Analisis Kualitas Pelayanan Costumer Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Gunung Pangilun

Authors

  • Juhanda Ismet Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Bakkareng Bakkareng Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Hosra Afrizoni Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v2i1.1014

Keywords:

Kehandalan, Daya Tanggap, Jaminan, Perhatian, Bukti Fisik, Kepuasan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah kehandalan berpengaruh  terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Pangilun ; (2) apakah daya tanggap berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Pangilun ; (3) apakah jaminan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Pangilun (4) apakah perhatian berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Pangilun (5) apakah bukti fisik berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Pangilun. Populasi sebanyak 14.684 orang dan sampel yang digunakan adalah 99 orang nasabah dibank syariah Indonesia KCP Gunung Pangilun. Data penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda, uji t, uji F. Hasil regresi dan uji hipotesis menunjukkan bahwa 1) kehandalan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Panggilun. 2) Daya tanggap berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Panggilun. 3) Jaminan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Panggilun. 4) Perhatian berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Panggilun. 5) Bukti fisik berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pelanggan dibank syariah Indonesia KCP Gunung Panggilun.

References

Armanto, I. D. (2018). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Indihome Triple Play. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 7(3), 1282. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2018.v7.i03.p06

Candera, M., & Herudiansyah, G. (2019). Dimensi Kualitas Layanan dan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Mahasiswa dengan Tingkat Kepuasan sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 7(2). https://doi.org/10.35137/jmbk.v7i2.254

Donni Juni Priansa., 2017., merencanaan dan mengembangan SDM, Alfabeta: Bandung.

Fandy Tjiptono. 2015. pengembangan Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Firmansyah, Anang dan Mahardhika, Budi W.(2018) Pengantur Manajemen. Yogyakarta: Penertbit Deepublish.

Firmansyah, Anang. 2018. sikap Konsumen (prilaku dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish

Kasmir. 2017. Customer service is very good, edisi kedua. Depok : pt rajagrafindo persada

Kasmir.2018,costomer services excellent,depok: PT rajagrafindo persada

Kothler,donni juni. 2017. marketing, Edisi pertama. Salemba Empat. Jakarta.

Kotler, P. and Keller, K. L. 2009. Manajemen pemasaran (terjemahan: Bobsabran), Edisi 13 jilid 1 dan 2. Jakarta: PT. index.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller.(2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2.Jakarta: PT. Indeks.

Lovelock, C, dan John Wirtz, (2011). “Pemasaran Jasa Perspektif edisi 7”. Jakarta : Erlangga.

Lovelock, C., & Wright, L. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa. Cetakan III. Jakarta: Indeks.

Manggulung agusalim. Statistik (2017). Eka sakti press. Padang

Moenir. 2015, Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia, Jakarta: PT Bumi Aksara

Sudaryono. 2016. Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: ANDI

Sugiyono. 2016. Pengaruh Dukungan Organisasi, Komitmen Afektif dan Perilaku Ekstra Peran terhadap Kinerja Karyawan PT. Nur Medinah Intermedia

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2011). Service Quality, and Satisfaction. C.V Andi Offset (Penerbit Andi). Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy.( 2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi Offset, Yogyakarta

Tjiptono, Gregorius. 2016. Service, Quality & satisfaction. Yogyakarta. Andi.

Jatra, I. M., & Utami, S. I. A. I. (2015). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pelanggan Restoran Baruna Sarnur. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 4(7), 1984–2000.

Kuswoyo, C., & Tjahyadi, R. A. (2017). Dimensi-Dimensi Kualitas Layanan: Pengujian Model Kualitas Layanan Dari Perspektif Europa. Jurnal Manajemen Maranatha, 17(1), 71. https://doi.org/10.28932/jmm.v17i1.413

Kusyana, D. N. B., & Pratiwi, K. A. (2019). Skala Pengukuran Kualitas Layanan: Sebuah Kajian Literatur. Widya Manajemen, 1(2), 21–39. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v1i2.354

Mustolih, I. B. (2019). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Kartu Prabayar Telkomsel Terhadap Keputus Pembelian (Pada Petugas Survei Mitra Badan Pusat Statistik Kabupaten Merangin). Jurnal Ekopendia, 4(1), 63–71.

Permana, H., & Djatmiko, T. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Elektronik (E-Service Quality) Terhadap Kepuasan Pelanggan Shopee di Bandung. Sosiohumanitas, 20(2), 64–78. https://doi.org/10.36555/sosiohumanitas.v20i2.112

Prasojo, R. D., & Wahyuati, A. (2016). Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Ahass 0797 Kencanasari 1 Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 5(8), 18.

Septiani, Y., Aribbe, E., & Diansyah, R. (2020). ANALISIS KUALITAS LAYANAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK UNIVERSITAS ABDURRAB TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA MENGGUNAKAN METODE SEVQUAL (Studi Kasus?: Mahasiswa Universitas Abdurrab Pekanbaru). Jurnal Teknologi Dan Open Source, 3(1), 131–143. https://doi.org/10.36378/jtos.v3i1.560

Simon, K. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Surya Nalendra Sejahtera Tours & Travel. Journal Of Management, 1(3), 383.

Winarto. (2017). Persepsi Kualitas Layanan Warung Internet Di Kota Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi, 3(2), 107–115. http://methonomi.net/index.php/jimetho/article/view/59/65

Downloads

Published

2024-01-23

How to Cite

Ismet, J., Bakkareng, B., & Hosra Afrizoni. (2024). Analisis Kualitas Pelayanan Costumer Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan di Bank Syariah Indonesia (BSI) KCP Gunung Pangilun. Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 2(1), 35–45. https://doi.org/10.31933/emjm.v2i1.1014

Most read articles by the same author(s)