Pengaruh Harga Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko R4 Petshop Padang

Authors

  • Ahmad Hasan Yani Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Salfadri Salfadri Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Yulistia Yulistia Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v2i2.1050

Keywords:

Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Indikator mana yang dominan dari variabel harga, kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan. 2. Pengaruh harga secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan. 3.  pengaruh Kualitas Pelayanan secara parsial terhadap Loyalitas. 4. Pengaruh Kepuasan pelanggan secara parsial terhadap Loyalitas Pelanggan. 5. Pengaruh Harga, kualitas pelayanan dan kepuasan pelanggan secara simultan terhadap Loyalitas pelanggan Toko R4 Petshop Padang. Populasi penelitian ini adalah pelanggan Toko R4 Petshop Padang pada tahun 2021 dengan jumlah 1.204 Orang dan diperoleh sampel dengan menggunakan rumus slovin sebanyak 92 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada karyawan. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi serta uji hipotesis t dan F. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1. harga berpengaruh negatif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 2. kualitas pelayanan berpengaruh positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan. 3. Kepuasan Pelanggan berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Loyalitas Pelangggan. 4. Kontribusi variabel Harga, harga dan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelangggan sebesar 27,4% sedangkan sisanya 72,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini.

References

A. A. Anwar Prabu Mangkunegara . (2016) . Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT . Remaja Rosdakarya . Bandung.

Agussalim Manguluang, (2017) . Statistik, Ekasakti-press, Padang.

Agussalim, M ., & Hadya, R . (2021) . Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Dan Promosi Jabatan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Pada Poltekkes Kementerian Kesehatan Ri Padang . Matua Jurnal, 3(3), 511-522.

Busro, Muhammad . (2018) . Teori-Teori Manajemen Sumber Daya Manajemen . Vol1 . Jakarta Prenadamedia Group.

Fitri, Y. R. (2021). Pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt . Semen Padang . Matua Jurnal, 3(1), 197-207.

Jailani, R. W. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Pt . Elang Perkasa Motor Padang . Matua Jurnal, 2(2), 334-345 .

Moeheriono . (2012) . Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi . Jakarta: Raja Grafindo Persada .

Syahropi, I ., & KasmiruDdin, K . (2016) . Pengaruh Semangat Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pt . Bangkinang Di Pekanbaru (Studi Kasus Pada Karyawan Tetap Pt . Bangkinang)(Doctoral dissertation, Riau University) .

Yanti, N . (2021) . Pengaruh Gaji dan Semangat Kerja Terhadap Produktifitas Kerja Karyawan PT Karya Empat Pilar . Matua Jurnal, 3(2), 393-402 .

Yanti, S ., & Yanti, N . (2020) . Pengaruh Perilaku Kerja Dan Disiplin Kerja Terhadap Pengembangan Karir Karyawan Pada Premier Basko Hotel Padang . Matua Jurnal, 2(4), 371-380.

Downloads

Published

2024-05-03

How to Cite

Ahmad Hasan Yani, Salfadri, S., & Yulistia, Y. (2024). Pengaruh Harga Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Toko R4 Petshop Padang. EKASAKTI MATUA JURNAL MANAJEMEN, 2(2), 115–124. https://doi.org/10.31933/emjm.v2i2.1050

Most read articles by the same author(s)