian Impulsif di Distro 3Second Cabang Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1), 92–100.

Kamalul Ariffin, S., Mohan, T., & Goh, Y. N. (2018). Influence of Consumers’ Perceived Risk on Consumers’ Online Purchase Intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 12(3), 309–327

Keller, K. L. (2016). Strategic Brand Management Building, Measuring and Managing Brand Equity. Journal of Brand Management (Fourth Edi). New York: Pearson. https://doi.org/10.1057/bm.1998.36

Konuk, F. A. (2018). The role of store image, perceived quality, trust and perceived value in predicting consumers’ purchase intentions towards organic private label food. Journal of Retailing and Consumer Services, 43(April),

Kurniawan, Denny. "Pengaruh promosi dan store atmosphere terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel intervening studi kasus di Matahari department store cabang supermall Surabaya." Jurnal Strategi Pemasaran 1.2 (2013): 1-8.

Lo, L. Y. S., Lin, S. W., & Hsu, L. Y. (2016). Motivation for online impulse buying: A two-factor theory perspective. International Journal of Information Management, 36(5),

Makal, E. N. (2018). Pengaruh Faktor Situasional dan Store Image Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Motivasi Belanja Hedonic Sebagai Intervening. Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 6(1), 27–42.

Meli, Wan Fitriana. Pengaruh Brand Image dan Cita Rasa Terhadap Impulse Buying Produk Thai Tea Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Diss. UMSU, 2020.

Ningsih, Destyana. "Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Impulse Buying Secara Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Tulungagung." (2018).

Pranantha, Kadek Adi Surya, and Nyoman Sri Subawa. "Lifestyle Marketing, Brand Personality, Brand Image, Customer Satisfaction, Customer Loyalty dan Impulse Buying." Jurnal Manajemen Bisnis 16.4 (2019): 116-144.

Purniawati, Ita. Pengaruh Psychological Pricing Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Pelanggan Swalayan Surya Juanda Ponorogo). Diss. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2017.

Ramadhan, Bibik Rizky. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Distro Arena Experience Clothing Kota Bandung (Survey Terhadap Konsumen Arena Experience Kota Bandung). Diss. Univesitas Komputer Indonesia, 2020.

Rangga, M. (2018). Pengaruh Store Athmosphere dan Store Location Terhadap Impulse Buying Pada U.D Syafa Marwa. JOM Fisip, 5(9), 1–21.

Safa'atillah, N. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Price Discount, Bonus Pack dan Brand Image terhadap Konsumen dalam Melakukan Impulse Buying pada Produk Oriflame Di Kota Lamongan. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(3), 11-Halaman.

Safitri, D. R. N. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Impulse Buying Konsumen Kampung Coklat Blitar. Management Analysis Journal, 12(5), 1–14.

Safitri, Dayinta Rizki Nur, and Sugeng Basuki. "Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Impulse Buying Konsumen Kampung Coklat Blitar." Jurnal Aplikasi Bisnis 3.1 (2018): 183-188.

Sari, Andini Kartika. "Pengaruh Discount, Brand Image, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying." Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 2.2 (2020): 199-211

Sobir, O. Z. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Retail Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Hypermarket Transmart Carrefour di Provinsi DKI Jakarta). Mediastima, 25(2), 143–163.

Solimun, S., & Fernandes, A. A. R. (2018). The mediation effect of customer satisfaction in the relationship between service quality, service orientation, and marketing mix strategy to customer loyalty. Journal of Management Development, 37(1), 76–87.

Store, M. D., & Lapian, S. L. H. V. J. (2020). Dampak Discount, Brand Image Dan in Store Display Terhadap Impulse Buying Pada Pt. Matahari Departement Store Mantos 2. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 124–133.

Sudhana, P., Lukmandono, L., & Prabowo, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Impulse Buying Dengan Niche Market Sebagai Moderasi Pada Industri Jasa Pendidikan. Industri Inovatif?: Jurnal Teknik Industri, 8(1), 38–44.

Sun, T. R. (2015). The Review of Physical Store Factors That Influence Impulsive Buying Behavior. International Journal of Management, Accounting and Economics, 2(9), 1048–1054.

Sundström, M., Hjelm-Lidholm, S., & Radon, A. (2019). Clicking the boredom away – Exploring impulse fashion buying behavior online. Journal of Retailing and Consumer Services, 47(November 2018), 150–156.

Suprapto, R. P., & Dewi, R. S. (2014a). Pengaruh Store Image dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Robinson Departement Store Mal Ciputat Semarang). Manajemen Riset Bisnis, 2(12).

Suprapto, R. P., & Dewi, R. S. (2014b). Pengaruh Store Image dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Robinson Department Store Mall Ciputra Semarang). Jurnal Retail, 12(02).

Utami, R. S. N. I. S. S. S., & Sunarso. (2017). Analisis pengaruh store atmosphere, harga, kualitas pelayanan, dan keragaman produk terhadap kepuasan konsumen pada cafe & resto. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17(2), 390–398.

Wahyuni, S., & Raharjo, S. (2019). Pengaruh Store Image dan Store Athmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Definna Swalayan Di Tenggarong. Jemi, 19(1), 53–62.

Widiyati, Sri, and Saiful Ghozi. "Peningkatan Impulse Buying Mahasiswa di Semarang terhadap Produk Fashion Lokal melalui Ethnocentrism, Brand Image dan Country of Origin (COO)." Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen 8.1 (2018): 49-56

Wijaya, C. H. (2019). Pengaruh Store Image, Store Atmospherics dan Store Theatrics Terhadap Impulse Buying Pada The Body Shop Galaxy Mall Surabaya. Riset Manajemen, 6(2).

Wirtz, J., & Lovelock, C. (2011). Service Marketing Peopel, Technology, Strategy. Services Marketing: People, Technology, Strategy (Seventh Ed). Boston: Prentice-Hall.

Wu, I. L., Chiu, M. L., & Chen, K. W. (2020). Defining the determinants of online impulse buying through a shopping process of integrating perceived risk, expectation-confirmation model, and flow theory issues. International Journal of Information Management, 52(May 2019), 102099.

Zafar, A. U., Qiu, J., Li, Y., Wang, J., & Shahzad, M. (2021). The impact of social media celebrities’ posts and contextual interactions on impulse buying in social commerce.

Zhang, L., Shao, Z., Li, X., & Feng, Y. (2020). International Journal of Information Management Gamification and online impulse buying?: The moderating effect of gender and age. International Journal of Information Management, (January)

Downloads

Published

2025-04-24

How to Cite

Pricilia, M., Agussalim M, & Haryti, R. (2025). Pengaruh Brand Image dan Lokasi Terhadap Impulse Buying Produk Sepatu Fladeo Geray Matahari Basko Grand Mall Padang. Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 3(2), 190–211. https://doi.org/10.31933/emjm.v3i2.1268