Pengaruh Brand Image dan Lokasi Terhadap Impulse Buying Produk Sepatu Fladeo Geray Matahari Basko Grand Mall Padang
DOI:
https://doi.org/10.31933/emjm.v3i2.1268Keywords:
Brand Image, Lokasi, Impulse BuyingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk Menguji dan menganalisis 1 Indikator mana yang paling dominan dari brand image dan lokasi terhadap impulse buying produk Sepatu Fladeo Geray Matahari Basko Grand Mall Padang, 2. Pengaruh brand image dan lokasi secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap impulse buying produk Sepatu Fladeo Geray Matahari Basko Grand Mall Padang. Populasi 2.403orang dansampel 96 orang. Metode analisis data adalah Analisis Regresi Linear Berganda dan koefisien determinan sedangkan metode pengujian hipotesis adalah Uji t dan Uji F. Hasil dari Penelitian Variabel brand image memiliki rata-rata TCR 82,60% termasuk kriteria baik. Nilai TCR tertinggi indikator kekuatan asosiasi merek dengan nilai TCR sebesar 83,20%, variabel lokasi memiliki rata-rata TCR 84,00 % termasuk kriteria baik. Nilai TCR tertinggi didapatkan pada indikator akses dengan nilai TCR sebesar 85,00% dan variabel impulse buying memiliki rata-rata TCR 84,00 % termasuk kriteria baik. Nilai TCR tertinggi didapatkan pada indikator buying without needs identification dengan nilai TCR sebesar 84,60%, variabel brand image dan lokasi secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap impulse buying produk sepatu Fladeo Geray Matahari Basko Grand Mall Padang
References
A.Parasuraman., 2014., The Behaviorial Consequenses of Service Quality. New Jersey : Prentince Hall.
Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta
Adiputra, E. 2015. ( Impulse Buying ) Di Pusat Perbenjaan Modern Di Surabaya. An Nisbah, 01(02).
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang
Akinyele Samuel Taiwo. 2010. The influence of work environment on workers productivity: A case of selected oil and gas industry in Lagos, Nigeria.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek (Revisi VII). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta
Buchari, & Alma, 2013, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung.
Fandy Tjiptono dan Gregorius chandra. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.
Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi
Fandy, Tjiptono. 2011. Service Management Mewujudkan Layanan Prima. Edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Gagic,Tesanovic,jovicic,2013.The Vital Components of Restaurant Quality that Affect Guest Satisfaction. TURIZAM Volume 17,Issue 4 166-176 (2013)
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariat Dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 20 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Guntur, Dr. Effendi M. 2010. Transformasi Manajemen Pemasaran + Membangun Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta.
Haming, M., dan Mahmud Nurnajamuddin., 2011. Manajemen Produksi Modern Operasi Manufaktur dan Jasa. Jakarta: Bumi Aksara.
Handoko. (2015). Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Pertama. Bandung: Pustaka Setia, Bandung.
Heizer, Jay dan Render, Barry. 2016. Manajemen Operasi. Edisi Sebelas.. Jakarta: Salemba Empat
Kotler, & Philip, 2014, Manajemen Pemasaran, Jilid1 ,PT. Indeks. Jakarta
Kotler, dan Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, dan Keller. 2016. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Keller. 2016. Marketing management. 15e, Boston, Pearson Education.
Kotler, Philip & Armstrong 2012 Marketing Management 14th Edition New Jersey: Pretice Hall.
Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2016 Prinsip-prinsip Pemasaran. Edii13. Jilid 1. Jakarta:Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2012 Marketing Management New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, 2016 Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip& Armstrong, Gary,2014,Prinsip prinsip Manajemen, Edisi14, Jilid 1, Erlangga, Jakarta
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (Edisi 3). Jakarta: Salemba Empat
Lupyoadi, R dan Hamdani, A. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat.
Machfoedz, Mahmud. 2010 “Komunikasi Pemasaran Modern”, Cetakan Pertama, Cakra Ilmu, Yogyakarta
Prof Dr Muhardi, 2011. Manajemen Operasi : Suatu pendekatan kuantitatif untuk pengambilan keputusan. PT Refika Aditama : Bandung
Rangkuti, Freddy. Tjiptono 2015 Riset Pemasaran. Cetakan kedua belas. Jakarta:Gramedia Pustaka Utama.
