Pengaruh Persepsi Harga Dan Kulitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Konsumen Pada Budiman Swalayan Cabang Pondok

Authors

  • Ilyas Roya Universitas Ekasakti
  • Bakkareng Universitas Ekasakti
  • Hosra Afrizoni Universitas Ekasakti

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v2i4.1152

Keywords:

Persepsi Harga, Citra Merek, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Indikator manakah yang paling dominan pada variabel persepsi harga, brand image  dan kepuasan pelanggan. 2. Pengaruh Persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan. 3. Pengaruh Citra Merek terhadap kepuasan pelanggan. 4. Pengaruh Persepsi harga dan Citra Merek secara simultan terhadap kepuasan pelanggan Swalayan Budiman Cabang Pondok. Populasi dalam penelitian ini adalan pelanggan Swalayan Budiman Cabang Pondok pada tahun 2020 sebanyak 23.932 orang. Sampel penelitian menggunakan rumus Slovin sehingga diperoleh sampel sebanyak 100 orang Pelanggan. Data penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada Pelanggan Swalayan Budiman Cabang Pondok. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis t dan f. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1. Variabel Persepsi Harga berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelangggan. 2. Variabel Citra Merek (Brand image)  berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Pelangggan. 3. Variabel persepsi harga dan brand image secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan 4. Kontribusi persepsi harga dan Citra Merek (Brand image) terhadap Kepuasan Pelangggan sebesar 63,7% sedangkan sisanya 36,3% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

References

Aditia, A. R. R., Wadud, M., & DP, M. K. (2020). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan Sepeda Motor NMAX pada PT Yamaha A. Rivai Palembang. Jurnal Nasional Manajemen Pemasaran & SDM, 1(01), 23-37.

Agussalim Manguluang, 2015. Statistik Lanjutan, Ekasakti Press, Padang.

Alma, Buchari. 2013. Kepuasan Pelanggan. (Studi Pada Warung Al-Barokah Palembang).

Arifin, S., Hufron, M., & Wahono, B. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Customer Value Dan Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Jasa Travel Pelangi Antar Nusa). Jurnal Ilmiah Riset Manajemen, 9(01).

Arikunto,2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta Rineka Cipta.

Armstrong, Kotler 2015, “Marketing an Introducing Prentice Hall twelfth edition”, England: Pearson Education, Inc.

Budiastari, S. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Beton Siap Pakai Holcim di Jakarta. Jurnal Dinamika Manajemen dan Bisnis, 1(1), 87-106.

Budiyanto, A. (2018). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Layanan Dan Brand image Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan Di PT. Yerry Primatama Hosindo. Jurnal pemasaran kompetitif, 1(3).

Fandy, Tjiptono dan Greforius, Chandra. 2016.Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Yogyakarta: Andi.

Ghozali, Imam. 2014. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Harahap, R. (2018). Pengaruh Kualitas produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Cepat saji KFC Cabang Asia Mega Mas Medan. Jumant, 7(1), 77-84.

Kotler & Keller. 2016. Marketing Management. 15e Global Edition. Jakarta. Erlangga

Kotler Philip. 2014. Buku Prinsip Prinsip Pemasaran edisi 12 Jilid I&2. Edisi Ke 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. 2016. Essex Marketing Management-15, England:Pearson Education.

Kotler, Phillip dan Kevin L. Keller. (2016). Marketing Management 16 edition. Jakarta. Erlangga.

Lesmana, R. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pt. Radekatama Piranti Nusa. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), 115-129.

Nasution, S. M. A. (2017). Pengaruh Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Pegadaian (Persero) Kanwili Medan. Jurnal Ilmiah Kohesi, 1(1).

Ndruru, Y. G., & Rinaldo, J. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kualitas Produk Dan Hargaterhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Transmart Kota Padang. Matua Jurnal, 3(1), 123-134.

Ningtiyas, T. S. (2020). Pengaruh persepsi harga, lokasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada jasa pengiriman barang. iqtishadEQUITY, 2(1).

Noor, F., & Utari, W. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Produk Pt. Salim Ivomas Pratama Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro). Jurnal Mitra Manajemen, 4(4), 581-594.

Razak, I., Nirwanto, N., & Triatmanto, B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2), 1-14.

Rosiana Malik: Bakkareng: Delvianti. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap kepuasan pelanggan toko Kosmetik Pada Toko Khanza Kecamatan Koto Tangah Kota Padang. Matua Jurnal, 3(1), 135-150.

Sari, M. R., & Lestari, R. (2019). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Dan Dampaknya Pada Minat Pembelian Ulang Pelanggan Keretaapi Kelas Eksekutif Argo Parahyangan. Oikonomia: Jurnal Manajemen, 15(1).

Savitri, I. A. P. D., & Wardana, I. M. (2018). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan dan Niat Beli Ulang. E Jurnal Manajemen, 7(10).

Tjiptono, Fandy. 2014, Pemasaran Jasa–Prinsip,Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy.dan Diana. 2017. Kepuasan Pelanggan- Konsep, Pengukuran dan Strategi. Andi.Sleman Yogyakarta.

Wijaya, F., & Sujana, S. (2020). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Word Of Mouth. Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 1(1), 9-18.

Yulian Zamit .2017. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Ekonisia. Yogyakarta

Downloads

Published

2024-10-27

How to Cite

Ilyas Roya, Bakkareng, & Hosra Afrizoni. (2024). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kulitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Konsumen Pada Budiman Swalayan Cabang Pondok . Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 2(4), 325–337. https://doi.org/10.31933/emjm.v2i4.1152