Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Tanjung Ampalu Kabupaten Sijunjung
DOI:
https://doi.org/10.31933/emjm.v3i2.1260Keywords:
Harga, Kualitas Pelayanan, Kepuasan PasienAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas Tanjung Ampalu Kabupaten Sijunjung secara parsial maupun simultan, dan untuk mengetahui indikator mana yang dominan dari Harga, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Pasien. Metode pengumpulan data adalah penyebaran kuiesioner. Sampel dalam penelitian ini adalah 91 responden pasien pasien rawat jalan puskesmas Tanjung Ampalu Kabupaten Sijunjung. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil uji, disimpulkan bahwa Harga dan Kualitas Pelayanan berpengaruh parsial maupun secara simultan terhadap Kepuasan Pasien pada Puskesmas Tanjung Ampalu Kabupaten Sijunjung dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Indikator dominan pada variabel harga terdapat pada indikator Kesesuaian Harga dan Kualitas dengan TCR sebesar 83,8%. Indikator dominan pada variabel kualitas pelayanan terdapat pada indikator Daya Tanggap dengan TCR sebesar 83,9%. Sedangkan indikator dominan pada variabel kepuasan pasien terdapat pada indikator pegawai cepat dalam menyelesaikan pekerjaan dengan TCR sebesar 84,0%.
References
Adam, Muhammad. 2015. Manajemen Pemasaran Jasa, Bandung: Alfabeta.
Agussalim Manguluang, 2015. Statistik. Padang: Ekasakti Press.
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Arlina Nurbaity Lubis dan Martin, 2009 Pengaruh Harga (Price) dan Kualitas Pelayanan (Service Quality) Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di RSU Deli Medan. Jurnal Manajemen Bisnis. 2(1), h: 21 – 24
Basu, Swastha. 2010. Manajemen Pemasaran : Analisa dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta. BPFE UGM
Ghozali, Imam. 2014. Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Kotler, P. 2007. Manajemen Kepuasan Pasien. Jakarta: Indeks.
Kotler, P. and Kevin Lane Keller, 2016. Marketing Management, 15th Edition, United States of America: Pearson Education,Inc.
Lovelock, C, dan John Wirtz. 2011. Pemasaran Jasa Perspektif. Edisi 7. Jakarta: Erlangga.
Nooria, Widoningsih. 2008. Pengaruh Persepsi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan di RSU Saras Husada Purworejo. Universitas Muhammadiyah:Surakarta.
Pohan S, Imbalo. 2013. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: EGC.
Prahastuti, L. 2011. Analisis Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk terhadap Kepuasan Konsumen untuk meningkatkan Loyalitas Konsumen Indosat (Studi Pada Pelanggan Indosat di Wilayah Semarang). Skripsi. Semarang. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Suparyanto & Rosad. 2015. Manajemen Pemasaran, Yogyakarta: In Media.
Tjiptono, Fandy, 2008, Strategi Pemasaran, Edisi 3, ANDI: Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2004, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Andi, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy. 2015. Strategi Pemasaran. Edisi 4: Andi.
Umayya, Ika Selvia. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pasien Pada Klinik Dokter Gigi Eka Adhayani Aksara Medan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Yuwono, Trisno & Silvita, I.S. 2003. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya. Arkola.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fandi Fadli, Bakkareng, Tifani Ratu Firdaus

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Penulis yang mempublikasikan manuskripnya di jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mengakui bahwa Ekasakti Matua Jurnal Manajemen (EMJM) berhak menjadi yang pertama menerbitkan dengan lisensi Creative Commons Attribution 4.0 International (Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) .
- Penulis dapat mengirimkan artikel secara terpisah, mengatur distribusi non-eksklusif manuskrip yang telah diterbitkan dalam jurnal ini ke versi lain (misalnya, dikirim ke repositori institusi penulis, publikasi ke dalam buku, dll.), dengan mengakui bahwa manuskrip telah diterbitkan pertama kali di EMJM.