Ratnasari Tri Ririn, Mastuti H Aksa. 2011 . Manajemen Pemasaran Jasa. Penerbit: Ghalia Indonesia
Sangadji, E. M., & Sopiah, 2013. Consumer Behavior: Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Sinambela, Lukman. 2014. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono 2015 Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D, CV. Alfabeta, Bandung
Tim Penyusun Fekon UNES, 2013, Buku Pedoman Penulisan Proposal Skripsi, Skripsi/ Tugas Akhir dan Artikel JurnalI lmiah, Ekasakti Press, Padang
Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, 2016. Pemasaran Strategik. Yogyakarta,. ANDI
Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa–Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.
Jurnal
Chang, E. C., & Tseng, Y. F. (2013). Research note: E-store image, perceived value and perceived risk. Journal of Business Research, 66(7), 864–870
Chaturvedi, R. K., & Yadav, S. K. (2015). Influence of in-Store Factors on Impulse Buying. Amity Journal of Management, 7(2), 43–55.
Dewi, K. K. (2016). Pengaruh Retail Mix Terhadap Impulse Buying Pada Hypermarket di Kabupaten Bandung. E-Jurnal Manajemen Unud, 5(6), 3421–3448.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares?: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Graciola, A. P., De Toni, D., Milan, G. S., & Eberle, L. (2020). Mediated-moderated effects: High and low store image, brand awareness, perceived value from mini and supermarkets retail stores. Journal of Retailing and Consumer Services, 55
In’am, M., Suharyono, S., & Yulianto, E. (2016). Analisis Faktor Faktor yang Berpengaruh Terhadap Pembelian Impulsif (Survei pada Pengunjung yang Melakukan Pembelian Impulsif di Distro 3Second Cabang Mall Olympic Garden Malang). Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 36(1), 92–100.
Kamalul Ariffin, S., Mohan, T., & Goh, Y. N. (2018). Influence of Consumers’ Perceived Risk on Consumers’ Online Purchase Intention. Journal of Research in Interactive Marketing, 12(3), 309–327
Keller, K. L. (2016). Strategic Brand Management Building, Measuring and Managing Brand Equity. Journal of Brand Management (Fourth Edi). New York: Pearson. https://doi.org/10.1057/bm.1998.36
Konuk, F. A. (2018). The role of store image, perceived quality, trust and perceived value in predicting consumers’ purchase intentions towards organic private label food. Journal of Retailing and Consumer Services, 43(April),
Kurniawan, Denny. "Pengaruh promosi dan store atmosphere terhadap impulse buying dengan shopping emotion sebagai variabel intervening studi kasus di Matahari department store cabang supermall Surabaya." Jurnal Strategi Pemasaran 1.2 (2013): 1-8.
Lo, L. Y. S., Lin, S. W., & Hsu, L. Y. (2016). Motivation for online impulse buying: A two-factor theory perspective. International Journal of Information Management, 36(5),
Makal, E. N. (2018). Pengaruh Faktor Situasional dan Store Image Terhadap Pembelian Impulsif Dengan Motivasi Belanja Hedonic Sebagai Intervening. Jurnal Riset Bisnis & Manajemen, 6(1), 27–42.
Meli, Wan Fitriana. Pengaruh Brand Image dan Cita Rasa Terhadap Impulse Buying Produk Thai Tea Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Diss. UMSU, 2020.
Ningsih, Destyana. "Pengaruh Marketing Mix, Kualitas Pelayanan, Dan Citra Merek Terhadap Impulse Buying Secara Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (Iain) Tulungagung." (2018).
Pranantha, Kadek Adi Surya, and Nyoman Sri Subawa. "Lifestyle Marketing, Brand Personality, Brand Image, Customer Satisfaction, Customer Loyalty dan Impulse Buying." Jurnal Manajemen Bisnis 16.4 (2019): 116-144.
Purniawati, Ita. Pengaruh Psychological Pricing Dan Visual Merchandising Terhadap Impulse Buying Dengan Brand Image Sebagai Variabel Moderating (Studi Kasus pada Pelanggan Swalayan Surya Juanda Ponorogo). Diss. Universitas Muhammadiyah Ponorogo, 2017.
Ramadhan, Bibik Rizky. Pengaruh Price Discount Dan Bonus Pack Terhadap Impulse Buying Pada Distro Arena Experience Clothing Kota Bandung (Survey Terhadap Konsumen Arena Experience Kota Bandung). Diss. Univesitas Komputer Indonesia, 2020.
Rangga, M. (2018). Pengaruh Store Athmosphere dan Store Location Terhadap Impulse Buying Pada U.D Syafa Marwa. JOM Fisip, 5(9), 1–21.
