Pengaruh Kompetensi SDM, Motivasi Kerja, dan Semangat Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Fantasi Cellular Pondok Padang

Authors

  • Doni Putra Putra Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Bakkareng Bakkareng Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia
  • Hosra Afrizoni Fakultas Ekonomi, Universitas Ekasakti, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31933/emjm.v1i4.946

Keywords:

Kepercayaan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan pada Toko Fantasy Cellular di Pondok Padang. (2) Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada toko Fantasy Cellular Pondok Padang. (3) Mengetahui pengaruh kepercayaan & kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan pada toko Fantasi Cellular Pondok Padang. Metode pemilihan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah sampel sebanyak 76 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menyebarkan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis T dan F. Hasil penelitian antara lain (1) Variabel Kepercayaan secara parsial berpengaruh positif & signifikan terhadap loyalitas pelanggan Toko Fantasi Seluler Pondok Padang. (2) Variabel Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif & signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Fantasi Seluler Pondok Padang. (3) Kepercayaan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Toko Fantasi Seluler Pondok Padang. Kontribusi Kepercayaan (X1) dan Kualitas Pelayanan (X2) terhadap Loyalitas Pelanggan pada Toko Seluler Fantasi di Pondok Padang adalah sebesar 60%, sedangkan sisanya sebesar 40% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak digunakan dalam penelitian ini seperti kepuasan pelanggan dan toko. suasana.

References

Agussalim, M. 2017. Statistik. Padang: Ekasakti Press.

Agussalim, M. 2020. Manajemen Sumberdaya Manusia Lanjutan. Padang: Ekasakti Press.

Agussalim, M. 2020. Metode Penelitian. Padang: Ekasakti Press.

Aaker, D.A. (2018). Manajemen Ekuitas Merek. Jakarta: Mitra Utama

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fatihudin, D. & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa: Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Deepublish.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23 (8th ed.). Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponerogo.

Ismanto, J. (2020). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Tangerang Selatan: Unpam Press.

Kotler, P. & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing. 17th Global Edition. United Kingdom: Pearson Education Limited.

Kotler, P. & Keller, K.L. (2016). Marketing Management. Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Lupiyoadi, R. (2018). Manajemen Pemasaran Jasa: Berbasis Kompetensi. Jakarta: Salemba Empat.

Satriadi. (2021). Manajemen Pemasaran. Cetakan I. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).

Sekaran, U. & Bougie, R. (2017). Metode Penelitian untuk Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Solomon. (2018). Consumer Behavior. 12th Global Edition. England: Pearson Education Limited.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta, Bandung.

Dewi, R.Y. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Konsumen Pada Jasa Pengiriman J&T Express. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen Unsurya, 1(1): 82-91.

Maharani, Y.T, & Zaini, A. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan dan Kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan (studi pada distro redzone t-shirt maker). JAB Jurnal Aplikasi Bisnis, E-ISSN: 2407-5523, ISSN: 2407-3741, 2(1): 9-12.

Maliangkay, B.Y. (2015). The influence of brand equity and service quality To customer loyalty of Garuda Indonesia Airlines. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 15(4): 378-389.

Naini, N.F. (2022). The Effect of Product Quality, Service Quality, Customer Satisfaction on Customer Loyalty. Journal of Consumer Sciences, 7(1): 34-50.

Novia, J. (2016). Kualitas Layanan Dan Kepercayaan Seseorang Terhadap Loyalitas Belanja Pada Vittoriashop. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(2):129-135.

Ramadhoni, Z. & Purwanto, F. (2021). Pengaruh Kualitas Layanan, Varian Produk, Harga, Endorser dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Pelanggan Ayam Geprek Bensu Mojokerto. Jurnal Ilmu Manajemen, 1(1): 9-20.

Sari, I.P. (2020). The Effect Of Service Quality, Customer Satisfaction And Trust on Customer Loyalty in Pt Teleperformance Indonesia. Jurnal Humanis 1(1): 278-283.

Soliha, E. (2021). The Effect of Trust and Customer Value on Loyalty: An Empirical Study in Indonesia. Journal of Asian Finance, Economics and Business, 8(5): 1001–1010.

Supertini, N.P.S. (2020). Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, P-ISSN: 2685-5526, 2(1): 61-73.

Syukri, A. (2018). Analisis pengaruh ekuitas merek dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan. Jurnal Semarak, P-ISSN 2615-6849 E-ISSN 2622-3686, 1(2): 1-20.

Downloads

Published

2023-10-03

How to Cite

Putra, D. P., Bakkareng, B., & Hosra Afrizoni. (2023). Pengaruh Kompetensi SDM, Motivasi Kerja, dan Semangat Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Toko Fantasi Cellular Pondok Padang. Ekasakti Matua Jurnal Manajemen, 1(4), 292–301. https://doi.org/10.31933/emjm.v1i4.946

Most read articles by the same author(s)