Safa'atillah, N. (2017). Analisis Pengaruh Faktor Price Discount, Bonus Pack dan Brand Image terhadap Konsumen dalam Melakukan Impulse Buying pada Produk Oriflame Di Kota Lamongan. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 2(3), 11-Halaman.
Safitri, D. R. N. (2016). Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Impulse Buying Konsumen Kampung Coklat Blitar. Management Analysis Journal, 12(5), 1–14.
Safitri, Dayinta Rizki Nur, and Sugeng Basuki. "Pengaruh Store Atmosphere Dan Lokasi Terhadap Impulse Buying Konsumen Kampung Coklat Blitar." Jurnal Aplikasi Bisnis 3.1 (2018): 183-188.
Sari, Andini Kartika. "Pengaruh Discount, Brand Image, dan Store Atmosphere terhadap Impulse Buying." Academica: Journal of Multidisciplinary Studies 2.2 (2020): 199-211
Sobir, O. Z. (2019). Pengaruh Strategi Bauran Retail Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Hypermarket Transmart Carrefour di Provinsi DKI Jakarta). Mediastima, 25(2), 143–163.
Solimun, S., & Fernandes, A. A. R. (2018). The mediation effect of customer satisfaction in the relationship between service quality, service orientation, and marketing mix strategy to customer loyalty. Journal of Management Development, 37(1), 76–87.
Store, M. D., & Lapian, S. L. H. V. J. (2020). Dampak Discount, Brand Image Dan in Store Display Terhadap Impulse Buying Pada Pt. Matahari Departement Store Mantos 2. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(3), 124–133.
Sudhana, P., Lukmandono, L., & Prabowo, R. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Impulse Buying Dengan Niche Market Sebagai Moderasi Pada Industri Jasa Pendidikan. Industri Inovatif?: Jurnal Teknik Industri, 8(1), 38–44.
Sun, T. R. (2015). The Review of Physical Store Factors That Influence Impulsive Buying Behavior. International Journal of Management, Accounting and Economics, 2(9), 1048–1054.
Sundström, M., Hjelm-Lidholm, S., & Radon, A. (2019). Clicking the boredom away – Exploring impulse fashion buying behavior online. Journal of Retailing and Consumer Services, 47(November 2018), 150–156.
Suprapto, R. P., & Dewi, R. S. (2014a). Pengaruh Store Image dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Robinson Departement Store Mal Ciputat Semarang). Manajemen Riset Bisnis, 2(12).
Suprapto, R. P., & Dewi, R. S. (2014b). Pengaruh Store Image dan Store Atmosphere Terhadap Impulse Buying (Studi Pada Konsumen Robinson Department Store Mall Ciputra Semarang). Jurnal Retail, 12(02).
Utami, R. S. N. I. S. S. S., & Sunarso. (2017). Analisis pengaruh store atmosphere, harga, kualitas pelayanan, dan keragaman produk terhadap kepuasan konsumen pada cafe & resto. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 17(2), 390–398.
Wahyuni, S., & Raharjo, S. (2019). Pengaruh Store Image dan Store Athmosphere Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Definna Swalayan Di Tenggarong. Jemi, 19(1), 53–62.
Widiyati, Sri, and Saiful Ghozi. "Peningkatan Impulse Buying Mahasiswa di Semarang terhadap Produk Fashion Lokal melalui Ethnocentrism, Brand Image dan Country of Origin (COO)." Esensi: Jurnal Bisnis dan Manajemen 8.1 (2018): 49-56
Wijaya, C. H. (2019). Pengaruh Store Image, Store Atmospherics dan Store Theatrics Terhadap Impulse Buying Pada The Body Shop Galaxy Mall Surabaya. Riset Manajemen, 6(2).
Wirtz, J., & Lovelock, C. (2011). Service Marketing Peopel, Technology, Strategy. Services Marketing: People, Technology, Strategy (Seventh Ed). Boston: Prentice-Hall.
Wu, I. L., Chiu, M. L., & Chen, K. W. (2020). Defining the determinants of online impulse buying through a shopping process of integrating perceived risk, expectation-confirmation model, and flow theory issues. International Journal of Information Management, 52(May 2019), 102099.
Zafar, A. U., Qiu, J., Li, Y., Wang, J., & Shahzad, M. (2021). The impact of social media celebrities’ posts and contextual interactions on impulse buying in social commerce.
Zhang, L., Shao, Z., Li, X., & Feng, Y. (2020). International Journal of Information Management Gamification and online impulse buying?: The moderating effect of gender and age. International Journal of Information Management, (January)
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Monica Pricilia, Agussalim M, Rice Haryti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EMJM.